Belajar Memahami Perspektif dalam Fotografi

Friday, February 8th, 2013 - Artikel
Advertisement

Definis perspektif dalam fotografi adalah perubahan bentuk, ukuran, dan kedalaman bidang yang relatif akibat perbedaan cara pandang antara objek dan kamera. Dengan kata lain perspektif dalam fotografi ialah cara bagaimana sebuah objek tiga dimensi dijepret sehingga memiliki dua dimensi datar.

ADVERTISERS

Perbedaan perspektif tersebut terjadi karena ada pergeseran posisi dalam melihat sesuatu dari sudut pandang, jarak, dan ketinggian yang tidak sama. Secara sederhana, perspektif adalah cara pandang terhadap suatu objek. Karena itu, pergeseran posisi fotografer sedikit saja memberi perspektif yang berbeda.

Tujuan untuk memberikan perspektif dalam fotografi yaitu untuk memberikan dimensi ruang foto yang berbeda. Perspektif dalam fotografi itu penting sekali saat belajar fotografi, karena akan menambah daya pikat dan keindahan sebuah hasil jepretan.

Perspektif dalam fotografi mengikuti beberapa kaidah dimensi ruang. Dalam konteks dimensi, perspektif dikategorikan menjadi tiga bagian Linear perspective, Perspektif satu titik, Perspektif dua titik dan Perspektif tiga titik.

Contoh Foto Perspektif Satu Titik Foto perspektif 1 titik (one point perpective), dimana lorong menjadi penunjuk jelasnya.

Linear perspective adalah sebuah garis yang membentuk kedalam akan menuju satu titik. Perpektif tersebut merupakan sistem matematis terhadap proyeksi dimensi suatu objek menjadi permukaan datar. Permukaan itu disebut gambar datar.

Perspektif satu titik terjadi ketika garis tampil mengerucut pada satu titik dalam pandangan mata. Perspektif dua titik terjadi ketika mata dihadapkan dengan kubus datar yang garis vertikal dan horizontalnya paralel terhadap ujung gambar. Perspektif tersebut merupakan garis yang mengerucut menuju ruang pada dua titik. Perspektif tiga titik merupakan garis yang mengerah konvergen pada dua titik. Itu ditambah satu titik yang terletak di bawah atau diatas pandangan mata.

Cara Menentukan Perspektif dalam Fotografi

  • Jarak antara objek dan kamera
  • Penggunaan focal leght yang berbeda
  • Sudut pengambilan pada posisi vertikal maupun horizontal

Dalam konteks penglihatan dan persepsi visual, perspektif dalam fotografi merupakan cara bagaimana objek terlihat oleh mata berdasarkan atribut spesial, dimensi, atau posisi mata yang relatif terhadap objek. Dalam seni grafis, perspektif adalah representasi perkiraan sebuah gambar seperti terlihat oleh mata.

Karakteristik perspektif objek gambar yaitu: lebih kecil ketika jarak antara penglihat dengan objek bertambah dan ukuran dimensi objek sepanjang garis pandang relatif lebih pendek di garis pandang (foreshortened).

Perubahan perspektif juga ditentukan jarak dan sudut pengambilan. Misalnya, ketika kita memotret landscape, perhitungan pergeseran jaraknya lebih dari hitungan meter. Foto landscape memerlukan pergeseran posisi jarak yang lebih jauh untuk mendapatkan sudut pengambilan yang berbeda. Dalam foto landscape, perbedaan posisi jarak semeter tiadak memberi efek yang berarti. Disini posisi fotografer ketika mengambil gambar menentukan perspektifnya.

Foto Perspektif fotografi

Perubahan sudut pengambilan saat memotret jelas menentukan perspektif fotografi. Ketika kita memotret dari bawah (low angel), eye level memberi pandangan yang berbeda jika dibandingkan dengan saat memotret dari atas (high angel). Begitu juga jika kita memotret dari samping kiri (left side) atau kanan (right side) jika dibandingkan dari arah depan (front).

Perbedaan sudut pengambilan foto dapat memberi kesan dan perspektif yang berbeda. Selain itu, perspektif dipengaruhi titik fokus lensa yang digunakan. Artinya, lensa wide (focal legth pendek) memberi perspektif yang berbeda dengan lensa tele (focal legth panjang). Lensa wide memberi tampilan elemen di depan lensa tampak lebih besar dari pada area di depan lensa.

Ohya perlu diketahui juga jenis perspektif dalam fotografi ada banyak jenisnya. Yang paling lazim ialah perspektif linear yang mana jarak dibaca melalui ukuran objek dan sudut pandang mata atau kamera. Perspektif akan berubah bila posisi kamera diubah entah ke sisi kiri kanan atau mendekat menjauh dari objek. Kamera yang ada zoom dengan gampang mengubah perspektif linear karena walau jarak kamera dengan objek tetap sama tetapi focal-lengthnya berubah maka ukuran objek pun jadi berbeda.

Okedeh sampai di sini dulu artikel Memahami Perspektif dalam Fotografi ini, jika ada tambahan atau koreksi silahkan tambahkan menggunakan form diskusi di bawah. Smoga tidak bingung dan selamat memanfaatkan perspektif dalam foto anda. Baca juga artikel fotografi tentang Memahami dan Menggunakan Ruang Negatif Dalam Fotografi. Salam fotografi.

Advertisement
Belajar Memahami Perspektif dalam Fotografi | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net