Tips Menghindari Kesalahan Saat Pemotretan

Saturday, December 8th, 2012 - Artikel
Advertisement

Ada pepatah manusia tidak luput dari kesalahan, ada juga yang bilang, orang pintar akan belajar dari kesalahan yang terjadi baik dari kesalahan diri sendiri maupun kesalahan orang lain. Nah dalam artikel tips fotografi kali ini akan kami ulas tips menghindari kesalahan fotografi serta beberapa contoh kesalahan dalam memotret.

Ohya, Anda juga mengikuti info blog fotografi ini di akun twitter @tipsmemotret juga di facebook tipsmemotret. Dan jika Anda merasakan kegunaan artikel-artikel di blog ini, beritahukanlah keberadaan blog ini keteman-teman yang lainnya dengan share di facebook ataupun twitter.

ADVERTISERS

OK, kembali ke topik. Ada pepatah aturan itu untuk dilanggar. Nah seperti itulah di dunia fotografi. Terkadang saat kita melanggar aturan juga bisa mendapatkan foto yang bagus. Misalkan saja kita menempatkan garis horison di tengah-tengah frame foto, padahal di aturan Rule Of Third Fotografi disarankan untuk menempatkan garis horison di bagian 2/3 foto.

Jika kita menempatkan horison di tengah-tengah namun masih ada refleksi awan misalnya, foto kita masih akan tetap kelihatan bagus. Percaya atau tidak banyak orang yang sudah mempraktekkan hal ini kok. Apakah hal yang sama pernah terjadi pada Anda, melakukan kesalahan namun hasilnya masih bagus ?

Kembali dengan pepatah belajar dari kesalahan, coba jangan pernah menganggap foto yang pernah kita hasilkan adalah foto yang tak luput dari kesalahan. Eksplorasi sebuah scene foto Anda lebih dalam lagi, dan jangan pernah menganggap foto sebelumnya yang Anda ambil adalah yang terbaik.

Pengalaman membuktikan bahwa Kita akan mendapatkan foto yang lebih bagus lagi hanya dengan meluangkan waktu menemukan dan mencoba semua prespektif yang ditawarkan oleh sebuah obyek.

Kesalahan Dalam Fotografi Namun Menjadi Foto Bagus

Foto Blur
Siapa bilang foto blur itu jelek, bahkan ada komunitas yang hanya fokus untuk belajar mendapatkan foto-foto blur yang bagus. Secara teori foto blur disebabkan karena gerakan kamera saat memotret terlebih pengaturan speed yang lambat.

Contoh Foto Blur

credit foto by bichxa : http://www.flickr.com/photos/bichxa/3506067222/

Masih ingat artikel cara mendapatkan foto yang tajam kan ? di artikel tersebut disebutkan salah satu cara untuk mendapatkan foto tajam adalah dengan berusaha sebaik mungkin agar kamera tidak bergerak. Pernah melihat foto penari balet yang hasilnya blur ? gimana ? tetap keren bukan ?

Lensa Wide Untuk Foto Portrait
Ada yang bilang foto portrait menggunakan lensa wide haram hukumnya :). Tak perlu kuatir akan hal itu. Banyak foto portrait yang menggunakan lensa wide bahkan lensa fish eye yang mampu mendapatkan efek distorsi yang diakibatkan oleh focal length pendek bisa menghasilkan foto bagus kok.

Gari Horizon Di Tengah Frame
Mengacu rule oh third, saat memotret landscap horison ditempatkan di 2/3 bagian frame foto. Namun coba lihat foto di bawah ini. Horison di tengah frame juga tidak kalah cantiknya bukan.

Ok aturan untuk dilanggar ada benarnya, namun tetap menggunakan seni untuk melanggar aturan tersebut. Selamat berkaya, salam fotografi !

Advertisement
Tips Menghindari Kesalahan Saat Pemotretan | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net