Belajar Fotografi Memotret Jalanan atau Street Photography

Tuesday, February 19th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Sebelum berlanjut membahas tentang tips memotret Street Photography, alangkah baiknya kami sampaikan tentang definisi Street Photography itu sendiri. Street Photography adalah salah satu jenis fotografi dokumentasi, foto seri, ataupun foto tunggal yang menyampaikan subjek dengan jujur dan apa adanya. Jenis fotografi ini lebih mengutamakan subject (point of interest) di ruang publik (tempat umum).

Tips Street Photography Foto oleh Setia Nugraha

ADVERTISERS

Ruang publik yang dimaksud di sini tidak terlepas dari “Jalanan” saja, tetapi dalam artian yg lebih luas, misalkan di cafe, mall, pasar, taman, dan sebagainya. Point of interest (subject) yg dimaksud di ruang publik tidak terlepas dari orang saja, melainkan hal-hal lain yg kerap berada di ruang publik, seperti peristiwa, benda-benda (element), cuaca, bayangan, dan sebagainya.

Boleh dikata, Street Photography itu seperti menghadapkan cermin kepada masyarakat. Sudah tentu genre fotografi jalanan ini menggunakan teknik fotografi yang jujur dalam menunjukkan hasil karyanya. Street photography jauh berkembang di kota-kota besar yang kehidupan masyarakatnya sangat beragam dan kosmopolit.

Namun demikian bukan berarti street fotografi tidak bisa dilakukan di daerah pedesaan misalnya. karena secara sederhana, street photography itu adalah tentang foto apa saja yang berkaitan dengan kehidupan di jalanan, jadi tidak harus diperkotaan.

Melalui jenis street photography ini, seseorang fotografer bisa memperlihatkan realitas kehidupan, budaya, trend, politik, agama, perkembangan perkotaan dan lain-lain melalui media foto dengan perspektif jalanan.

Contoh Foto Street Photography Foto oleh Setia Nugraha

Beberapa Kriteria Street Photography :

  1. Foto di ruang publik (tempat umum)
  2. Keadaan/kejadian yang tidak dibuat-buat, melainkan spontanitas, tetapi bisa jadi kedaan yang di harapkan, ataupun keadaan/kejadian yang kebetulan (decisive moment).
  3. Tema yang dibahas merupakan kehidupan sehari-hari yang terjadi di ruang publik, apakah itu perilaku orang, lingkungan, keadaan, cuaca, dan lain sebagainya.
  4. Membuat rangkaian cerita dari aktifitas sehari-hari atau membuat cerita dengan memanfaatkan aktifitas sehari-hari, seperti foto seri, foto liputan (dokumentasi).
  5. Orang yang dipotret tidak ditampilkan sebagai seorang individu, melainkan sebagai tokoh anonim dari situasi “jalanan” secara umumnya.

Berikut ini beberapa tips memotret fotografi jalanan atau istilah kerennya tips street photography yang dapat Anda coba untuk belajar fotografi jalanan.

Tips Street Photography

  1. Menguasai teknik dasar fotografi, seperti teknis komposisi, angle, dan penguasaan alat.
  2. Perhatikan keadaan sekitarnya, hal-hal yang sering kita lewati/lakukan berulang-ulang akan menjadi menarik ketika kita mencoba melihat dengan berbagai sudut pandang.
  3. Interaksi sosial dengan lingkungan sekitar kita, perhatikan privasi orang lain. Untuk yg di luar negeri misalkan, pelajarin perilaku orang-orang di sekitar kita untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, beda negara beda budaya tentunya.
  4. Pelajari arah matahari, ada kalanya pada jam-jam tertentu, bayangan yang dihasilkan akan menarik dan manfaatkan matahari juga, adakalanya flare yang dihasilkan akan memberikan efek yang lain.
  5. Photo hunting tidak hanya pada cuaca cerah, photo hunting di cuaca yang jelek akan menghasilkan foto yang berbeda (foto dengan mood yang berbeda).
  6. Pergilah hunting di saat suasana hati kita berbeda-beda.
  7. Sabar menunggu moment.
  8. Perhatikan element jalanan di sekitar kita, misalkan: papan iklan, bayangan, sepeda, arsitektur bangunan, dll.
  9. Mencobalah untuk bereksperimen dengan melanggar peraturan fotografi, misalkan foto-foto yang blur, foto dead centre, dll.
  10. Padukan element-element dasar fotografi dalam fotografi di jalanan, tambahkan bumbu moment dan mood
  11. Street photography juga bukan asal BW, hitam putih hanya cara bagaimana mengeliminir element warna

Sebuah street photography bisa dihasilkan dalam perjalanan wisata/travel namun belum tentu bisa didefinisikan sebagai travel photography. Begitu juga dengan sebuah foto yg dihasilkan di jalanan belum tentu juga bisa didefinisikan sebagai street photography. Isi atau cerita yang ada di dalam foto tersebutlah menjadi kunci street photography itu.

Semoga artikel fotografi tentang tips street photography ini bisa berguna bagi Anda yang ini belajar fotografi, selamat mencoba dan salam fotografi.

Advertisement
Belajar Fotografi Memotret Jalanan atau Street Photography | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net