Membuat Foto Hitam Putih Lebih Dramatis

Membuat Foto Hitam Putih Lebih Dramatis Oleh Lensa Kita on . Tentang Membuat Foto Hitam Putih Lebih Dramatis

Bagi sebagian orang, memandang foto hitam putih atau black & white (BW) adalah kenikmatan jiwa baginya. Foto hitam putih atau monkrom adalah foto tanpa campuran elemen warna yang mengganggu selain hitam dan putih. Foto BW termasuk salah satu jenis foto yang tak lekang oleh waktu. Dengan hanya menonjolkan dua warna … Continue reading

Rating: 5

Bagi sebagian orang, memandang foto hitam putih atau black & white (BW) adalah kenikmatan jiwa baginya. Foto hitam putih atau monkrom adalah foto tanpa campuran elemen warna yang mengganggu selain hitam dan putih. Foto BW termasuk salah satu jenis foto yang tak lekang oleh waktu.

Contoh Foto Landscape Hitam Putih
Credit CubaGallery/flickr.com/photos/cubagallery/

Dengan hanya menonjolkan dua warna hitam dan putih, foto black & white akan meninggalkan komposisi dan cahaya serta makna dari foto tersebut. Orang-orang bilang, foto hitam putih lebih terlihat jujur, simpel dan apa adanya.

Foto hitam putih seringkali akan terlihat lebih elegan, kuat, menonjol serta dramatis. Berikut ini adalah tips memotret foto hitam putih agar lebih dramatis yang mungkin berguna bagi anda.

Tips Memotret Foto Hitam Putih Lebih Dramatis

1. Potretlah Dalam Mode Warna
Kamera digital menghasilkan rentang tone yang lebih lebar dalam mode warna karena dalam mode ini sensor mengambil data dari 3 channel – Red, Green dan Blue atau RGB. Menggunakan pengaturan Hitam Putih atau BW pada kamera digital berarti kita akan kehilangan warna alami apa yang kalian potret, dan dilain sisi dengan memotret bewarna, kita akan selalu bisa mengkonversinya dalam bentuk hitam putih dan tetapi menyimpan versi foto bewarnanya. Untuk itulah gunakanlah setingan file raw saat memotret.

2. Setting ISO Serendah Mungkin
Bintik-bintik kecil putih yang muncul di foto anda atau biasa disebut NOISE akan tampak lebih menonjol dalam foto hitam putih dibanding dalam foto warna. Gunakan ISO serendah mungkin supaya pada saat foto di proses nantinya, noise bisa diminimalkan. Ohya pada sebagian foto hitam putih, kemunculan sedikit noise bisa menambahkan kesan kuat pada foto tersebut, misalkan saja foto human interest (HI).

3. Sidelighting Adalah Cahaya Terbaik
Masih ingat artikel fotografi tentang teknik dasar pencahayaan/lighting fotografi ? Nah ketika memotret di luar ruangan untuk foto hitam putih anda, tonjolkan bentuk secara maksimal dengan mengandalkan pencahayaan samping (side lighting), sehingga jatuh bayangan jadi sangat menarik. Side lighting terjadi saat anda memotret di pagi atau sore hari.

4. Mendung Saat Terbaik
Saat mendung adalah saat terbaik membuat foto landscape hitam putih yang dramatis. Adanya mendung akan membuat kontras lebih rendah, dan ini adalah saat terbaik untuk membuat foto hitam putih. Kita tidak akan terlalu perduli warna langit yang abu-abu.

5. Eksploitasi Tekstur, Pola dan Garis
Hal pertama yang mutlak diperlukan dalam menciptakan foto hitam-putih adalah bahwa untuk bisa membuat sebuah foto hitam-putih yang bagus kita harus mendapatkan tekstur. Tekstur, atau apa saja yang tampak seperti itu dan bisa ditonjolkan melalui warna hitam dan putih. Untuk itu eksploitasi-lah jika anda menemukan adanya komponen tersebut.

Tips Membuat Foto Hitam Putih Dengan Photoshop

Ada beberapa cara untuk mengubah foto berwarna menjadi foto monokrom/hitam putih. Paling tidak ada empat cara yang bisa di pilih untuk membuat foto monokrom: mengubah Grayscale, mengatur Desaturate, mengonversi ke modus Lab, dan mengutak-atik Channel Mixer.

Berikut ini cara mengubah foto warna menjadi foto hitam putih menggunakan fitur BW dari photoshop.

  • Buka/ Jalankan Program Photoshop
  • Selanjutnya bukalah gambar/ foto berwarna yang akan dirubah menjadi foto hitam putih melalui menu File – Open
  • Setelah gambar terbuka sekarang menuju kelangkah selanjutnya yaitu memberikan adjustment black & white melalui menu Image – Adjustments – Black & White atau tekan (Alt + Shift + CTRL + B) sehingga muncul kotak dialog Black & White.
  • Silahkan Anda sesuaikan warnanya dengan cara menarik tanda panah pada warna Red, Yellow, Green, Cyan, Blue, Magentan sehingga mendapatkan efek hitam putih yang dramatis.
  • Jangan lupa sentuhan/retouch software Dodge & Burn, untuk membuat detail area gelap terang foto BW Anda.

Menciptakan foto hitam putih dengan nuansa abadi dan tidak lekang oleh waktu, dan dengan prespektif yang tepat tentunya akan bisa menyampaikan pesan serta cerita. Hemm masih ingat dengan kalimat motret itu 100% dan edit foto itu 100% ? yak sip, selamat hunting teman !