Teknik Zooming dalam Fotografi

Monday, January 14th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Ok kita lanjut belajar fotografi kali ini tentang teknik zooming dalam fotografi. Zooming merupakan teknik foto yang berguna untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa pada saat eksposure (pemotretan). Sudah tentu perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom misal lensa kita 18-55.

Efek foto yang menggunakan teknik zooming akan mendapatkan foto yang terkesan bergerak menuju suatu titik. Hasil foto zooming tidak sama seperti hasil foto menggunakan teknik membuat foto bokeh. Meski kedua teknik tersebut sama-sama memfokuskan pada obyek dan mengaburkan background.

Contoh Foto Teknik Zooming

ADVERTISERS

Jika kita bisa memilih background yang memiliki kontras dan variasi warna, efek foto zooming yang dihasilkan pun akan lebih baik. Untuk mendapatkan kesan gerak/zooming, kita harus memperhatikan kecepatan gerakan tangan saat mengubah panjang fokus disaat exposure (kamera memotret).

Pada saat pemotretan dengan menggunakan teknik zooming, dalam waktu bersamaan dengan proses eksposure, titik fokus lensa diubah dengan menarik lensa zoom ke dalam atau ke arah luar (untuk jenis zoom yang ditarik) atau dengan cara menggeser titik fokus lensa ke kiri atau ke kanan.

Tempatkan subjek utama pada bagian tengah foto. Pada bagian ini, ketajaman gambar relatif lebih baik dari bagian lain untuk dijadikan POI nya. Teknik zooming fotografi masih bisa dilakukan diarea minim cahaya karena salah satu cara memotret zooming shutter speed tidak disarankan untuk lebih dari 1/30s.

Teknik Zooming dalam Fotografi

Untuk mempelajari Teknik Zooming dalam Fotografi tidaklah susah, Berikut sedikit tips-tips dari blog tips fotografi untuk Teknik Zooming Fotografi :

Teknik Zooming Fotografi

  • Fokuskan obyek tepat ditengah kemudian di zoom sampai full dekat
  • Sambil memencet tombol shoot putar gelang zoom ke zoom out atau menjauh.
  • Untuk lebih aman terhadap lensa gunakan pilihan manual focus.
  • Gunakan Speed sedikit rendah misal 1/10s dan diafragma menyesuaikan.
  • Sebaiknya menggunakan tripod untuk menjaga fokus agar maksimal.
  • Untuk memperoleh kesan zooming yang menarik, pilih background yang memiliki kontras dan banyak warna.

Jangan pernah menyerah untuk menghasilkan foto zooming yang menarik, lakukan berkali-kali. Karena semakin sering mencoba, perlahan akan memahami karateristik speed dari kamera yang Anda pakai. Semoga artikel cara memotret dengan Teknik Zooming ini bermanfaat dan selamat bereksperimen.

Advertisement
Teknik Zooming dalam Fotografi | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net