Tips Fotografi Travel

Thursday, November 27th, 2014 - Tips Dan Trik
Advertisement

Apa yang membedakan fotografi travel dengan fotografi landscape, human interest, street photography, dan lain-lain? Semua bagian dari genre itu ada dalam foto travel, karena dalam perjalanan kemana pun, kita pasti bisa menemukan semua unsur landscape, Human Interest, still life, food, street dan bahkan sport photography.

Foto travel itu lengkap dan sangat fleksibel, hanya saja dalam foto travel lebih diutamakan keaslian dari gambar dengan situasi asli gambar itu berasal. Mengapa demikian? (Baca juga 15 Tips Fotografi Membuat Foto Perjalanan Anda Lebih Menarik)

ADVERTISERS

Foto travel merupakan referensi bagi kita dan orang lain yang sedang menyimak foto kita. Untuk menceritakan dengan baik, berikut adalah tips fotografi travel dari tipsfotografi.net untuk pembaca yang sedang belajar tips fotografi.

Fotografi Travelling

Tips Fotografi Travel

  • Check list lokasi pariwisata & Kuliner. Buatlah check list sebelum kita berangkat pergi berlibur. Checklist yang berisi tentang lokasi pariwisata tujuan kita. Browsing dan melihat referensi tentang foto-foto daerah tersebut bisa membantu.
  • Siapkan peralatan kamera yang praktis dan ringan. Membawa kamera yang besar, lengkap dan berat bisa mengurangi mobilitas kita. Siapkan kamera dan lensa yang bisa memotret segala kondisi. Pastikan semua peralatan kamera lengkap termasuk bateray.
  • Siapkan memory cards dengan kapasitas yang besar atau miliki beberapa memory cards kapasitas medium. Hal ini untuk mencegah foto yang tersimpan penuh sehingga harus menghapus beberapa foto selama perjalanan.
  • Usahakan paham dengan situasi cuaca didaerah yang ingin kita kunjungi. Apabila sedang musim hujan, jangan kuatir tidak bisa memotret. Siapkan jas hujan untuk kamera (bisa dibeli di toko kamera atau buat sendiri)
  • Pahami situasi sosial daerah tujuan wisata beserta adat istiadatnya. Kesopanan masing- masing daerah tentu berbeda. Memotret penduduk lokal sebagai salah satu bagian dari dokumentasi bisa membuat permasalahan jika tidak meminta ijin terlebih dahulu.
  • Selalu memotret dengan alternatif shot Wide angle, medium dan close up dan bahkan format portrait dan landscape.
  • Jika sempat catatlah beberapa informasi dari foto, seperti nama lokasi, keunikan tempat tersebut dan peristiwa pribadi yang terjadi ketika foto itu diambil. Catat di ponsel, buku harian atau unggah ke media sosial untuk mengingat.

Demikianlah tips singkat fotografi travel yang bisa Anda praktekkan ketika ingin menikmati perjalanan. Simak terus tipsfografi.net atau follow @tipsmemotret untuk mendapatkan update artikel tentang fotografi lainnya. Website ini juga sangat terbuka menerima saran dan kritikan agar website ini tetap bermanfaat bagi semua.

Advertisement
Tips Fotografi Travel | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net