Tips Membuat Foto Kuliner Agar Tampak Lezat dan Menggiurkan

Monday, June 24th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Anda hobi wisata kuliner ? simak tips food photography atau cara memotret makanan agar terlihat menggiurkan berikut ini. Tidak bisa dipungkiri, jalan-jalan wisata kuliner memang sangat menyenangkan. Apalagi hobi satu ini secara tidak langsung akan berdampak ketika kita belajar fotografi.

Bila makanan disajikan dengan sangat menarik dan colorfull sudah tentu tangan kita akan gatal rasanya untuk memotret makanan yang disajikan segera mungkin. Entah memotret makanan dengan kamera ponsel ataupun dengan kamera DSLR sebagai dokumentasi perjalanan yang menyenangkan. Yang perlu diingat ketika ingin membuat foto makanan kuliner adalah fotografi makanan harus mampu mengubah penglihatan menjadi rasa.

ADVERTISERS

Jika hanya dijadikan dokumentasi pribadi, tak mengapa memotret objek makanan menggunakan kamera ponsel (baca: Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel Agar Foto Bagus). Namun jika kita ingin mempublikasikan hasil foto makanan hasil wisata kuliner, agaknya mesti diperhatikan teknik memotret makanan yang baik khusus untuk food photography agar kreasi foto kita terlihat indah.

Tips Memotret Makanan

Akan tetapi terkadang foto-foto makanan yang menonjolkan menu masakan kesukaan masih kurang greget atau terlalu monoton. Lalu bagaimana tips memotret foto makananan agar tampak lezat dan indah dipandang ? Sebetulnya bukan hanya mengincar keindahan saja dari sebuah foto makanan melainkan cara menciptakan foto makanan yang akan membuat orang yang melihat foto tersebut tergiur lezatnya objek foto.

Supaya foto makanan terlihat menarik, haruslah dibuat seindah mungkin dan menciptakan sesuatu yang membuat orang tergiur kelezatan makanan tersebut walupun sebenarnya itu hanyalah objek foto dan belum tentu cocok di lidah mereka. Berikut ini beberapa tips memotret foto makanan yang bisa Anda coba ketika melakukan wisata kuliner.

Tips Memotret Makanan

Foto Adalah Masalah Cahaya
Tips memotret makanan yang pertama perlu diingat cahaya merupakan kunci dari fotografi, saat memasuki rumah makan, carilah meja dekat jendela agar memudahkan Anda mengabadikan sajian makanan pesanan Anda. Baik memotret makanan dengan kamera profesional, kamera pocket atau kamera ponsel selalu temukan lebih dulu keseimbangan cahayanya. Sebab, cahaya samping akan membuat karakter bayangan lebih sempurna. Hindari meja di tempat yang low light karena akan merepotkan saat pencahayaan minim.

Pilih Makanan Yang Menarik
Pesan menu kesukaan apa saja yang Anda suka. Setelah itu, carilah masakan dengan sajian yang menarik secara fotografi. Menarik di sini seperti simpel, colorfull dan mempunyai komposisi menarik. Kuning telor setengah matang juga sangat untuk diabadikan sebagai dokumentasi wisata kuliner Anda. Juga merah daging ataupun ikan salmon di restoran Jepang.

Memotret Makanan Sesegera Mungkin
Makanan yang baru saja selesai dimasak akan terlihat begitu segar, jadi segera ambil gambar saat komposisi warna makanan masih terlihat fresh di mata kamera. Gunakan minyak untuk membantu menciptakan efek mengkilat pada makanan dengan cara mengoleskannya. Perlu sedikit kreasi supaya penampilan makanan dengan gadget tampil serasi.

Cari Sudut yang Tepat
Dalam memotret makanan kunci yang tidak kalah pentingnya adalah carilah sudut atau angle yang paling bagus agar ukuran, bentuk dan bahan dari makanan Anda terlihat mengundang selera. Ambil foto dari atas jika ingin menonjolkan tekstur atau dengan derajat yang berbeda untuk menampilkan detil dan bentuk makanan.

Ambil foto makanan pada sudut untuk memberikan ilusi tiga dimensi. Semakin rendah sudut, semakin tinggi makanan akan muncul. Jika memotret dari atas, tujuannya untuk sudut antara 10? dan 45? di atas meja. Sudut dari pekerjaan di atas terbaik saat memotret spread besar makanan, seperti layout makan di meja restoran.

Gunakan Bakcground Netral
Tips fotografi makanan selanjutnya adalah memotret makanan dengan menggunakan warna netral untuk latarbelakang objek makanan tersebut. Warna putih memang selalu menghasilkan efek pencahayaan yang netral. Selain itu warna putih juga bisa mengimbangi komposisi warna jika objek foto adalah makanan dengan bahan-bahan yang colourful. Efek mewah juga akan terpancar jika kamu menggunakan piring putih saat penyajiannya.

Fokus Pada Detail Objek.
Usahakan dalam sebuah frame foto makanan tidak terlalu banyak ‘hal yang bermain’. Biasanya tidak lebih dari 3 elemen utama dalam sebuah foto makanan. Misalnya ketika Anda ingin akan memotret sepiring steak, pastikan bekas tanda panggangan yang berselang-seling pada daging terlihat jelas dan berada pada posisi yang sempurna di atas piring. Atau jika kamu akan memotret sushi, maka pastikan setiap potongan ditempatkan secara menarik. Usahakan tidak terlalu membuat isi piring terlalu penuh yang justru akan mengurangi keindahannya.

Editing Foto Makanan
Foto makanan bisa diperkuat lagi warnanya dengan mengolah pada software pengolah foto yang sudah banyak beredar. Usahakan untuk cara mengedit hasil foto makanan dengan komposisi objek benar-benar mendominasi frame. Proses edit foto makanan ini akan lebih mudah dilakukan jika saat memotret kamu sudah mengambil objek foto dengan fokus yang baik. Dengan demikian akan lebih mudah terlihat hal-hal detail pada objek foto.

Kemudian teknik memotret makanan agar terlihat menarik selanjutnya jangan lupa dishare ke teman-teman Anda lewat jejaring sosial atau media lainnya. Dipastikan hasilnya akan membuat teman-teman terprovokasi untuk berkomentar dan berteriak lezatnyaaaa. Sampai disini mudah-mudahan teknik fotografi makanan ini berguna untuk Anda yang ingin belajar fotografi makanan.

Advertisement
Tips Membuat Foto Kuliner Agar Tampak Lezat dan Menggiurkan | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net