Apasih Consumer Electronics Show CES 2013 ?

Saturday, January 12th, 2013 - Informasi
Advertisement

Satu gelaran peranti digital dan elektronik bertajuk Consumer Electronics Show (CES 2013) berlangsung di bulan ini. Memang bukan khusus pameran peranti fotografi, tapi bisa dibilang produsen-produsen besar peralatan fotografi berpartisipasi di CES 2013.

Consumer Electronics Show

ADVERTISERS

Bahkan pameran CES 2013 yang digelar pada 8 sampai 11 Januari di Las Vegas, AS, ini menjadi ajang pengenalan dan peluncuran produk-produk baru bagi para produsen peranti fotografi. Dari berita-berita yang ada, kita bisa melihat membanjirnya kamera-kamera baru yang didominasi jenis kamera saku, termasuk mirrorless dan kamera-kamera berukuran kecil lainnya.

Seperti biasanya, semua berlomba menunjukkan keunggulan dari produk masing-masing dalam hal teknologi, fitur, foto yang dihasilkan, kemudahan pengoperasian sampai desain kameranya. Namun dari semua itu, ada satu hal yang menarik dan bahkan menjadi semacam “primadona” dari produk yang ditawarkan, yakni konektivitas.

Jangankan kamera-kamera yang berbasis Android, yang tidak berbasis Android pun banyak yang menyertakan fitur Wi-Fi. Sekiranya tidak langsung terhubung ke internet,ada kamera yang menyediakan fasilitas untuk terkoneksi ke smartphone/tablet lebih dulu, baru kemudian dari situ menyebarkan hasil jepretannya ke media sosial di internet.

Konektivitas memang sudah menjadi kebutuhan. Smartphone dan tablet telah menjadi peranti nan ampuh untuk itu. Apalagi keduanya kini terus memperbaiki kualitas kameranya, serta terus mengembangkan aplikasi-aplikasi pendukungnya.

Dalam hal lensa dan kualitas gambar yang dihasilkan, kamera saku sepertinya lebih unggul dari kamera smartphone dan tablet. Namun, dalam soal konektivitas mereka jelas tertinggal. Barangkali inilah yang mendorong produsen kamera untuk ganti mengejar ketertinggalannya.

Jika mereka harus mengejar ketertinggalan, tentunya tidak hanya konektivitas, tapi juga portabilitasnya. Canon dengan produk barunya, Canon PowerShot N yang berdimensi 7.86 x 6.02 x 2.93 cm, sepertinya sudah memulai pengejaran itu, walau masih dalam tahap awal.

Selain Canon, sebut saja Sony sebagai produsen kamara yang besar, di ajang CES 2013 juga telah mengumukan 3 Kamera Sony Cyber-Shot W-series sekaligus, yaitu Sony Cyber-Shot WX80, Sony Cyber-Shot W730 dan Sony Cyber-Shot W710.

Fujifilm juga tak kalah ketinggalan, di CES 2013 produsen kamera Fuji juga mengumumkan Kamera Fujifilm X100s dan Fujifilm X20. Dan Fujifilm X100s diklaim sebagai kamera tercepat di dunia karena memiliki AF speed 0,08 detik dengan built-in Phase Detection.

Produsen Polaroid sebagai produsen kamera mereka juga merilis kamera baru dengan seri Polaroid IM1836 kamera android dengan Mirrorless Interchangeable Lens. Perusahaan Polaroid mengklaim bahwa kamera Polaroid iM1836 merupakan kamera Android pertama yang memiliki mirrorless interchangeable lens.

Apakah Anda sudah memikirkan ingin memiliki kamera yang mana untuk belajar fotografi nanti ? Happy Weekend !

Advertisement
Apasih Consumer Electronics Show CES 2013 ? | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net