Teknik Fotografi Memotret Asap yang Menarik

Saturday, April 6th, 2013 - Photoshop, Tips Dan Trik
Advertisement

Kali ini tipsfotografi.net akan berbagi bagaimana cara memotret pola asap yang menarik. Untuk teknik fotografi memotret asap, sudah tentu kita memerlukan beberapa bahan yang tepat untuk mendapatkan asap yang menarik. Selain bahan tersebut, untuk mendapatkan pola asap yang menarik, fotografi asap harus dilakukan di dalam ruangan.

ADVERTISERS

Apa saja bahan dan peralatan untuk memotret asap ? ada beberapa bahan yang bisa mengeluarkan asap dengan baik, sebut saja dupa, obay nyamuk bakar. Selain itu masih ada banyak benda disekitar kita yang dapat menghasilkan asap, misalnya asap rokok yang mudah dijumpai. Masing-masing sumber asap itu akan menghasilkan karakter asap yang berbeda-beda. Tinggal kita mau pilih karakter asap seperti apakah yang ingin kita hasilkan.

Setelah menentukan sumber asap, kita harus menyiapkan sebuah background hitam. Kita tidak perlu membutuhkan background yang terlalu besar karena teknik memotret asap bisa dilakukan dengan sangat dekat. Karena asap adalah sesuatu yang tipis, background berwarna gelap sangat diperlukan untuk mempermudah menangkap pergerakan asapnya. Anda bisa gunakan kain hitam, kertas ataupun lainnya yang berwarna gelap.

Sumber asap sudah, background hitam sebagai peralatan tambahan memotret asap juga sudah. Selanjutnya kita siapkan kamera dan sebuah lampu buatan yang bisa diatur posisinya. Bisa berupa lampu TL, lampu belajar, lampu LED ataupun flash. Fungsi flash di sini untuk mempertegas bentuk asap, sekaligus ‘membekukannya’ (freeze), sehingga asap yang terus bergerak itu bisa tertangkap dalam frame dengan baik. Serta tripod untuk memudahkan memotret.

Tips Memotret Asap Rokok

Tips Memotret Asap

Setelah semua peralatan yang kita butuhkan telah siap, mari mulai bereksperimen dengan teknik memotret asap.

  • Pasang kamera pada tripod, kira-kira pada ketinggian yang tepat, di posisi yang benar dalam kaitannya dengan background warna gelap yang telah disiapkan tadi. Ketinggian akan berubah sedikit demi sedikit karena dupa yang terbakar akan semakin memendek.
  • Setelah siap menyalakan dupa. Anda akan memiliki banyak waktu, jangan terburu-buru, tapi periksalah bahwa cahaya dari flash atau lampu jatuh dengan tepat di atas ujung dupa dan kekuatan cahaya lampu flash (jika menggunakan flash) yang tepat.
  • Pengaturan kamera untuk memotret asap gunakan fokus manual, pilihan kualitas filr RAW, pilih ISO rendah (100 atau 200) dan mulailah dengan aperture pertengahan (f/8) untuk mendapatkan ruang tajam yang lebar, atur shutter speed antara 1/125 atau 1/200. Jika menggunakan flash, shutter speed sesuaikan dengan flash sync speed kamera Anda.

Tidak ada cara yang benar atau salah dalam teknik fotografi memotret asap. Kita hanya perlu mencari pola asap yang menarik dan teruslah mengambil gambar sampai menemukan gambar yang benar-benar bagus. Anda bisa meniup dengan lembut atau menahan asap untuk mengarahkan asap dan mengubah bentuknya menjadi menjadi sesuatu yang lebih menarik.

Teknik Mewarnai Foto Asap Dengan Photoshop

Setelah foto kita dapatkan, langkah terakhir yang akan kita lakukan adalah proses membuat asap menjadi berwarna dengan melakukan editing sehingga menjadi lebih menarik. Dengan background warna hitam, editing menjadi lebih mudah.

Teknik Mewarnai Foto Asap Dengan Photoshop

  • Buka foto asap menggunakan adobe photoshop, lakukan duplicate layer terlebih dahulu.
  • Agar foto asap menjadi lebih terang, anda bisa menggunakan fitur levels dengan cara klik menu image > adjusments > levels, atau dengan shortcut keyboard CTRL+L
  • Kemudian pergi ke Image > Adjustment > Invert. Background yang tadinya berwarna hitam akan berubah menjadi warna putih. Dan asap yang tadinya berwarna putih/bluish akan ikut berubah pula.
  • Untuk proses mewarnai foto asap, gunakan fitur Hue/saturation. Klik menu image > adjusments > Hue/Saturation. Geser Hue dan Saturation untuk mendapatkan warna asap yang diinginkan.
  • Untuk membuat warna foto asap berbeda-beda atau seperti warna pelangi, kita bisa menggunakan fitur gradient, dengan cara klik menu Layer > New fill layer > Gradient. Dan gunakan blanding layer COLOR.

Kreatifitas menjadi kata kunci memotret asap, terus menerus belajar teknik fotografi untuk menghasilkan sesuatu yang menarik. Alat tidak menjadi kendala sejauh kita bisa mengoptimalkan apa yang kita miliki. Baca juga Cara Mudah Membuat Grid Spots atau Snoot Untuk Perlengkapan Strobist.

Advertisement
Teknik Fotografi Memotret Asap yang Menarik | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net