Tips Fotografi Membuat Efek Lomo Dengan Photoshop

Wednesday, October 2nd, 2013 - Photoshop, Tips Dan Trik
Advertisement

Tips photoshop kali ini akan mengulas tentang cara membuat efek lomografi dengan photoshop. Lomografi itu sendiri adalah bagian dari fotografi analog yang biasanya menggunakan kamera LOMO (Leningradskoye Optiko Mechanichesckoye Obyedinenie).

Teknik foto lomografi sendiri lebih menekankan kepada hasil foto-foto yang unik terutama dalam hal warna (tone) yang dihasilkan. Foto lomography ini biasanya memiliki warna yang unik, kontras tinggi antar warna, fokus lembut dan sketsa gelap atau vignet.

ADVERTISERS

Vignet menjadi salah satu ciri khas foto lomo, dan kita sudah tahu untuk mengedit foto di era seperti sekarang sudah cukup mudah dilakukan. Banyak cara untuk membuat atau mendapatkan efek tone lomo. Untuk memberi efek lomo saat ini sudah banyak aplikasi fotografi untuk handphone seperti instagram, camera 360, pixlr-o-matic, dan banyak lagi aplikasi lainnya.

Tutorial Membuat Lomography Photoshop Untuk contoh kali ini kami menggunakan foto Bahman Farzad.

Efek lomo sendiri cukup bermanfaat untuk menciptakan feel yang beda pada sebuah karya, terlepas apakah kamu seorang fotografer maupun desainer grafis. Pada tutorial membuat efek lomography kali ini, kami akan mencoba memberikan panduan membuat efek lomo dengan adobe photoshop.

Tips Membuat Efek Lomography Dengan Photoshop

1. Buatlah Efek Vignet Untuk Memperkuat Efek Lomo
Seperti yang kami sampaikan di atas, foto lomo biasanya identik dengan adanya vignet. Menambahkan efek vignet juga banyak cara. Pada artikel membuat efek lomo ini kami menggunakan lasso tool untuk menambahkan efek vignetnya. Baca cara menambahkan efek vignet dengan photoshop untuk detailnya.

2. Tentukan Tone Lomo
Setelah vignet jadi, kemudian buatlah layar baru dengan warna yang Anda sukai. Untuk kalai ini saya menggunakan warna hitam :). Lalu ubahlah blending mode menjadi Hue atau mode lainnya untuk mencari tone lomo yang Anda sukai. Kemudian ubah apacity sekitar 50% untuk mengurangi warna ‘coklat’ tersebut.

Tips Lomography Dengan Photoshop

3. Finishing dan Berimajinasi
Seperti tips photoshop lainnya, untuk finishing kali ini sebatas menaikkan ketajaman foto dan juga menentukan tone warna. Anda bisa mengurangi intensitas warna kulit hingga beberapa warna yang sekiranya kurang membuat efek foto lomonya kuat.

Semoga tips membuat efek lomo dengan photoshop ini bisa berguna. Anda memiliki cara membuat efek lomo yang lebih mudah ? yuk mari di share dimari mas gan :). Kunjungi terus tipsfotografi.net untuk mendapatkan tips fotografi selanjutnya.

Advertisement
Tips Fotografi Membuat Efek Lomo Dengan Photoshop | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net