Inilah Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye Yang Perlu Kamu Cobain

Wednesday, September 16th, 2015 - Tips Dan Trik
Advertisement

Belajar tentang komposisi fotografi yuk. Kali ini kami akan mengulas tentang frog’s eye. Apa itu Frog’s Eye View, adalah sudut pandang kamera dari posisi di bawah subject. Biasanya kamera (hampir) menyentuh tanah. Dan kamera di-tilt ke atas sesuai komposisi yang dikehendaki.

Frogs Eye Photography

ADVERTISERS

Frog Eye : Sudut penglihatan sebatas mata katak. Pada posisi ini kamera berada di dasar bawah, hampir sejajar dengan tanah dan tidak dihadapkan ke atas. Biasanya memotret seperti ini dilakukan dalam peperangan dan untuk memotret flora dan fauna.

Sebelum kamu membaca lebih lanjut tentang komposisi frogs eye pada fotografi di artikel ini, sebaiknya baca dulu artikel tips fotografi yang pernah kami bahas sebelumnya tentang komposisi di bawah ini :

Teknik Memotret Dengan Komposisi Frog Eye View

Contoh Foto Komposisi Frog Eye

  • Komposisi frogeye biasanya digunakan untuk membuat kesan tinggi atau megah dari subject utama.
  • Komposisi frogeye bagus untuk memberi dimensi ke fotografi landscape yang foreground-nya datar. Misalnya hanya padang pasir.
  • Teknik komposisi frogeye ini bagus untuk mengambil subject fotografi hewan, atau anak kecil, atau subject yang rendah.
  • komposisi frogeye juga sering dipakai untuk teknik fotografi levitasi. Berguna untuk memisahkan subject dengan garis horison.
  • Pengambilah foto dengan teknik frog’s eye ini akan sangat membantu jika kamera anda memiliki layar yang bisa diatur sudutnya. Jika kameramu belum/tidak memiliki layar yang bisa diputar-putar, tiaraplah biar nampak asik motretnya 🙂
  • Teknik komposisi frogeye ini bisa kamu praktekan baik dengan lensa tele, maupun dengan lensa wide, tergantung efek foto yang diinginkan. Misalnya kalau mau model tetap proporsional, pakai lensa tele & menjauh. Kalau mau model terlihat seperti raksasa, pakai lensa wide (kamera mendekat ke model, lalu tilt up).

Saat akan menggunakan teknik foto dengan komposisi Frog’s Eye View, sebaiknya kamu harus memperhatikan mana objek yang menarik dan punya value. Ada di bagian atas atau bawah, apakah angle nya sudah pas, apakah komposisinya seimbang. Jika sudah pasti, barulah dipotret.

Demikianlah bahasan tentang frog eye dalam fotografi ini, semoga bisa kamu praktekkan saat hunting foto nanti.

Advertisement
Inilah Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye Yang Perlu Kamu Cobain | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net