Fujifilm Akan Rilis Kamera Mirrorless Dengan Sensor CMOS X-Trans 2/3-inch

Monday, April 22nd, 2013 - Kamera
Advertisement

Perusahaan kamera Fujifilm dikabarkan akan merilis kamera mirrorless dengan sensor CMOS X-Trans 2/3-inch. Apabila rumor ini benar, maka kamera mirrorless Fujifilm yang akan dirilis ini akan menjadi kamera X-Series interchangeable-lens (ILC) perdana yang menampilkan ukuran sensor lebih kecil dari tipe sebelumnya yang telah digunakan pada Fujifilm X-20.

Kamera Mirrorless Entry Level Baru Fujifilm

ADVERTISERS

Sebagai informasi tambahan, kamera Mirrorless Interchange-able Lens (MILC) saat ini sedang populer digunakan. selain praktis, hasil gambar yang dihasilkan pun tidak kalah jauh dengan yang dihasilkan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) dan menjadi pilihan kamera untuk belajar teknik fotografi dengan gampang karena ukurannya.

Perbedaan mendasar dari kamera Mirrorless Interchange-able Lens dengan kamera DSLR adalah tidak adanya cermin sebagai penghantar gambar ke lubang intip alias view finder yang biasa disebut mirror. Dimana penggunaan sensor pada kamera digital bisa langsung mengirim gambar di layar penampang. Sehingga kamera mirrorless bisa memiliki dimensi yang lebih kecil daripada DSLR.

Kembali kerumor kamera mirrorless entry level baru dari Fujifilm tersebut, menurut informasi yang dikutip dari PetaPixel sensor kamera mirrorles Fujifilm ini akan memiliki crop factor 3.6x. Yang berarti, jika dipasangkan dengan lensa XF 35mm Fujifilm, maka maka panjang focalnya setara dengan 126mm.

Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana yang akan terlihat pada X-Mount kamera Fujifilm terbaru, inilah gambaran disampaikan oleh Patrick over dari Fuji Rumors :

Kamera Mirrorless Terbaru Fujifilm

Seperti yang Anda lihat, sensor secara signifikan lebih kecil dari sensor APS-C saat ini yang digunakan oleh kamera mirrorless X-Series. 2/3-sensor akan memiliki crop factor 3.6x dari, lebih dari dua kali lipat crop factor 1.5x dari APS-C sensor Fujifilm.

Sedangkan informasi harga kamera mirrorless Fujifilm terbaru ini, menurut kabar yang diukutip dari PhotoRumors, harga kamera di Jepang sekitar 70.000 yen atau sekitar Rp 6,8 juta (1 JPY= Rp 97,2568). Pada review lensa sebelumnya, Fujifilm juga merilis lensa terbaru Fujifilm Fujinon XF 55-200mm f/3.5-4.8R LM OIS seharga $699.

Advertisement
Fujifilm Akan Rilis Kamera Mirrorless Dengan Sensor CMOS X-Trans 2/3-inch | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net