Bagaimana Memotret Lampu-Lampu Kendaraan Di Malam Hari

Tuesday, November 20th, 2012 - Landscape
Advertisement

Cara memotret lampu-lampu kendaraan dimalam hari yang biasa disebut dengan teknik Light Trail adalah dengan cara menggunakan shutter speed yang lama/lambat (slow speed/long exposure). Memotret light trail mudah dilakukan jika mendapatkan tempat dimana dilewati kendaran saat waktu sudah gelap (senja/malam hari).

Tips Memotret Light Trail

Credit Dave Banbury/ flickr.com/photos/85242090@N02

Tips untuk mendapatkan foto light trail yang bagus tentu saja harus mencari tempat yang menarik. Tentukan objek yang akan dijadikan foreground, background, framing yang akan dimasukkan ke frame foto kita nantinya. Tidak ada kamera khusus untuk mempraktekan memotret Light Trail atau lampu-lampu kendaraan di malam hari ini.

ADVERTISERS

Tempat-tempat yang cocok untuk memotret lampu kendaraan dimalam hari atau light trail adalah dimana tempat tersebut bisa melihat lampu-lampu kendaraan yang sedang lewat. Bahkan di sebrang kendaraan yang lewat jika ada gedung-gedung bertingkat atau apapun itu yang menarik bisa dijadikan background foto kita nantinya akan membuat foto light trail kita lebih menarik.

Prinsip cara memotret light trail atau lampu kendaran dimalam hari adalah shutter speed lambat untuk memungkinkan kamera merekam alur cahaya yang dihasilkan lampu kendaraan yang sedang lewat. Juga gunakan iso rendah untuk mendapatkan foto yang tajam dan mengurangi efek noise. Bermainlah dengan setingan aperture untuk mendapatkan Depth of Field atau ruang tajam yang diinginkan.

Aksesoris untuk perlengkapan memotret light trail selain tripod, filter ND jika dirasa perbedaan cahaya terang gelapnya terlalu jauh, lens hood untuk mengurangi/menghindari flare yang berasal dari cahaya di sekitar kamera. Menggunakan kabel release atau remotre shutter dan jika tidak memilikinya bisa menggunakan setingan timer kamera untuk mengurangi goncangan saat menekan tombol shuter.

Tips Memotret Light Trail

  • Waktu : timing yang tepat untuk memotret lampu-lampu kendaraan biasanya dilakukan di malam hari. Namun kita bisa mencoba waktu senja hari disaat langit masih memiliki cahaya yang berwarna.
  • Lokasi : foto light trail biasa diambil dari sisi jalan, kita bisa mencoba naik gedung/loteng bahkan bukit ataupun jembatan penyebrangan untuk memotret light trail.
  • Komposisi : yes komposisi berlaku untuk semua foto. Foto light trail pun diharuskan memiliki poin of interest. Gunakan teknik Rule of Thirds untuk mendapatkan foto light trail/lampu-lampu kendaraan yang menarik.
  • Kreatif : gunakan imajinasi dan kreatif Anda, potretlah dari berbagai posisi untuk mendapatkan foto light trail yang tidak biasa namun menghasilkan foto luar biasa.

Tulisan ini hanya tips bagaimana menghasilkan foto Light Trails, pada prakteknya Anda diperlukan untuk bereksperimen secara terus menerus. Dan perlu Anda ingat cara memotret light trail bukanlah satu hal yang sulit untuk dilakukan jika kita rajin berlatih. Selamat hunting !

Advertisement
Bagaimana Memotret Lampu-Lampu Kendaraan Di Malam Hari | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net