3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Komposisi

Friday, February 22nd, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Selamat pagi pembaca tipsfotografi.net. Memang teknik fotografi itu penting, bahkan puenting buwanget. Tapi…dengan menguasai teknik fotografi saja belum cukup. Misal kita bisa memotret dengan penguasaan bagus, tapi kalau hasil fotonya tidak memiliki komposisi foto tersebut sudah tentu tidak menarik pemirsa.

ADVERTISERS

Setuju tidak ? kalau setuju yuk lanjut baca tips fotografi tentang apa saja yang harus diperhatikan sebelum membuat komposisi fotografi itu sendiri. Sebelum lebih jauh membahasnya, penulis coba mengingat apa itu komposisi, baca artikel berjudul Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi.

Dalam artikel fotografi itu disebutkan, komposisi dalam fotografi adalah menyusun elemen-elemen menjadi satu foto. Elemen sendiri ada beberapa jenis, misalnya garis, warna, bentuk, pattern, gelap terang dan lain-lain.

Nah setelah memahami apa itu komposisi dan mengerti teknik fotografi, sekarang Anda harus tahu, ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum membuat komposisi dalam fotografi. 3 hal utama ini sangat penting untuk modal awal membuat komposisi foto agar lebih menarik dilihat pemirsa.

3 Hal Utama Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Komposisi

1. Point of Interest atau Subjek Foto

Biasa disebut POI atau Point of Interest atau subjek foto atau titik fokal menjadi modal awal membuat komposisi. Apa itu POI ? baca artikel tentang Definisi Point of Interest yang sudah kami tulis terlebih dahulu. Anda harus tahu, foto tanpa memiliki POI akan membuat bingung mata pemirsa mengartikan maksud dari foto tersebut. Memang, tidak semua foto perlu subjek, contohnya foto abstrak. Tapi sebagian besar foto membutuhkan subjek.

Contoh Point of Interest atau Subjek Foto Foto oleh yury prokopenko

Tujuan utama memberikan subjek foto itu agar pemirsa jangan sampai bersusah payah menemukan arti dari hasil foto Anda. Salah satu cara supaya jelas adalah dengan membuat ukuran subjek lebih besar atau menonjol dibandingkan dengan orang atau benda yang lain.

Selain subjek foto atau POI, lengkapi juga komposisi foto Anda dengan rumus subjek-predikat-objek. Contoh komposisi foto misalnya seorang nelayan di pinggir laut sedang duduk sambil ngopi dengan latar belakang lautan yang terlihat biru.

2. Foreground dan Background

Setelah subjek foto Anda juga harus memperhatikan foreground dan background hanya sebagai pelengkap. Jangan sampai background dan foreground memiliki kesan terlalu kuat yang dapat mengalihkan perhatian pemirsa foto Anda. Misalnya saja Anda memotret seorang model cantik, kemudian lupa memperhatikan ada pohon di belakangnya, alhasil foto model yang ada pohon dibelakang kepala akan menjadi perhatian tersendiri. Kecuali jika melakukan pemotretan dengan lensa bukaan diafragma super lebar.

Foreground dan Background Untuk FotografiFoto oleh studiohappymoment

Begitu juga dengan foreground atau sesuatu yang ada didepan subjek bisa memberikan kesan dimensi pada foto Anda. Foreground bisa menguatkan foto akan tetapi juga bisa mengacaukan komposisi foto Anda jika tidak dipilih dan ditempatkan dengan baik. Contoh foreground yang sering digunakan misalnya dedaunan, bingkai seperti pintu, jendela.

3. Memilih Sudut Pandang

Yang ketiga yang menjadil hal utama untuk membuat komposisi adalah pentingnya memilih sudut pandang. Memilih posisi memotret dan lensa yang digunakan akan membuat perspektif yang berbeda. Imajinasikan dan tentukan dulu hasil foto yang ingin didapat, baru memilih lensa dan posisi yang tepat.

Sudut Pandang Fotografi Foto oleh yury prokopenko

Dengan kata lain, jangan diam di tempat saja saat tiba di lokasi, carilah sudut pandang dan juga gunakan lensa dengan jarak fokus yang bervariasi. Baca juga artikel tentang Belajar Memahami Perspektif dalam Fotografi.

Semoga dengan 3 Kunci Komposisi Fotografi ini bisa membantu Anda untuk belajar fotografi demi menghasilkan foto yang bagus di mata pemirsa. Salam fotografi.

Advertisement
3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Komposisi | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net