Tips Ide Kreatif Dalam Fotografi

Tuesday, March 5th, 2013 - Artikel
Advertisement

Artikel kali akan membahas tentang ide kreatif dan unik untuk fotografi. Perkembangan teknologi digital dalam dunia fotografi semakin mengundang banyak orang jatuh hati pada kegiatan belajar fotografi, dari yang sekadar coba-coba, menjadikannya sebagai gaya hidup sampai yang memang menjadi panggilan hati. Hal yang menarik lagi adalah menjadikan internet sebagai media berbagi (sharing) yang sungguh efektif. Situs-situs fotografi, baik komunitas maupun personal, hampir setiap hari menampilkan karya-karya foto terbaru.

 Contoh Ide Kretif Fotografi

ADVERTISERS

Dari internet dapat kita bisa belajar fotografi dari karya-karya bergabai fotografer (pemula sampai master) dan dari beragam jenis fotografi, serta dari fotografi murni hingga manipulasi foto. Di saat-saat senggang kita juga bisa mencoba pelajari satu per satu yang menarik baik dari segi teknis maupun nonteknis.

Dalam belajar fotografi dslr kita harus terus mencoba mengikuti perkembangan trend warna, efek komputer, lighting, dan sebagainya. Besar rasa keinginan kita untuk mendalami berbagai jenis fotografi yang ada. Namun hal yang sangat penting adalah bagaimana fotografi mampu mengundang rasa dan bisa memanjakan mata, entah itu foto jurnalistik, fashion, human interest, landscape atau yang lain.

Belajar Fotografi dari Keterbatasan

Banyak karya foto yang mampu menarik perhatian kita, dan membuat kita berdecak kagum. Ide-ide segar kerap kita temui dan menjadi masukan yang berharga. Akan tetapi, tak sedikit pula di antara foto-foto yang kita lihat ternyata hanya menjadi pengikut dari yang ada sebelumnya.

Terus terang, pada awalnya pernah timbul rasa iri dalam diri penulis, ketika melihat karya-karya (terutama model atau fashion) yang luar biasa. Pada kesempatan berikutnya kita harus mengetahui bahwa ternyata untuk melakukanyanya dibutuhkan team work yang solid, mulai dari tim kreatif, alat yang memadai, make-up, wardrobe yang mahal, fashion stylish, sampai digital imaging-nya.

Dengan keterbatasan yang menyangkut dana, alat sekaligus waktu. Bayangkan, dari pemotretan sampai proses digital imaging, kita harus melakukannya sendiri, kecuali urusan make up dan peminjaman wardrobe. Ini
pun harus kita sesuaikan dengan dana yang kita punyai.

Kadang-kadang keterbatasan semacam itu terasa membatasi imajinasi karya yang akan kita buat. Namun sebaliknya, hal yang sama justru memaksa kita harus menemukan trik-trik baru untuk mengatasinya. Satu keyakinan bahwa kita harus mampu melakukannya sendiri, dengan segala cara dan dengan biaya yang serendah mungkin, untuk memujudkan ide kita.

Ide Kreatif Dalam Fotografi

Lantas, setelah menjalani semua itu, muncul pertanyaan dalam benak kita: “Apa yang membedakan kita dengan yang lain?” Pertanyaan ini harus selalu tersimpan dalam otak kita. Kita harus menyadari betapa banyak keterbatasan kita dalam membuat suatu karya foto. Bagaimana pun, kita harus coba terus mencari-cari kelebihan dari setiap kelemahan- kelemahan yang kita miliki. Sampai pada suatu saat kita bisa menemukan jawabannya, yaitu “ide kreatif”.

Ide kreatif dalam fotografi harus menjadi patokan. Sebuah ide terkadang bisa kita temukan dari sesuatu yang sederhana. Namun, kita juga harus berpikir sedikit lebih keras, untuk mencari ide-ide baru yang mungkin tidak terpikirkan orang lain. Kiranya itulah yang membuat sesuatu lain dari yang lain.

Tantangan berikutnya adalah bagaimana mewujudkan karya foto yang terlihat berkelas, dan tentunya “nendang”. Kita harus bisa memastikan setiap detil baik dari segi teknis, non teknismaupun segi isi foto. Yang berat biasanya pemilihan elemen-elemen pendukung isi foto.

Tips Ide Kreatif Dalam Fotografi

  • Ketika ide atau konsep foto sudah di tangan, cobalah untuk selalu melakukan riset kecil-kecilan, untuk setidaknya bisa mendapatkan kesimpulan sementara bahwa gagasan tersebut bisa dilaksanakan.
  • Sebelum mengeksekusi, dalam hal ini melakukan pemotretan, lakukan persiapan yang matang sampai melihat ke detil-detilnya. Misalnya, bila hendak memotret model, pelajari seperti apa karakter si model, lalu make up, baju dan elemen-elemen semacam apa yang tepat untuk diterapkan.
  • Masih dalam rangka persiapan, jangan lupa memikirkan segi teknis fotografinya, sekaligus merencanakan apakah hasilnya akan pure atau perlu digital imaging yang agak signifikan. Yang disebut terakhir ini mungkin untuk mengatasi keterbatasan dana.
  • Kebosanan terhadap sesuatu yang lazim terkadang menghasilkan sesuatu yang berbeda, tidak biasa. Misalnya, model tidak harus dipotret di tempat-tempat bersih, mewah dan sejenisnya, tapi bisa saja dipotret di toilet umum, perempatan jalan, bahkan kuburan.

Dengan adanya era digital saat ini dapat memberikan keuntungan tersediri untuk membantu ide kreatif dan unik fotografi kita. Misalnya, ada sebuah ide, tapi membutuhkan pembiayaan besar berkaitan dengan lokasi riil. Padahal, kita tak punya dana sebesar itu. Untuk mewujudkannya, mau tak mau kita harus mengolahnya di komputer dengan segala kreativitas yang kita miliki. Salam fotografi

Advertisement
Tips Ide Kreatif Dalam Fotografi | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net