Teknik Fotograti Kreatif Menggunakan White Balance

Monday, May 20th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Artikel fotografi tentang tips fotografi kreatif menggunakan white balance ini akan membahas tentang bagaimana kita bisa bemain-main dan brekreasi menggunakan pengaturan white balance yang ada di kamera digital kita. White Balance merupakan salah satu aspek penting dalam fotografi dimana banyak sekali pemilik kamera digital kurang mengerti serta mengetahui bagaimana menggunakannya.

Kreatif White Balance Fotografi

ADVERTISERS

Ada 2 cara dalam menggunakan pengaturan white balance. Cara pertama menggunakan white balance secara tepat/benar sesuai temperatur warna aslinya. Seperti pada penjelasan di artikel fungsi preset white balance, ketika kita ingin memotret ditempat yang langsung terkena sinar matahari kita disarankan untuk menggunakan white balance daylight/direct sunlight untuk mendapatkan foto yang tampak normal seperti kenyataannya.

Untuk cara menggunakan white balance kedua adalah kreatif. Dengan kreatifitas, kita bisa bebas memilih pengaturan white balance sesuka kita untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Misalkan kita sedang memotret sunset/sunrise yang kalau sesuai warna aslinya memiliki karakter warna yang hangat dan keemasan. Coba kita ubah pengaturan white balance menggunakan WB tungsten, kita akan mendapatkan warna yang kebiruan.

Untuk melatih kreatifitas menggunakan setingan white balance kamera digital, pada artikel sebelumnya juga sudah kami ulas cara setting custom white balance dan kelvin. Tidak ada salahnya kita mencoba untuk bermain-main dengan pengaturan white balance kamera digital saat belajar teknik fotografi.

Masih ingat dengan kalimat aturan untuk dilanggar ? hehehe begitu juga dengan inti artikel Teknik Fotograti Kreatif Menggunakan White Balance ini. Kita perlu mencoba lebih kreatif dalam menggunakan pengaturan WB dengan membuat hasil foto lebih hangat (cenderung kuning keemasan) atau lebih dingin (biru). Selamat belajar tips fotografi !

Advertisement
Teknik Fotograti Kreatif Menggunakan White Balance | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net