Cara Menciptakan Kesan Kedalaman dalam Foto Anda

Thursday, March 7th, 2013 - Artikel
Advertisement

Sebuah foto dengan kesan mendalam dan perspektif akan jauh lebih menarik dan menawan. Tips menciptakan rasa kedalaman dalam foto ini akan membantu Anda memotret dengan kedalaman. Salah satu tantangan besar dalam fotografi adalah untuk membawa rasa kedalaman pada foto, memberikan gambar dua dimensi dan nuansa tiga dimensi yang nyata.

Foto Singapore River

ADVERTISERS

Hal ini tidak hanya menghasilkan foto yang lebih baik dan menarik, namun juga melibatkan pemirsa foto untuk bisa lebih menikmati, mengundang mereka untuk mengeksplorasi semua titik dan tidak sekedar hanya untuk mengamatinya.

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesan mendalam di hasil foto bidikan Anda. Meskipun hal ini tidak diatur secara baku, namun bisa diterapkan di kegiatan belajar fotografi Anda.

Sedikit saja mengganti sudut pandang atau komposisi dapat mengubah cerita dan rasa foto Anda. Dengan latihan untuk lebih menekankan kedalaman di foto Anda suatu saat akan menjadi karakter foto Anda selanjutnya. Berikut beberapa cara menciptakan kesan kedalaman foto Anda, semoga berguna.

Tips Menciptakan Kesan Kedalaman Foto

Sertakan Foreground

Ketika memotret subjek dengan jarak jauh sering mendapatkan foto yang datar, terutama jika Anda telah melakukan zoom untuk mengisi frame dengan objek. Anda bisa mencoba mengikutsertakan objek menarik yang ada di depan Anda untuk dijadikan sebagai foreground agar menciptakan kesan kedalaman. Dengan hal ini bisa mengajak mata pemirsa untuk melihat semua sudut foto, dari latar depan ke subjek yang ada di kejauhan.

Potretlah dengan Format Portrait

Pikirkan tentang bagaimana kita melihat dunia, jika Anda melihat lurus ke depan dan memindahkan kepala Anda dari sisi ke sisi mata Anda secara alami jatuh pada obyek yang di jarak yang sama. Tapi memindahkan kepala atas dan ke bawah dan Anda akan fokus pada objek yang sangat bervariasi jaraknya, dari sangat dekat dan objek yang sangat jauh.

Ganti Sudut Pandang (Viewpoint)

Ubahlah sudut pandang atau perspektif mata Anda ketika sedang memotret. Kalau biasanya memotret sejajar dengan mata, sekali-kali cobalah untuk memotret dari posisi bawah dekat tanah. Dengan mengubah angle pemotretan akan menciptakan rasa kedalaman yang lebih besar.

Mengubah sudut pandang aau viewpoint ketika memotret juga memiliki manfaat tambahan memberikan foreground/latar depan lebih luas, dan juga menciptakan komposisi lebih menarik.

Gunakan Angle lebih luas

Memotret dengan sudut yang lebih luas secara alami melebih-lebihkan perspektif dalam sebuah momen, mencapai rasa yang lebih besar dari kedalaman. Sebuah sudut lebar melebih-lebihkan perspektif dalam memotret. Bergerak lebih dekat ke subjek dan zooming out memiliki efek yang sama saat memotret dengan lensa zoom.

Gunakan Leading Lines

Barisan garis yang terlihat dari latar depan sampai ujung dapat menciptakan kesa gerak. Leading Lines bisa ditemui dimana-mana, misalkan saja dari pohon-pohon yang ada di tepian jalan di sisi kiri dan kanan jalan. Menggabungkan Leading Lines satu atau lebih ke foto Anda adalah cara yang pasti untuk meningkatkan arti mendalam foto Anda.

Layering

Dengan benda tumpang tindih membantu pemirsa foto Anda untuk merekonstruksi adegan tiga dimensi dalam pikiran mereka. Hal ini memungkinkan mereka bukan hanya melihat foto itu, pemirsa dapat menciptakan rasa lebih kuat dari kedalaman arti foto Anda.

Baca juga artikel tentang Memahami Perspektif dalam Fotografi. Semoga artikel fotografi tentang bagaimana membuat kesan mendalam pada sebuah foto ini berguna. Selamat mencoba !

Advertisement
Cara Menciptakan Kesan Kedalaman dalam Foto Anda | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net