Menggunakan Filter Warna dalam Fotografi Hitam dan Putih

Monday, January 21st, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Berbicara foto hitam putih tidak akan ada habisnya, kali ini akan membahas tentang fungsi menggunakan filter warna dalam fotografi Hitam dan Putih. Filter hitam dan putih membiarkan Anda mengontrol bagaimana warna dikonversi ke warna abu-abu. Gunakan filter warna untuk mendapatkan kontras yang tepat dan suasana hati di foto Anda.

ADVERTISERS

Masalah umum dalam belajar fotografi hitam putih adalah bahwa warna-warna tertentu terlihat sangat mirip bila dikonversi ke greyscale. Sebagai contoh, beberapa nuansa merah, hijau, dan biru terlihat sangat berbeda dalam warna, namun hampir identik dalam warna hitam dan putih.

Hal ini dapat menyebabkan objek dalam gambar hitam dan putih untuk berbaur dengan satu sama lain, meninggalkan Anda dengan foto yang datar dan tak bernyawa, dan kurang kontras dan definisi.

Filter lensa berwarna menawarkan solusi untuk masalah ini karena filter tersebut mempengaruhi cara warna “diubah” menjadi hitam dan putih. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol cara filter itu muncul dalam gambar akhir, memastikan bahwa benda-benda baik dipisahkan dan jelas.

Filter Dasar Hitam dan Putih

Ada 5 warna filter yang umum digunakan dalam fotografi hitam dan putih – merah, oranye, kuning, hijau, dan biru. Masing-masing memungkinkan melalui warna sendiri warna cahaya dan blok lain untuk berbagai derajat. Sebagai contoh, filter merah akan membiarkan lampu merah melalui, tapi blok yang paling hijau dan biru.

Hasilnya adalah bahwa warna yang cocok dengan filter warna terlihat lebih terang dalam gambar akhir, sedangkan warna lain terlihat lebih gelap. Dalam fotografi hitam dan putih ini berarti bahwa benda-benda muncul sebagai warna lebih terang atau lebih gelap abu-abu.

Gambar ini menunjukkan bagaimana filter yang berbeda mempengaruhi cara warna dikonversi menjadi hitam dan putih:

Filter Warna dalam Fotografi Hitam dan Putih
Filter warna yang berbeda (baris atas) mempengaruhi greys adegan Anda dalam cara yang berbeda.

Menggunakan Filter Hitam dan Putih

Karena efek yang berbeda, masing-masing filter warna cenderung digunakan dengan cara yang berbeda.

Filter Merah

Filter merah menghasilkan efek yang sangat kuat dan sangat meningkatkan kontras. Dalam fotografi hitam putih, filter merah sering dianggap terlalu “keras” untuk sebagian besar jenis fotografi, tetapi dapat digunakan untuk menghasilkan efek kreatif mencolok.

Contoh Foto BW Menggunakan Filter Merah

Sebuah filter merah memberi ekstrim, kontras dramatis. Image by Nicholas .

Dalam fotografi landscape, filter merah akan mengubah langit biru hampir hitam dan membuat awan benar-benar menonjol, memberikan adegan merasa dramatis. Filter merah juga sangat baik untuk meningkatkan visibilitas dalam kabut dan kabut.

Ketika memotret tanaman, filter merah dapat membantu meningkatkan definisi antara bunga dan dedaunan. Hal ini sangat berguna saat pengambilan gambar bunga merah, karena filter tersebut memiliki nada yang mirip dengan daun sekitarnya.

Filter merah menghasilkan seperti efek ekstrim bahwa filter tersebut dapat membuat foto Anda terlihat seperti itu difoto melalui filter inframerah. Hal ini membuat filter warna merah menjadi alternatif yang populer dan murah untuk fotografi inframerah yang benar.

Filter Oranye

Filter oranye berada di antara filter merah dan kuning, memberikan keseimbangan yang baik dari sifat masing-masing filter. Hal ini membuat filter tersebut menjadi populer umum.

Contoh Foto BW dengan Filter Orange

Filter orange memberikan kehangatan, warna kulit halus. Image by David Jubert .

Dalam fotografi portrait, filter oranye mengurangi munculnya bintik-bintik dan noda, memberikan kulit yang terlihat sehat dan halus. Ketika memotret bangunan dan cityscapes, filter orange memberikan batu bata dengan warna yang menyenangkan, dan meningkatkan kontras antara bahan yang berbeda untuk menambah kedalaman dan tekstur untuk gambar.

Demikian pula untuk filter merah, filter orange juga dapat digunakan untuk mengurangi munculnya kabut dan asap, dan untuk menggelapkan langit dan awan menekankan.

Filter Kuning

Filter kuning menghasilkan efek paling halus dari 5 filter berwarna di atas. Dalam beberapa kasus perbedaan hampir tak terlihat, tetapi dapat cukup membantu untuk mengangkat warna foto. Filter kuring menjadi pilihan populer untuk pemula karena filter ini dapat digunakan di hampir semua jenis fotografi.

Black White Filter Kuning

Sebuah filter kuning biru memberikan sedikit gelap, meningkatkan kontras langit. Image by Alex Gorstan .

Ketika memotret lanskap filter kuning sedikit menggelapkan langit, membantu menyeimbangkan eksposur terhadap tanah gelap. Filter kuning juga membuat efek awan dengan baik dan lebih menarik.

Dalam fotografi portrait, filter kuning bisa menghasilkan warna hangat dan alami, seperti filter orange tapi kurang intens. Filter kuning baik untuk memisahkan nuansa hijau, dan dapat digunakan memotret  tanaman karena bisa untuk meningkatkan kontras dedaunan.

Filter Hijau

Filter hijau kurang populer daripada yang lain tapi berguna dalam beberapa situasi.

Hitam Putih dengan Filter Hijau

Sebuah filter hijau mencerahkan hijau, memisahkan daun dan bunga. Image by aussiegal .

Sebuah filter hijau terutama digunakan untuk tanaman memotret karena membantu terpisah dedaunan hijau dari berwarna cerah bunga dan kuncup.

Filter hijau juga dapat digunakan dalam fotografi lanskap untuk meningkatkan penampilan rumput dan pohon, filter ini juga mengurangi warna langit, sehingga Anda harus berhati-hati untuk tidak kehilangan detail di sana.

Filter Biru

Filter biru jarang digunakan untuk fotografi hitam dan putih. Hasil menggunakan filter biru kebanyakan berwarna gelap dan mengurangi kontras gambar.

Black White Blue Filter

Sebuah filter biru digunakan untuk mengurangi kontras. Image by Tony Armstrong .

Ketika digunakan dengan benar, ini kontras berkurang dapat berguna untuk memberikan tembakan suasana yang tenang, dan menenangkan. Sebuah filter biru juga meningkatkan penampilan kabut, sehingga berguna untuk meningkatkan mood adegan awal-pagi.

Jika Anda serius belajar fotografi tentang foto hitam dan putih maka pilihan filter warna adalah tambahan yang bagus untuk kit Anda. Filter-tersebut akan memberi Anda lebih banyak kontrol atas cara foto Anda muncul, membantu Anda untuk menciptakan mood, kontras keseimbangan, dan menekankan bagian yang paling penting dari sebuah adegan. Baca juga Membuat Foto Hitam Putih Lebih Dramatis.

Advertisement
Menggunakan Filter Warna dalam Fotografi Hitam dan Putih | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net