Tips Memotret ROL atau Rays Of Light

Wednesday, June 19th, 2013 - Landscape, Tips Dan Trik
Advertisement

Atas permintaan follower @tipsmemotret, akhirnya menulis tips memotret ROL atau Rays Of Light. Menurut pengalaman penulis sendiri, untuk mengabadikan momen ROL yang baik, yang paling utama adalah membutuhkan momen ROL itu sendiri.

Artikel tips fotografi sebelumnya sudah kami ulas tentang Tips Membuat Efek ROL dengan Photoshop. Tips untuk mendapatkan ROL carilah tempat yang sedikit teduh tapi terkena sinar cahaya dari matahari atau cahaya lainnya, dan selanjutnya adalah lebih peka saja.

ADVERTISERS

Selain pagi hari, waktu sunset dimana matahari ketutup awan juga sering ada ROL. Tidak kalah indahnya dengan penampakan ROL dipagi hari, karena rol saat sunset kadang lebih “dahsyat” karena pas awan dan sinar agak-agak berwarna keemasan (asal langit gak mendung saja).

Tips Motret ROL foto oleh mihakrofel

Memotret matahari terbit dan tenggelam dapat sangat berkesan. Memotret sinar matahari membutuhkan setting kamera tertentu dan juga mata yang dapat mengevaluasi kualitas cahaya. Lalu bagaimana teknis untuk mendapatkan foto ROL yang baik ? Berikut ini ada beberapa tips dan trik memotret rays of light atau ROL:

Tips Memotret ROL atau Rays Of Light

  1. Teknis untuk mendapatkan foto ROL yang pertama adalah pilih waktu memotret saat pagi-pagi sekali atau saat senja. Waktu optimal untuk memotret ROL atau Rays Of Light adalah antara ½ jam sebelum hingga 1/2jam setelah matahari terbenam. Cahaya matahari amat dramatis pada jam-jam ini. Tingginya kontras pada saat siang hari membuatnya sulit untuk dipotret. Saat pagi hari dan senja, kabut dan partikel lain di udara akan merefleksikan cahaya matahari lebih jelas, menciptakan sinar matahari yang lebih jelas pada foto. Jika kabut pada pagi hari nyaris tak ada, kreasikan sendiri asapnya–seperti yang dibuat di film-film. Sinar matahari akan terefleksi dari partikel-partikel debu asap. Anda akan mendapatkan efek yang sama.
  2. Tips Memotret ROL kedua cobalah untuk ‘menyembunyikan’ matahari di balik pohon atau cabangnya untuk memaksimalkan rays of light. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan ROL jika terdapat sedikit kabut atau uap dari embun di udara ketika sinar matahari menerobos masuk, ini akan menonjolkan sinar matahari yang tertangkap.
  3. Pilih lokasi dengan kontras yang tinggi dimana cahaya matahari jatuh ke background yang lebih gelap, seperti saat menerobos pepohonan yang rimbun atau dari sebuah jendela ke dalam ruangan yang gelap. Kontras dari background yang gelap akan menggambarkan sinar matahari dengan lebih jelas.
  4. Komposisikan foto Anda sedemikian rupa hingga matahari tidak menjadi bagian langsung dari komposisi. Cobalah untuk bersembunyi di balik pohon atau batang pohon untuk memaksimalkan rays of light. Akan lebih menguntungkan jika terdapat sedikit kabut atau uap air untuk merefleksikan cahaya dan membuatnya terlihat lebih indah, juga menjaga agar sinar matahari langsung tidak mendominasi rays of light yang ada.
  5. Ukur foto Anda dan pilih setting kamera berdasarkan bacaan metering kamera Anda. Setting kamera untuk memotret ROL ini akan bervariasi hasilnya berdasarkan background dan setting pilihan Anda. Situasi kontras yang tinggi, seperti cahaya matahari pada background yang gelap, dapat ‘menipu’ saat metering, jadi memilih setting yang sedikit lebih rendah daripada yang direkomendasikan light meter dapat memaksimalkan keberhasilan Anda. Jangan gunakan flash Anda. Pilih setting aperture (bukaan) kecil untuk memaksimalkan depth of field dan gunakan shutter speed yang lebih lama untuk mengkompensasi sedikitnya cahaya yang masuk.

Tips Singkat Mendapatkan Foto ROL

  1. Berangkat pagi (04.00)
    • Lihat langit ; ada bintang dan bulan
    • Lebih baik jika Alloh kasih hujan di jam 21.00-24.00 atau jam 01.00 – 03.00. setelah itu langit cerah, berbintang dan sinar rembulan muncul.
  2. Sholat Subuh (04.45) jika Anda muslim
  3. Doa (04.48) minta sama yang punya ROL sejati : Tuhan, Alloh. supaya di berikan cahaya abadinya dan Rol muncul di spot yang biasa muncul rol.
  4. Siapkan alat (kamera, lensa, batrey, memory)
  5. Menuju spot yang biasa ROL muncul dan perhatikan cahaya matahari yang datang

Smoga artikel tips fotografi tentang tips memotret ROL atau Rays Of Light ini bisa Anda praktekkan dan berguna untuk belajar teknik fotografi ROL. Jangan lupa share hasil foto Anda di twitter @tipsmemotret ataupun facebook tipsmemotret. Salam fotografi !

Advertisement
Tips Memotret ROL atau Rays Of Light | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net