Cara Menggunakan dan Setting Exposure Compensation

Friday, September 6th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Artikel berikut akan mengajak Anda untuk memahami Exposure Compensation dan bagaimana cara setting Exposure Compensation pada kamera digital Nikon, Canon atau merek lainnya. Seperti kita ketahui, salah satu fitur pada kamera digital yang amat penting dalam menentukan eksposure yang tepat adalah Exposure Compensation (EV +/-).

Pada artikel sebelumnya tentang Segitiga Eksposur atau Exposure Triangle dalam fotografi sudah kami bahas sedikit apa itu xposure Compensation. Deskripsi singkat Exposure Compensation adalah salah satu fitur dari kamera yang dapat memudahkan membuat sebuah foto tampak lebih terang atau lebih gelap dengan mudah.

ADVERTISERS

Perlu diingat fungsi Exposure compensation sendiri adalah untuk mengubah hasil dari auto exposure. Dengan exposure compensation kita bisa mengembalikan foto yang under ataupun over, warna putih akan kembali putih dan hitam kembali terlihat hitam. Manfaat Exposure compensation selain mampu menjadikan foto lebih terang atau gelap, juga bisa digunakan agar foto lebih artistik.

Cara Setting Exposure Compensation

Cara Menggunakan Exposure Compensation

Cara menggunakan Exposure Compensation pun cukup mudah sebenarnya jika kita sudah memahami betul fungsinya. Dengan hanya mengubah menggunakan tombol +/- pada kamera DSLR kita sudah bisa membuat foto terlihat lebih gelap atau terang.

Memang benar kamera digital saat ini telah memiliki fitur metering exposure untuk mengatur tingkat pencahayaan pada foto. Tapi, sistem metering tidak selalu tepat. Dengan Exposure Compensation, fitur ini mampu membantu mengoreksi hasil exposure dari pengukuran fitur metering kamera.

Tips Exposure Compensation

Fitur Exposure Compensation ini bisa sangat berguna ketika Anda memotret yang didominasi oleh warna hitam atau putih. Coba cermati ketika Anda memotret yang didominasi dengan warna putih! Kamera akan lebih cenderung memberikan hasil under-exposure pada foto tersebut, yah jadinya kamera akan secara tidak langsung merubah warna putih menjadi abu-abu.

Begitu juga ketika memotret subyek yang didominasi warna hitam. Dengan hanya menggunakan fitur metering, foto akan cenderung lebih terang ke abu-abuan. Semua situasi ini bisa kita atasi dengan menggunakan fitur Exposure Compensation yang ada pada kamera digital kita.

Cara Setting Exposure Compensation

Berikut ini adalah cara setting Exposure Compensation di kamera DSLR Canon dan Nikon, untuk kamera lain kurang lebih sama hanya beda menu saja, alangkah baiknya untuk kamera lain, silahkan cek di buku manual atau silahkan otak-atik sendiri.

Cara Setting Exposure Compensation di kamera DSLR Canon

  • Gunakan jempol anda untuk memutar quick contol dial kekanan atau kekiri sembari mata anda melihat panel LCD atas.
  • Memutar tombol ke kiri memrintahkan kamera untuk meng-underexpose foto sementara memutar kekanan memerintahkan kamera untuk over
  • Anda juga bisa memanfaatkan layar LCD dibelakang dengan Quick Control screen seperti dalam gamar sebelah kiri diatas

Cara Setting Exposure Compensation di kamera DSLR Nikon

  • Pencet tombol exposure compensation (EV +/-), biasa ada di dekat tombol shutter.
  • Dengan tombol exposure compensation tetap ditekan, gunakan jempol anda untuk memutar roda command dial dibelakang kamera ke kekiri atau kekanan
  • Lihat panel LCD kamera Nikon Anda, disaat Anda memutar terlihat seberapa besar kompensasi expsoure yang anda setel.

Catatan disaat menggunakan exposure compensation (EV +/-) :
Jangan menggunakan Exposure Compensation pada mode otomatis atau mode scene seperti sport, landscape, portrait, dan lain-lain! Gunakan Exposure Compensation saat memotret menggunakan mode Manual (M), Program (P), Aperture Priority (A atau Av), Shutter Priority (S atau Tv).

Bila kita tidak yakin akan metering yang dilakukan kamera dan ingin mengambil beberapa foto dengan nilai eksposure yang berbeda, gunakan fitur Ev bracketing. Dengan menentukan rentang nilai negatif dan positif eksposure, kamera akan mengambil sekaligus tiga foto yang berbeda. Kita bisa memilih mana dari ketiganya yang menurut kita paling tepat. Baca juga tips memotret dengan kondisi kontras tinggi.

Tidak ada standar baku tentang pemakaian exposure compensation ini. Gunakan sesuai kondisi pencahayaan, tujuan pemotretan dan tentunya selera kita. Meski demikian, fotografer umumnya menghindari banyak area foto yang over-exposure, karena akan banyak detil foto akan hilang. Satu hal, setelah selesai memotret dengan fitur Ev, jangan lupa untuk menormalkan kembali setting Ev ini ke posisi default supaya foto-foto lainnya terhindar dari kesalahan eksposure.

Semoga artikel Cara Menggunakan Exposure Compensation dan Cara Setting Exposure Compensation dikamera Nikon, Canon ini bisa berguna bagi Anda yang ingin serius belajar teknik fotografi. Follow @tipsmemotret untuk mendapatkan update tips fotografi dan info fotografi lainnya di twitter Anda. Selamat Mencoba !

Advertisement
Cara Menggunakan dan Setting Exposure Compensation | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net