5 Komposisi Foto Untuk Mendapatkan Foto Yang Baik

Friday, June 16th, 2017 - Tips Dan Trik
Advertisement

Sejak kami memutuskan untuk mulai belajar fotografi dan berbagi di tipsfotografi.net, kami selalu mencari katalog ide komposisi fotografi yang bagus. Ketika kita sudah memahami fitur dari kamera yang kita miliki, kita akan semakin mudah untuk membuat komposisi foto yang lebih bagus.

Baca juga bagaimana memahami Komposisi dan Elemen Foto Yang Baik

ADVERTISERS

Seperti yang dikutip oleh petapixel.com, konon katanya buku fotografi tentang komposisi yang terbaik untuk yang baru belajar fotografi adalah karangan Michael Freeman dengan judul “The Photographer’s Eye”. Buku tersebut mengulas dengan detail tentang elemen dan komposisi foto.

Di situs tersebut juga menjelaskan setelah membaca buku The Photographer’s Eye tentang belajar komposisi foto bisa menemukan contoh komposisi foto yang bagus serta bisa dengan mudah memahami bagaimana membuat komposisi foto dengan detail elemen yang dapat membuat foto menjadi bagus.

Berikut ini ada beberapa contoh komposisi fotografi untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

5 Komposisi Foto untuk Mendapatkan Foto Yang Bagus.

1. Edge-Cut Sun
Contoh Komposisi Foto Dengan Flare Matahari

Memiliki foto yang bagian pinggirnya ketutup oleh pantulan sinar matahari atau memiliki foto yang memiliki elemen garis/diagonal yang ketutup oleh pantulan cahaya matahari belum tentu terlihat jelek. Bahkan keberadaan flare bisa membuat foto lebih bagus. Baca juga tips fotografi bagaimana membuat foto seperti fotografer pro.

2. Dark Figure and Background
Contoh Komposisi Foto Siluet

Dengan teknik memanfaatkan cahaya matahari kita juga bisa mendapatkan foto siluet dengan komposisi latar belakang pemandangan yang keren seperti contoh foto siluet di atas.

3. Big Sky
Contoh Komposisi Foto Awan

Memotret dengan elemen awan/langit adalah salah satu foto yang menyenangkan. Baik 2/3 bagian ataupun 1/3 bagian foto awan tetap enak dilihat.

4. Separate ShapesContoh Komposisi Foto Dengan Bentuk Yang Berbeda

Jika memotret dengan elemen banyak benda yang bentuknya tidak sama, aturlah posisi benda tersebut agar seimbang.

5. Light and Shadow Contrast
Contoh Komposisi Foto Dengan Kontras Cahaya dan Bayangan

Menciptakan kontras yang kuat antara cahaya dan gelap, menggunakan lampu dan bayangan.

Foto yang mempunyai komposisi kurang pas dapat membuat subjek yang luar biasa terlihat biasa-biasa saja, tetapi sebaliknya, dengan subjek yang biasa-biasa saja akan terlihat istimewa dengan komposisi yang baik dan seimbang.

Oh satu lagi, topik komposisi foto sudah beberapa kali kami bahas di tipfotografi.net. Anda bisa melihatnya dengan mengetikkan kata komposisi di kotak pencarian/search yang berada di sebelah kanan dan akan ada beberapa artikel mengenai komposisi fotografi yang bisa anda baca.

Advertisement
5 Komposisi Foto Untuk Mendapatkan Foto Yang Baik | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net