Tips Fotografi Memotret Siluet atau Silhouette Photography

Wednesday, February 27th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Masih ingat artikel fotografi tentang memahami teknik fotografi untuk pemula beberapa waktu yang lalu ? disitu dijelaskan teknik memotret siluet dengan menempatkan sumber cahaya berada tepat dibalik objek. Nah pada artikel tips fotografi siluet atau biasa disebut Silhouette Photography akan menjelaskan detail dari cara memotret siluet itu sendiri.

Contoh Foto Siluet Yang Bagus Contoh foto siluet oleh walidgallery

Tujuan memotret siluet salah satunya adalah ingin menghilangkan detail dan tekstur subjek menjadi bentuk yang sederhana dengan latar belakang terang. Pengaturan kecepatan dan diafragma memotret siluet tergantung dari cahaya yang ada waktu memotretan berlangsung. Dibutuhkan ketepatan dalam mengatur kecepatan dan diafragma sehingga objek yang direkam memiliki kontur dan ketajaman yang tepat.

Dibanyak foto, siluet mampu membuat foto yang menakjubkan. Dengan menampilkan foto dengan subjek berwarna hitam jauh dari gangguan dan campuran detail warna lainnya. Foto siluet yang paling populer adalah dengan menggunakan latar belakang atau background yang berwarna cerah. Contohnya sunrise, sunset yang mampu memberikan pencahayaan yang sangat baik.

Kunci fotografi siluet atau Silhouette Photography adalah metering dan eksposur. Lewat artikel tips fotografi siluet ini penulis mengajak Anda untuk mempelajari bagaimana mengontol metering/eksposure secara efektif sehingga bisa mendapatkan foto siluet yang indah.

Tips Memotret Siluet (Silhouette)

Metering Ke Background

Tips dasar dalam pengambilan foto siluet adalah menempatkan obyek utama di depan sumber cahaya, lalu metering (mengatur exposure) ke arah background, bukan ke obyek utama. Dengan begini, pencahayaan akan terlihat normal (tidak berlebih) pada background, namun akan terlihat sangat gelap pada obyek utama.

Fokus Ke Arah Subjek

Ketika Anda sudah melakukan metering/mengukur cahaya ke arah sumber cahaya/background, tips membuat foto siluet selanjutnya jangan lupa fokus tetap harus di subjek utama. Sah saja Anda melakukan fokusing pada objek lainnya, namun harus diingat foto siluet yang baik harus menunjukkan subjek yang tajam dan memiliki detail yang kuat. Gunakan seting kamera mode Manual untuk mempermudah melakukan metering ke background. Satu lagi yang harus di ingat metering berbeda dengan fokus, baca Memahami Arti dan Fungsi Metering Kamera Digital.

Pilih obyek yang mudah dikenali

Hampir semua objek dapat dibuat menjadi siluet, namun beberapa lebih baik daripada yang lain. Pilih sesuatu dengan bentuk yang kuat dan dikenali saat ingin membuat foto siluet yang bagus dan menarik untuk dilihat. Hal ini penting karena pada foto siluet, obyek tersebut hanya akan terlihat seperti bidang dua dimensi yang berwarna gelap.

Matikan lampu flash

Siluet adalah cara yang indah untuk menyampaikan drama, misteri, emosi dan mood untuk pemirsa foto. Karena itu kita menginginkan obyek utama terlihat gelap, maka lampu flash harus dimatikan.

Atur Komposisi

Lakukan framing dan komposisi pada jepretan Anda dengan menempatkannya di depan view yang menarik, tetapi dengan background yang terang. Background yang menarik bisa berupa langit tanpa awan yang cerah dengan pengaturan matahari. Posisikan cahaya paling terang di belakang subyek sehingga terkesan Anda sedang menyembunyikan sumber cahaya tersebut.

Experience Makes Us Expert

Seperti kata pepatah pengalaman akan membuat kita menjadi ahli, untuk itu jangan takut mencoba. Cobalah kombinasi aperture dan shutter speed yang berbeda jika anda gagal di kesempatan pertama. Cobalah juga bereksperimen dengan obyek dan lingkungan anda, jangan hanya terpaku pada sunset dan sunrise, karena foto siluet bisa dihasilkan dimanapun.

Semoga artikel fotografi tentang tips membuat foto siluet ini berguna bagi Anda yang ingin belajar fotografi lebih jauh. Selamat mencoba dan jangan takut untuk bereksperimen.

Advertisement
Tips Fotografi Memotret Siluet atau Silhouette Photography | Lensa Kita | 4.5