Tips Seni Memotret Bunga Warna Warni

Friday, March 1st, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Fotografi bunga adalah jenis fotografi favorit yang banyak disukai orang-orang. Fotografi bunga dapat menantang, tetapi juga sangat bermanfaat. Bunga penuh dengan warna, pelajari tips memotret bunga dan seni memilih subjek yang baik saat mengabadikannya.

Tips Memotret Bunga

ADVERTISERS

Bagi pemilik kamera digital baru, foto bunga hampir selalu wajib dicoba sama dengan ketika memotret manusia karena mudah untuk ditemui. Baca artikel fotografi tentang tips memotret portrait. Bunga bisa menjadi subyek paling tepat untuk mengetes kemampuan memotret Anda. Tak masalah jika Anda hanya menggunakan kamera dari ponsel sekalipun.

Tidak sulit untuk memotret bunga jika anda mendapatkan semua elemen kunci yang tepat bagaimana cara memotret bunga itu sendiri. Jika tidak ada tempat di dekat anda, atau tidak memiliki kebun sendiri, maka cobalah tempat pembibitan atau taman. Anda pasti akan menemukan banyak jenis bunga di sana.

Banyak orang membuat kesalahan mendasar ketika memotret bunga. Hal ini dapat mengakibatkan hasil foto bunganya akan biasa saja. Dengan mempelajari panduan memotret bunga ini, Anda akan dapat melihat sebuah foto bunga yang menarik untuk dilihat mata pemirsa. Berikut 8 tips memotret bunga :

8 Tips Fotografi Bunga

1. Tentukan Subjeknya

Putuskan apa yang akan menjadi subyek foto Anda atau Focal Point atau Point of Interest, apakah itu bunga tunggal, sekelompok, atau beberapa bagian dari bunga seperti Serangga, Serbuk sari, warna, tekstur, bentuk ? Foto bunga biasanya lebih menarik jika dipotret dengan keadaan tunggal/sendirian. Bukan berarti foto sekelompok bunga tidak bagus, namun jika komposisinya tidak pas akan terlihat berantakan.

Pilih sundut pandang dan tentukan komposisi yang tepat. Jangan takut untuk memotong tepian yang menjadi subjek, dengan melakukan ini bisa berguna untuk memusatkan perhatian pemirsa ke daerah yang ingin Anda tonjolkan.

Lihat di sekeliling bunga, jika ada sesuati yang menarik untuk dimasukkan ke dalam frame foto bunga Anda, masukkan selagi itu akan menambah bagus foto bunga Anda. Misalkan saja lebah, laba-laba, kupu-kupu atau apapun itu yang bisa mempercantik fotonya.

2. Tentukan Focal Point

Seperti dalam semua jenis dan bidang fotografi, tentunya Anda harus berpikir dan menentukan dimana anda akan membawa mata penikmat foto kalian. Anda bisa meletakkan di tengah-tengah frame dengan menggunakan aturan Rule of Thirds, tetapi temukan sesuatu dalam frame yang bisa menarik perhatian mata penikmat foto kalian dan berhati-hatilah mengenai posisi peletakannya.

3. Warna Adalah Segalanya

Dalam tips fotografi bunga, memasukkan banyak warna adalah salah satu hal yang paling penting. Sebuah foto bunga akan terlihat jauh lebih baik jika kaya dengan warna dibandingkan dengan foto bunga dengan satu warna yang terlihat membosankan.

Jika anda memotret bunga di luar ruangan, pilihlah hari dimana sinar matahari sedang tidak keras cahayanya namun juga tidak minim cahaya. Karena cahaya yang kuat akan mengurangi detail warna dan kelopak, karena di situlah keindahan bunga berasal. Dengan sinar matahari yang alami juga dapat membuat keluar warna-warninya bunga.

Tekstur dan detail dapat mengubah foto yang baik menjadi yang hebat. Fotografi bunga memiliki keduanya. Cobalah untuk memotret bunga dari samping agar bayangan bisa menghasilkan rincian detail permukaan bunga tersebut.

4. Memotret Bunga dari Jarak Dekat

Fokus sangat penting untuk sebuah foto bunga yang baik, jika saat memotret bunga sedikit saja tidak fokus akan membawa dampak yang kurang signifikan. Untuk memotret bunga secara close-up anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan setingan kamera Anda ke mode fokus manual dan benar-benar meluangkan waktu untuk mendapatkan bunga Anda setajam mungkin. Jika kamera Anda tidak menawarkan fokus manual, gunakan mode makro sehingga Anda dapat menjaga bunga dalam fokus bahkan pada jarak sangat dekat.

Anda bisa mencoba untuk menggunakan aperture lebar untuk membuang latar belakang/background keluar dari fokus. Dengan memblurkan background akan dapat menarik perhatian terhadap bunganya sebagai subjek foto Anda. Gunakan tripod bila perlu, agar bisa mengurangi goncangan kamera saat memotret bunga Anda.

Saat melakukan pemotretan jarak dekat, berhati-hatilan terhadap bayangan diri dan peralatan Anda. Pilih sudut pandang dengan hati-hati terhadap bayangan sinar matahari. Jika Anda memiliki lensa makro, untuk mendapatkan foto bunga secara closeup akan lebih mudah lagi.

5. Memilih Background Foto Bunga

Jika Anda sangat dekat dengan bunga maka background seringkali akan blur karena sempitnya kedalaman area. Tapi ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatur mood foto. Anda bisa mencoba memotret berlawanan dari background subyek. Banyak fotografer yang menyertakan papan poster atau papan foam saat memotret bunga. Anda bisa meletakkan papan tersebut beberapa jengkal di belakang bunga. Atau, mintalah bantuan seorang teman untuk memegang papan itu. Pastikan papan itu cukup jauh sehingga tidak masuk dalam fokus.

6. Sudut atau Angle Yang Baik Memotret Bunga

Hal ini juga dikenal sebagai komposisi fotografi. Hal ini berkaitan dengan di mana anda secara sengaja memposisikan hal yang menarik pada foto. Bila anda menempatkan bunganya dengan baik, itu berarti komposisi fotografi anda menjadi lebih baik. Komposisi terbaik adalah menjaganya agar tidak rumit di mata pemirsa.

7. Gunakan tripod dan Filter

Karena saat memotret pada keadaan mendung atau berawan secara otomatis shutter speed akan menurun. Dengan shutter speed rendah kemungkinan kamera bergoyang sangat tinggi, dan hasilnya adalah gamabar yang tidak fokus. Jika tidak memiliki tripod, anda masih dapat mendapat hasil foto yang bagus dengan catatan anda harus mengambil posisi dimana anda dapat memegang kamera sekokoh mungkin.

Tips lainnya untuk memotret bunga adalah dengan menggunakan filter polarisasi. Filter Ini menggelapkan segala sesuatu dalam gambar setelah anda menempatkannya pada lensa. Cahaya terlalu terang dapat menyebabkan hilangnya detail pada bunga, karena sangat kecil dan halus. Kamera akan kesulitan untuk memotret detail pada bunga jika ada cahaya terlalu banyak membanjiri kelopak. Gunakan filter ini untuk menggelapkan cahaya dan mengeluarkan detail warna bunga.

8. Bersabar Menunggu Momen Yang Tepat

Sama halnya dalam jenis fotografi lainnya, kesabaran adalah keharusan ketika belajar fotografi bunga. Bersiaplah untuk menghabiskan banyak waktu berbaring di rumput-rumput, lantai sekedar untuk memposisikan diri memotret bunga dari berbagai sudut pandang dan menghindar dari bayangan sinar matahari juga menunggu angin berhenti.

Semoga tips fotografi tentang 8 cara memotret bunga ini bisa Anca coba dan bisa menjadi tambahan ilmu untuk belajar fotografi lebih serius.

Advertisement
Tips Seni Memotret Bunga Warna Warni | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net