Bagaimana Cara Mengembangkan Keahlian Fotografi

Sunday, July 28th, 2013 - Artikel
Advertisement

Apakabar kawan-kawan semua ? tips fotografi kali ini akan mengulas tentang cara mengembangkan keahlian fotografikita. Mudah-mudahan artikel fotografi kali ini bisa mudah dipahami dan bermanfaat bagi Anda semua.

Sebelum lebih jauh membahas artikel fotografi ini, kami ingetkan terlebih dahulu bahwasannya di dunia ini tidak ada yang instan. Begitu juga dengan tips meningkatkan kualitas dan kemampuan fotografi Anda juga butuh proses.

ADVERTISERS

Terkadang seseorang yang sedang belajar memotret ataupun yang sudah berpengelaman dalam dunia fotografi, saat memotret terkadang seperti kehabisan ide atau inspirasi. Padahal di dunia fotografi, inspirasi dan ide memegang peranan yang cukup penting. Baca artikel tentang Ide Kreatif Dalam Fotografi.

Sebelum melanjutkan membaca tips meningkatkan keahlian fotografi ini, Anda perlu memahami bahwa salah satu cara mencari inspirasi dalam fotografi terkadang Anda perlu meluangkan waktu sejenak hingga membuat rileks.

Meningkatkan Kualitas Fotografi

Keluar rumah terus memotret bisa menjadi usaha yang sia-sia, Anda harus meningkatkan semangat/atmosfir fotografi dalam kehidupan Anda. Berikut ini cara meningkatkan kemampuan fotografi Anda, smoga bisa berguna.

Tips Meningkatkan Keahlian Fotografi

1. Mempelejari Buku Manual & Mengenali Peralatan Kita

Banyak yang membeli peralatan fotografi tapi malas membaca buku manual kamera yang mereka dapatkan saat membeli kamera. Padahal dengan membacanya, kita bisa lebih paham terhadap peralatan fotografi yang kita gunakan.

Berikan catatan atau tanda agar kita cepat mencari jawaban jika kita lupa pada saat diperlukan. Beri juga tanda jika kurang mengerti dan tanyakan pada teman yang sesama belajar fotografi namun lebih paham dan mengerti.

Usahakan jangan sering menanyakan hal sepele tentang mengoperasikan alat kita pada saat memotret/hunting karena bisa mengganggu dan teman bisa kehilangan kesempatan mendapatkan momen yang baik.

Pelajari fungsi kamera, fitur dan menunya. Akan terasa percuma jika beli kamera mahal namun tidak memanfatkan fitur yang ada karena tidak tahu cara dan kegunaannya.

2. Berlangganan Majalah Fotografi atau Mencari Informasi di Internet

Dengan membaca majalah fotografi dalam negeri ataupun majalah luar negeri kita dapat melihat perkembangan fotografi dari segi teknik fotografi, perkembangan peralatan fotografi baru hingga cara-cara dan tips memotret dari para fotografer yang sudah berpengalaman. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa majalah fotografi gratis yang bisa di dapatkan di websitenya. Exposure magazine salah satunya, majalah fotografi digital gratis dari exposure-magz.com yang terbit setiap awal bulan.

Melalui media internet Anda bisa mendapatkan banyak foto yang bisa dijadikan inspirasi. Kunjungi website-website fotografi untuk melihat karya fotografi yang amazing. Saat ini juga sudah ada banyak blog yang mengulas fotografi seperti tipsfotografi.net ini yang dapat membantu Anda untuk belajar.

3. Bergabung Dengan Klub/Komunitas Fotografi

Dengan bergabung ke dalam klub/komunitas fotografi, kita bisa banyak mendapat pengalaman berharga dari sesama anggota komunitas tersebut. Kita bisa bertemu dengan member yang sudah berpengalaman dan mendapat tips fotografi.

Dan enaknya jika kita gabung dengan komunitas fotografi kita bisa pergi foto (hunting) bersama. Klub fotografi biasanya ada di kota-kota besar, dan jika tidak ada, kita bisa bergabung via internet di klub fotografi lain. Atau kita bisa membuat komunitas foto baru di daerah kita sendiri sebagai salah satu cara untuk meningkatakan kemampuan fotografi Anda.

4. Ikut Workshop Fotografi

Dengan mengikuti workshop fotografi kita bisa menambah ilmu, wawasan dan juka mendapatkan teman baru yang sesama hobi fotografi yang dapat memudahkan untuk berbagi teknik fotografi. Sebagai salah satu cara mengembangkan kemampuan fotografi, ikut workshop fotografi adalah cara yang tepat.

5. Photography Hunting Trip

Dengan mengikuti hunting trip kita dapat bepergian bersama ke lokasi eksotis dan jauh yang biasanya tidak mudah untuk dicapai. Seperti halnya jika mengikuti workshop fotografi, dengan ikut hunting bersama kita juga bisa mendapatkan ilmu fotografi dan persahabatan.

6. Membaca dan Mengoleksi Buku Fotografi

Selain berlangganan majalah fotografi, cara untuk mengembahkan keahlian fotografi kita dengan banyak membaca dan mengoleksi buku fotografi. Di era saat ini untuk mendapatkan buku fotografi sudah sanga mudah untuk didapatkan. Pilihlah buku fotografi yang sesuai topik yang kita sukai.

Lihat dan pelajari contoh foto-foto dan cara pemotretannya. Setiap fotografer memiliki perbedaan karakter cara memotret. Lihat dan pelajari, kemudian kembangkan sesuai imajinasi kita.

7. Sering Memotret dan Mau Terus Belajar Fotografi

Seperti pepatah pengalaman ada guru terhebat, begitu juga jika kita sering memotret dan terus belajar dapat membantu mengembangkan keahlian fotografi kita. Tidak ada salahnya juga kita mencoba ikut lomba fotografi dan Jangan kecewa saat kalah.

Juga jangan takut akan gagal saat belajar teknik fotografi ataupun saat mengikuti lomba foto, baca tips mengikuti lomba fotografi. Semakain banyak jam terbang dan pengalaman fotografi, proses itu akan membuat cara pandang kita terhadap karya foto dan hasil foto kita semakin kritis dan semakin baik.

Demikian Cara Mengembangkan Keahlian & Kemampuan Fotografi dari tipsfotografi.net semoga berguna. Ikuti @tipsmemotret untuk mendapatkan update artikel fotografi selanjutnya di twitter Anda, atau ikuti tipsmemotret di facebook.

Advertisement
Bagaimana Cara Mengembangkan Keahlian Fotografi | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net