Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel Agar Foto Bagus

Monday, November 12th, 2012 - Tips Dan Trik
Advertisement

Tulisan berikut tentang tips fotografi memotret menggunakan ponsel atau handphone agar kualitas foto anda semakin bagus. Seperti kita ketahui handphone saat ini sudah menjadi gadget cerdas karena adanya fitur-fitur kamera yang semakin canggih. Dengan kemampuan kamera ponsel saat ini sudah cukup untuk bisa mengabadikan berbagai momen dengan cepat.

Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel

ADVERTISERS

 

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memotret/mengabadikan momen dengan kamera ponsel agar mendapatkan foto-foto yang lebih bagus dari segi kualitas, warna dan komposisi fotonya. Untuk komposisi foto sama halnya dengan komposisi foto jika memotret menggunakan kamera DSLR. Sedangkan warna terbatas dari fitur kamera ponsel itu sendiri.

Ada pepatah fotografi menyebutkan “Kamera terbaik adalah yang ada di tangan Anda saat ini”. Untuk itu dengan artikel tips memotret dengan kamera ponsel berikut ini, kami akan mengajak Anda untuk memaksimalkan kamera yang ada di ponsel Anda saat ini.

Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel (Handphone)

1. Momen dan Pencahayaan
Memotret dengan kamera ponsel usahakan berada di waktu yang tepat. Pastikan saat hati dan pikiran bilang “Shoot!”, kamera Anda telah siap ditekan. Kapan saja waktu yang tepat untuk memotret tersebut ? Jika Anda ingin mengabadikan keindahan alam, usahakan memotret di pagi hari atau sore hari. Dengan waktu tersebut, Anda akan mendapatkan momen dimana keindahan alam dengan cahaya yang luar biasa indahnya. (baca juga tips memotret landscape)

2. Hindari Menggunakan Fitur Zoom
Jika ingin memotret dengan kamera ponsel usahakan untuk tidak menggunakan fitur zoom. Jika dirasa kurang dekat dengan objeknya, mendekatlah dengan objek yang akan di foto. Atau jika dirasa tidak memungkinkan untuk mendekat, manfaatkan objek yang di dekat Anda untuk dijadikan foreground agar foto Anda lebih enak dilihat.

3. Lihat, Pikir dan Bayangkan
Sebelum memotret dengan handphone, disaat melihat pemandangan alam yang indah, pikirkan dan bayangkan keindahan alam tersebut. Dengan begitu otak kita akan dibawa menelusuri setiap sudut keindahan alam tersebut. Fotolah sesuai imajasinasi yang ada dipikiran, atur komposisi foto, manfaatkan objek yang paling dekat dengan Anda untuk dijadikan foreground ataupun framing.

4. Cari Inspirasi
Pada postingan sebelumnya sudah kami share tentang kumpulan website untuk sharing/berbagi foto di internet. Rajin-rajinlah melihat gallery foto online orang lain untuk mencari inspirasi tapi ingat bukan untuk meniru. Banyak hal yang sebelumnya tidak terpikirkan menjadi jelas setelah melakukan pengamatan. Ingat dengan semboyan ATM: Amati, Tiru, Modifikasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Edit Foto & Sharing
Dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang, urusan berbagai foto adalah hal yang gampang. Namun sebisa mungkin tahan diri dulu untuk membagikan foto tersebut. Amati dan pilih foto yang paling bagus kemudian di fishing menggunakan software editing foto. John Tefon seorang ahli photoshop pernah mengatakan, motret itu 100% tapi edit foto itu juga 100%. Artinya, sepandai apapun edit foto, kalau fotonya asal-asalan tetap saja hasilnya tidak masikmal. Kemudian tampilkan dan bagikan foto yang paling bagus saja.

6. Seting Kamera
Jika Anda memiliki pilihan untuk mengubah pengaturan, maka cobalah untuk mengubahnya sesuai kebutuhan Anda. Misalnya mematikan lampu kilat bila tidak diperlukan. Melakukan pengaturan resolusi yang paling tinggi. dll

7. Pegang Ponsel dengan Kuat
Untuk kamera poket dan kamera DSLR sudah tersedia tripod untuk membantu getaran tangan saat memotret. Namun saat memotret menggunakan ponsel kita hanya bisa berusaha untuk memegang kamera/handphone dengan kuat agar stabil saat memotret karena bila tangan bergertar menyebabkan kabur dan foto tidak tajam. Anda juga bisa untuk meletakkan ponsel di atas ranting, meja atau apapun benda disekitar yang kokoh untuk pengganti tripod pada handphone.

8. Eksperimen (Percobaan)
Sering-seringlah mencoba memotret dengan kamera ponsel dari berbagai sudut dan waktu yang berbeda. Beda menit akan menghasilkan cahaya yang jauh berbeda. Begitu juga dengan pengambilan yang berbeda sudut akan mendapatkan komposisi foto yang berbeda pula.

Semoga dengan 8 tips memotret dengan kamera handphone/ponsel ini bisa bermanfaat. Ingat dengan pepatah di atas “Kamera terbaik adalah yang ada di tangan Anda saat ini”. Gooo selamat memotret memakai kamera ponsel !

Advertisement
Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel Agar Foto Bagus | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net