Memahami Teknik Dasar Pencahayaan atau Lighting dalam Fotografi

Memahami Teknik Dasar Pencahayaan atau Lighting dalam Fotografi Oleh Lensa Kita on . Tentang Memahami Teknik Dasar Pencahayaan atau Lighting dalam Fotografi

Kami mengajak Anda untuk memahami teknik dasar pencahayaan atau lighting dalam fotografi. Seperti yang sudah sering kami sampaikan bahwa fotografi itu adalah teknik bermain cahaya, lebih bagus cahaya maka potensi foto bagus akan semakin besar. Maka dari itu cahaya adalah salah satu pertimbangan paling penting bagi seorang fotografer. Fotografer yang sudah … Continue reading

Rating: 4

Dasar Lighting FotografiKami mengajak Anda untuk memahami teknik dasar pencahayaan atau lighting dalam fotografi. Seperti yang sudah sering kami sampaikan bahwa fotografi itu adalah teknik bermain cahaya, lebih bagus cahaya maka potensi foto bagus akan semakin besar. Maka dari itu cahaya adalah salah satu pertimbangan paling penting bagi seorang fotografer.

Fotografer yang sudah berpengalaman selalu akan mempertimbangkan arah cahaya baik cahaya alami maupun cahaya buatan. Kualitas cahaya itu sendiri sangat beragam dari ketika matahari terbit di pagi hari sampai terbenam di sore hari. Keseimbangan antara highlight dan shadow merupakan salah satu efek yang timbul dari mempertimbahkan arah pencahayaan.

Seperti yang telah disebutkan, terdapat dua cara pencahayaan pada fotografi, Available lighting dan Artificial lighting.

  1. Available lighting (ambient) : Definisi Available lighting adalah pemotretan dengan memanfaatkan cahaya yang tersedia, baik natural light maupun room light.
  2. Artificial lighting : Definisi Artificial lighting adalah pemotretan dengan menggunakan sumber cahaya yang sengaja ditambahkan seperti penggunaan flash, strobist, studio light, dan alat-alat pendukung lainnya.

Dasar Pencahayaan atau Lighting Fotografi

Pada artikel fotografi tentang teknik dasar pencahayaan/lighting fotografi kali ini akan kami berikan contoh dasar lighting fotografi yang sangat simpel. Ada 5 dasar model arah/posisi pencahayaan dalam fotografi baik alami (sinar matahari) maupun dari sumber cahaya buatan (flash), front light, oval light, side light, rim light dan back light.

Teknik Dasar Pencahayaan atau Lighting Fotografi

 

  1. Oval Light : posisi lightinng berada di 3/4 object, maka yang terjadi adalah sedikit bagian bayangaan pada bagian belakang objek
  2. Side Light : posisi lighting tepat di samping objek, maka yang terjadi adalah bayangan pada setengah objek pada sisi yang lain objek yang difoto.
  3. Rim Light : posisi berada di bagian belakang dengan sudut 1/4 object, maka yang terjadi adalah bagian depan gelap sehingga akan terjadi garis pada objeck.
  4. Back Light : posisi lighting berada tepat di belakang objek, sehingga bagian depan sepenuhnya gelap namun di sisi belakang tercipta garis yang sangat jelas.
  5. Front Light : posisi lighting berada tepat di depan objek, sehingga bagian depan akan mendapatkan cahaya yang penuh.

Menikmati setiap hasil jepretan pada subyek dengan berbagai karakter cahaya adalah cara terbaik untuk mempelajari cahaya mana yang tepat bagi subyek foto kita. Satu hal yang patut diingat adalah cahaya bagus tidaklah konstan, terkadang kita harus menunggu momen yang pas untuk menghasilkan foto yang sempurna, atau kita bisa saja kembali ketempat yang sama untuk memotret sebuah subyek, dikarenakan cahaya kurang bagus ketika pertama kali memotret di tempat tersebut.

Salah satu teknik dasar pencahayaan fotografi ketika berhadapan dengan cahaya matahari yang kuat di siang hari serta bayangan jelek adalah dengan mencari naungan bagi subyek foto kita. Arah cahaya akan membuat subyek foto kita menjadi terlihat lebih memiliki dimensi.

Ok semoga tulisan tentang dasar lighting fotografi ini bisa dipahami, pada artikel selanjutnya akan kami bahas tentang aksesoris lighting fotografi dan fungsinya. Selamat hunting foto !