Tips Fotografi Membuat Foto Keluarga

Friday, August 2nd, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Tips membuat foto keluarga atau foto bersama ini untuk persiapan lebaran yang biasanya sering berkumpul. Baik berkumpul dengan keluarga atau bersama teman-teman. Selain pernikahan, foto keluarga/foto bersama atau foto grup juga tidak kalah pentingnya sebagai kenang-kenangan.

Cara membuat foto keluarga/grup, foto reoni ataupun cara membuat foto pernikahan yang baik tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun tetap saja harus direncanakan dan diatur agar hasil foto bersamanya terlihat bagus.

ADVERTISERS

Di artikel teknik fotografi membuat foto grup/bersama atau foto keluarga ini smoga berguna untuk Anda pada saat acara lebaran, reoni ataupun acara lainnya sebagai kenang-kenangan.

Tips Foto Grup

Tips Fotografi Membuat Foto Bersama/Keluarga

  • Perlengkapan yang perlu disiapkan untuk memotret foto keluarga/grup selain kamera adalah tripod, flash, lensa serta menyiapkan lokasi dimana posisi untuk membuat foto bersama nanti. Biasakan terlebih dahulu melakukan tes foto untuk melihat hasil setingan kamera dan flash mendapatkan exposure yang sempurna.
  • Jangan sungkan-sungkan apalai takut untuk mengarahkan oran-orang yang akan difoto. Belajarlah menjadi pemimpin, karena fotografer dituntut menjadi seorang pemimpin ketika membuat foto keluarga/bersama. Cara efektif jika orang yang akan difoto jumlahnya banyak, naiklah ke atas kursi dan gunakan suara keras untuk mengatur posisi mereka.
  • Foto apapun komposisi foto menjadi hal penting. Sebelum orang-orang berkumpul, tentukan tempat dimana orang-orang akan diposisikan saat membuat foto grup. Posisikan yang tinggi di belakang begitu juga sebaliknya yang pendek/kecil di depan. Atur orang-orang dalam kelompok supaya berdekatan agar komposisinya lebih bagus dan tidak ada celah-celah antar orang
  • Untuk memotret foto grup dengan jumlah yang banyak seperti acara reoni, carilah bantuan untuk mengatur orang-orang yang mau difoto. Saat acara pernikahan, Anda bisa meminta bantuan MC untuk memanggil orang-orang atau keluarga.
  • Seimbangkan cahaya lingkungan dengan flash atau lighting yang ada. Bila di dalam ruangan yang agak gelap, dan kita terpaksa mengunakan lampu kilat, jangan lupa untuk mengatur cahaya flash seimbang dengan ruangan dimana membuat foto grup.
  • Cara memotret foto grup di dalam ruangan, pertimbangkan untuk memakai lampu kilat eksternal dan arahkan kepalanya ke atas langit-langit atau mengunakan payung fotografi sehingga cahaya yang jatuh ke orang-orang lembut dan merata. Tujuan pemasangan payung untuk melembutkan cahaya. Lampu diarahkan secara diagonal ke sebelah kanan kamera supaya cahaya tersebar merata.
  • Untuk foto bersama dengan jumlah orang yang sangat banyak, pertimbangkan untuk memotret dari angle yang lebih tinggi misalnya diatas tangga.
  • Selain foto formal yang cenderung serius, mungkin kita bisa juga memotret foto grup yang informal bahkan yang agak heboh. Misalnya dengan keadaan teriak ataupun tertawa dengan kompak.
  • Posisi kamera jangan terlalu dekat dengan subjeknya. Bila tempat memungkinkan, usahakan memakai fokal lensa minimal 30-50mm untuk menghindari distorasi atau perubahan bentuk.

Demikian tips untuk foto grup siapa tau bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen lebaran bersama keluarga atau teman-teman nanti. Tips fotografi membuat foto grup/keluarga/bersama ini masih bisa untuk Anda kembangkan sendiri. Mari belajar fotografi bersama-sama. Selamat mencoba !

Advertisement
Tips Fotografi Membuat Foto Keluarga | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net