Memahami Definisi Depth Of Field atau DOF

Saturday, September 22nd, 2012 - Tips Dan Trik
Advertisement

Definisi Depth Of FieldSecara definisi Depth of Field (DOF) adalah rentang jarak yang dimiliki subjek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman/fokus pada foto yang dihasilkan. Secara harfiah, arti Depth of Field berarti kedalaman ruang. Hasil DOF bervariasi tergantung pada jenis kamera dan aperture dan jarak fokus.

Melalui artikel berikut ini, kami akan mengulas tentang istilah DOF lebar dan DOF sempit. Sebelum membaca lebih jauh dan supaya tidak membingungkan, baca terlebih dahulu artikel tentang definisi aperture dan tulisan segita exposure. Karena jika berbicara soal DOF atau Depth Of Field akan berkaitan dengan istilah fotografi tersebut.

ADVERTISERS

Depth of Field (DOF) Lebar :

Depth of Field (DOF) lebar berarti sebagian besar dari dari obyek yang terdekat kamera sampai obyek terjauh akan memiliki ketajaman yang merata. Cara untuk mendapatkan DOF lebar akan menggunakan setingan aperture bukaan kecil/angka besar. Dengan menggunakan aperture angka besar atau disebut bukaan kecil misal F8, akan mendapatkan hasil yang lebih luas area ketajaman fotonya dari pada menggunakan setingan aperture F3.5. Semakin kecil aperture, semakin luas jarak fokus atau area ketajaman foto Anda.

Depth of Field (DOF) Sempit :

Sedangkan Depth of Field (DOF) yang sempit berarti hanya bagian titik tertentu saja yang memiliki area ketajaman, sementara obyek sisanya akan blur/ tidak fokus. Cara untuk mendapatkan DOF sempit gunakan setingan Aperture bukaan besar (angka kecil). Misalkan menggunakan F1.8 maka akan mendapatkan sedikit saja area ketajaman foto yang dihasilkan. Semakin besar aperture, semakin sedikit area tajam foto.

Gambar Ilustrasi Depth of Field (DOF)

Islutrasi Definisi Depth Of Field

Konsep DOF/Depth of Field akan banyak berguna terutama dalam fotografi portrait dan fotografi makro, akan tetapi dalam fografi lainnya juga akan mempertimbangan konsep DOF misalkan foto makanan. Karena dengan bermain DOF, kita dapat mengubah karakteristik foto tersebut.

Selain bermain dengan setingan Aperture, untuk mendapatkan DOF Anda juga bisa bermain dengan focal length pada lensa Anda. Kombinasikan dari kedua hal tersebut, Aperture dan focal lenght untuk menghasilkan foto yang lebih berkarater. Jangan lupa pelajari artikel Cara Memaksimalkan Fitur Manual Kamera Digital.

Dengan membaca artikel tentang Memahami Definisi Depth Of Field atau DOF ini, kami berharap semoga Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai istilah DOF sempit dan DOF lebar serta cara mendapatkannya foto-foto yang lebih menarik lagi. Selamat Mencoba !

Advertisement
Memahami Definisi Depth Of Field atau DOF | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net