Teknik Memotret Dengan Kondisi Kontras Tinggi

Friday, April 12th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Artikel fotografi berikut tentang teknik memotret dalam kondisi pencahayaan yang rumit dengan kontras yang tinggi. Mungkin Anda sudah sering memotret dengan keadaan kontras tinggi, dimana perbedaan exposure yang terlalu jauh. Bayangan terlalu gelap dan langit cerah akan sangat sulit untuk menjaga agar tidak kehilangan warna dan detail di dua bagian tersebut.

Kegunaan Fitur Highlight Tone Priority

ADVERTISERS

Fotografi akan terasa mudah jika terdapat cukup cahaya dan kondisi yang ideal. Seperti pada artikel Belajar Fotografi HDR beberapa waktu yang lalu, disitu kami sampaikan bahwa kamera digital umumnya tidak memiliki dynamic range atau kemampuan kamera merekam tingkat kontras yang cukup banyak. Sehingga perlu perjuangan untuk mempertahankan detail gelap terang suatu kondisi.

Tips Memotret Dengan Kondisi Kontras Tinggi

Pada kamera DSLR Canon yang baru terdapat beberapa fitur untuk mengatasi masalah ini. Auto Lighting Optimizer dan Highlight Tone Protection terbukti sangat efektif untuk mempertahankan detail warna dari perbedaan cahaya dan kontras yang tinggi. Pada kamera Nikon fitur ini mirip dengan D-Lighting.

Manfaat fitur Auto Lighting Optimizer (ALO) pada kamera Canon adalah untuk menganalisa keadaan yang bertujuan untuk meningkatkan lowlight agar exposure lebih seimbang. Penggunaan fitur Auto Lighting Optimizer juga cukup mudah, tinggal ON/OFF kapan ingin digunakan.

Pada kamera DSLR Canon 550D memiliki pilihan pengaturan Auto Lighting Optimizer Standard dan Strong. Fitur ini bisa Anda akses melalui menu Quick Control. Meski bisa menimbulkan resiko adanya Noise, fitur ini cukup dikenal oleh para pengguna kamera Canon, karena dengan menggunakan fitur Auto Lighting Optimizer, brightness dan contrast akan disesuaikan secara otomatis.

Berbeda dengan kegunaan fitur Auto Lighting Optimizer (ALO) di kamera Canon, fitur Highlight Tone Priority berguna untuk menjaga detil dibagian terang misalnya benda berwarna putih. Contoh memotret pernikahan si Pria menggunakan jas hitam dan si Wanita menggunakan satin putih.

Kedua fitur kamera DSLR Canon Auto Lighting Optimizer (ALO) dan Highlight Tone Priority (HTP) ini tidak bisa digunakan secara bersamaan. Memang tidak terlalu terasa hasil yang didapatkan jika dibandingkan dengan hasil proses HDR, tetapi cukup membuat rentang dynamic range bertambah.

Berikut ini sedikit teknik fotografi panduan untuk mendapatkan exposure yang tepat menggunakan kamera SLR Canon di kondisi kontras yang tinggi dengan fitur Auto Lighting Optimizer (ALO) dan Highlight Tone Priority (HTP).

Cara Menggunakan Auto Lighting Optimizer (ALO)

Cara Menggunakan Auto Lighting Optimizer

Tersedia dari menu Quick Control di DSLR Canon terbaru, Anda dapat menyesuaikan kekuatan Auto Lighting Optimizer dalam mode pemotretan Creative Zone, serta mematikan itu sama sekali. Dalam mode Basic Zone, ALO diatur dengan kekuatan standar dan tidak dapat disesuaikan.

Cara Menggunakan Highlight Tone Priority (HTP)

Cara Menggunakan Highlight Tone Priority

Secara default fitur ini dinonaktifkan, Anda bisa mengaktifkan fitur Highlight Tone Priority dari menu Custom Functions.

Semoga artikel fotografi tentang Teknik Memotret Dengan Kondisi Kontras Tinggi menggunakan kamera Canon ini bisa bermanfaat dan bisa Anda praktekkan saat belajar fotografi bersama teman-teman fotografer Anda untuk Memaksimalkan Fitur Manual Kamera Digital. Selamat Mencoba

Advertisement
Teknik Memotret Dengan Kondisi Kontras Tinggi | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net