Tips Merawat Kartu Memori Kamera Digital Agar Awet

Monday, November 19th, 2012 - Tips Dan Trik
Advertisement

Hai bagaimana kabarnya ? Sebelumnya sudah kami ulas tentang merawat kamera digital. Kali ini akan membahas tips merawat kartu memori kamera digital. Karena selain kamera, memory card/kartu memori merupakan salah satu yang penting untuk fotografi. Untuk itu diperlukan perlakuan khusus untuk merawat memory card agar kartu tetap awet.

Tips Merawat Memory Card

ADVERTISERS

Tipsfotografi.net akan membagikan tips tentang bagaimana cara merawat kartu memori/memory card kamera digital agar tetap bekerja dengan baik dan tetap awet. Namun sebelumnya Anda harus tahu beberapa faktor penyebab memory card/kartu memori rusak.

Penyebab Memory Card atau Kartu Memori Rusak

  • Adanya pengaruh medan magnet yang kuat
  • Kesalahan waktu mencabut atau memasukkan kartu memory ke slot memori yang mengakibatkan terjadinya kerusakan fisik
  • Panas yang berlebih
  • Kartu memory sering dipindah-pindahkan ke perangkat lain, misalnya kartu MMC handphone, kita pasangkan ke kamera digital, dan lain-lain.
  • dsb…

Kerusakan pada kartu memori ini diistilahkan memori corrupt, ini terjadi karena rusaknya sistem file (bukan kerusakan fisik) ciri-cirinya, yaitu memorinya tidak terdeteksi, atau terdeteksi tetapi tidak bisa dibuka. Nah berikut tips merawat memory card agar tidak rusak.

Tips Merawat Kartu Memori atau Memory Card

  • Gunakan card reader untuk mentransfer foto dari kamera ke komputer. Jika cara mentransfer foto dari kamera langsung ke komputer tanpa card reader akan menguras baterai kamera dan kurang efisien. Pilih card reader yang mumpuni untuk memiliki performa kencang sehingga bisa meminimalisir waktu yang dibutuhkan.
  • Pindahkan kartu memori dengan aman. Setelah melakukan transfer foto dari kartu memori ke komputer, pastikan sebelum mencabut memory card dari card reader mengikuti proses yang aman. Bagi pengguna Windows, gunakan pilihan “safely remove hardware” atau jika Anda menggunakan OSX “eject”.
  • Perhatikan lampu indikator kamera digital Anda. Jangan mematikan kamera saat piranti Anda melakukan buffering image yang ditandai dengan menyalanya lampu indikator, karena ini bisa mengakibatkan foto hilang. Hal ini juga berlaku saat mentransfer image melalui reader. Jangan mematikan komputer atau memindahkan kartu saat lampu di reader masih menyala.
  • Hindari terkena air. Namun jika kartu memori kamera digital Anda terlanjut terkena air, biarkan saja hingga kartu memori tersebut benar-benar kering. Setelah kering cobalah untuk memindahkan fotonya menggunakan card reader.
  • Format kartu memori secara berkala. Tentu saja, lakukan hal ini setelah memindahkan semua foto di dalamnya. Memformat kartu memori kamera juga disarankan saat memakai memory card di kamera yang berbeda.
  • Perhatikan kapasitas kartu memori. Jangan memaksakan untuk memenuhi kartu memori Anda. Akan lebih baik juga jika memiliki kartu memori cadangan alias tidak mengandalkan satu kartu saja. Dan lebih baik memiliki kartu memori 4 GB dua buah dari pada memiliki satu kartu memori dengan kapasitas 8GB.
  • Gunakan software penolong jika ada file foto yang penting terhapus dengan tidak sengaja. Karenae saat ini sudah banyak software yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan foto yang terhapus baik yang gratisan ataupun berbayar.
  • Ganti kartu memori dengan yang baru. Meski usia kartu memori telah mendapat peningkatan dari waktu ke waktu, namun disarankan bagi pengguna untuk tetap mengupdate kartu memori kameranya.

Semoga tips merawat memory card atau kartu memori kamera digital ini bisa berguna. Jika ada tambahan silahkan tambahkan di fitur diskusi di bawah ini atau menggunakan menu kontak untuk mengirimkan kepada kami.

Advertisement
Tips Merawat Kartu Memori Kamera Digital Agar Awet | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net