Memahami Istilah Data Exif atau Metadata Foto

Wednesday, November 14th, 2012 - Artikel
Advertisement

Istilah fotografi Data EXIF merupakan kependekan dari Exchangeable Image File, dan EXIF data foto berisi informasi pada sebuah foto yang diberikan oleh kamera digital. Jadi arti/definisi Data Exif atau Metadata Foto kurang lebih berarti data yang merekam informasi penting mengenai sebuah file.

Data Exif FotoKamera akan secara otomatis menyimpan data EXIF dari setiap foto apabila pemotretn dilakukan dengan kamera digital yang menggunakan format JPEG atau TIFF dan data ini akan ‘menempel’ pada setiap foto. Data EXIF akan menyimpan informasi tentang exposure setting yang kita gunakan saat melakukan pemotretan.

ADVERTISERS

Selain data kamera yang digunakan, Data Exif atau Metadata Foto juga berisi data-data lain yang terkait data eksposur seperti setingan Shutter Speed, ISO, Aperture, white balance, metering, tanggal&jam pemotretan, lensa yang digunakan dll, serta melihat jumlah shutter count kamera Anda. Dan meta data ini tidak bisa Anda dapatkan dari foto hasil kamera analog, jadi berysyukurlah bagi Anda yang sudah berada di era digital :).

Cara Melihat Data Exif / Metadata Foto

  • Jika ingin melihat exif data di kamera, tinggal pencet info nanti akan keluar informasi tentang Shutter Speed, Aperture, tanggal dan waktu pemotretan dan lain-lain.
  • Jika anda menggunakan OS Windows, klik kanan file foto anda lalu klik properties lalu klik summary.
  • Jika anda menggunakan OS-X Mac, klik kanan file foto lalu klik get info.
  • Melihat metadata foto menggunakan software photoshop, atau software editing foto lainnya seperti view & capture NX2, Lightroom dll.

Kegunaan Data Exif atau Metadata Foto

Kegunaan Data EXIF/metadata ini sangat berguna untuk melakukan evaluasi pada foto yang kita buat. Meta data foto ini juga dapat digunakan untuk memahami pengaruh yang disebabkan oleh perbedaan exposure setting terhadap foto yang dihasilkan. Dengan mempelajari pengaruh/perbedaan setting kamera pada data exif, Anda dapat menggunakan setting terbaik pada pemotretan selanjutnya.

Selain kegunaan exif data foto di atas, kita juga bisa belajar dari karya fotogrer lain dengan melihat metadata-nya, misalnya anda berkunjung ke situs sharing foto seperti Flickr.com dan menjumpai sebuah foto yang Anda rasa bagus dan Anda ingin tahu bagaimana cara foto tadi diambil, kita bisa melihat data EXIF-nya secara lengkap.

Bahkan untuk kamera digital yang sudah ada fitur GPS nya kita juga bisa mendapatkan informasi dimana lokasi pemotretan dari data exif/metadatanya. Ohya tahu Roy Suryo ? yang konon pakar telematika itu ? nah si OOM ini juga menggunakan metadata untuk mengecek sebuah keaslian sebuah foto yang dikasuskan. Selamat mencoba !

Advertisement
Memahami Istilah Data Exif atau Metadata Foto | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net