Cara Memegang Kamera DSLR Yang Benar

Thursday, January 17th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Mungkin bagi sebagian orang posisi cara memegang kamera DSLR tidak terlalu dipikirkan. Namun bagi yang baru saja memegang kamera digital DSLR  untuk belajar fotografi akan sedikit kaku. Dan perlu diketahui, posisi memegang kamera menjadi salah satu faktor yang menentukan ketajaman dan fokus sebuah hasil foto.

Tips Memegang Kamera Yang Benar

ADVERTISERS

Goncangan kamera biasanya disebabkan cara memegang kamera serta posisi tubuh yang salah ketika menekan tombol shutter kamera. Pada prinsipnya, kamera didisain untuk dijepretkan menggunakan telunjuk tangan kanan, bukan dengan jari lain atau bahkan dengan tangan kiri.

Kamera pada umumnya dirancang bukan untuk orang kidal, meski sekarang sudah ada kamera yang diproduksi bagi fotografer kidal, tetapi jumlahnya sangat terbatas dan sudah tentu harganya mahal. Untuk itu cara memegang kamera juga bisa leluasa untuk menggunakan tangan kanan mengontol kamera dan tangan kiri untuk mengatur fokus juga panjang fokus (zoom) serta untuk menahan beban dari kamera agar pegangan menjadi kokoh.

Memang tidak ada aturan baku cara memegang kamera yang benar itu seperti apa. Bahkan cara memegang kamera tergantung kebiasaan masing-masing fotografer. Namun, posisi memegang kamera digital yang benar bisa membantu mengurangi dan mencegah terjadinya goncangan kamera.

Mempelajari bagaimana posisi memegang kamera DSLR yang benar sangat perlu sekali untuk menghasilkan foto yang bagus. Berikut ini beberapa cara memegang kamera yang bisa Anda praktekan saat memotret. Dan jangan lupa dengan satu hal yang penting bahwa strap (gantungan) kamera pastikan selalu tergantung dileher, ini untuk meminimalisir jika kamera lepas agar tidak jatuh.

Teknik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar

1. Siku Menekan Tubuh, Jaga kamera dekat dengan tubuh kalian saat memotret

Posisi Memegang Kamera_Sikut Menekan Tubuh2. Membuat Tumpuan Lengan Kiri
Membuat Tumpuan Lengan Kiri_Posisi Memegang Kamera3. Tumpuan Kedua Siku, Tekuk siku Mendekat ke Sisi Tubuh kalian
Posisi Memegang Kamera_Tumpuan Kedua Sikut4. Memasang Kuda-kuda dengan melebarkan kaki untuk menambah kestabilan
Posisi Memegang Kamera_Memasang Kuda-kuda5. Gunakan Tumpuan Kaki Saat Memotret Pada Posisi Rendah Atau Jongkok
Posisi Memegang Kamera_Gunakan Tumpuan Kaki6. Gunakan Benda Di Sekitar Untuk Menambah Kestabilan, Carilah tempat bersandar
Posisi Memegang Kamera_Gunakan Benda Di Sekitar7. Memegang Kamera Pada Posisi Tiarap
Memegang Kamera Pada Posisi Tiarap8. Pastikan untuk tidak menghalangi lensa atau flash

Untuk menambah esensial dan nilai seni ketika memotret, gunakan gaya memotret sesuka hatimu :). Tapi harus diingat, posisi memegang kamera digital yang benar bisa membantu kalian meminimalisir atau bahkan mencegah terjadinya goncangan kamera misalkan saja memotret dengan teknik zooming dalam fotografi. Selamat mencoba

Advertisement
Cara Memegang Kamera DSLR Yang Benar | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net