Panduan Cropping Untuk Foto Portrait

Sunday, February 17th, 2013 - Portrait, Tips Dan Trik
Advertisement

Artikel fotografi berikut ini tentang panduan cropping untuk fotografi portrait. Seperti yang sudah pernah penulis katakan, fotografi portrait adalah gaya fotografi yang cukup populer. Namun tahukah Anda jika kita memotong atau cropping foto portrait saat melakukan proses editing ataupun saat pemotretan menjadi foto portret yang kurang enak dilihat ?

ADVERTISERS

Sebelumnya sudah kami tulis tentang komposisi foto portrait yang bisa menjadi bahan belajar fotografi portret Anda. Jika kita sudah memahami tentang komposisi, proses memotong atau cropping foto potret saat editing atau juga pas memotret jadi gampang.

Gambar berikut ini adalah pedoman crop foto portret yang bisa Anda coba di foto Anda. Dengan melihat ilustrasi panduan crop untuk fotografi portret ini kita bisa tahu bagian mana dari tubuh manusia yang tidak bagus untuk di crop. Panduan ini bisa digunakan untuk cropping semua foto, apakah subjek berdiri, duduk atau berbaring, tidak peduli apakah format komposisi horizontal atau vertikal tetap berlaku.

Panduan Cropping Untuk Fotografi Portrait

Pedoman Cropping Fotografi Portrait

Terlihat dari gambar panduan crop foto portrait di atas, garis berwarna hijau adalah garis dimana bagian-bagian tubuh manusia yang disarankan untuk melakukan cropping. Begitu juga sebaliknya, garis merah adalah bagian dimana tidak disarankan untuk melakukan cropping pada bagian tubuh tersebut.

Lalu apa pengaruh jika melakukan cropping foto portrait di bagian garis merah ? foto portrait Anda akan terlihat canggung. Misalkan saja Anda akan memotong bagian jari kaki foto portrait Anda, sudah tentu akan terlihat aneh, foto portrait dengan tanpa jari kaki padahal subjek memiliki jari kaki yang utuh.

Salah satu fungsi melakukan crop bagian foto adalah untuk menghilangkan gangguan sehingga mata pemirsa dengan mudah fokus ke subjek utama. Menurut dari berbagai sumber cropping dalam fotografi manusia ada 4 bagian crop yang mendasar. Full length (kepala hingga kaki), Three quarter (pertengahan paha ke atas), Bust up (portrait trasional dari dada ke atas), headshot (bagian kepala).

Aturan untuk memotong foto potret di atas adalah tidak baku, sudah tentu boleh Anda langgar. Namun Anda juga harus ingat sebelum melanggar aturan, pelajari dulu tips fotografi seperti panduan crop untuk fotografi portrait di atas. Jadi meskipun melanggar kita sudah tau dasar-dasar fotografi itu sendiri, bisa dikata melanggar aturan secara efektip. Selamat mencoba !

Advertisement
Panduan Cropping Untuk Foto Portrait | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net