Cara Install Magic Lantern Terbaru Versi 2.3 Untuk Kamera Canon

Wednesday, June 5th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Berikut ini panduan singkat instalasi Magic Lantern versi terbaru 2.3 untuk kamera DSLR Canon Anda. Magic lantern adalah sebuah software/plugin tambahan untuk pengguna kamera DSLR Canon. Magic lantern sendiri merupakan software yang dibuat oleh sekelompok orang yang menyukai kamera DSLR merek Canon, jadi termasuk software tidak resmi dari Canon.

Pada awalnya Magic Lantern dikembangkan untuk para pembuat film/video. Namun saat ini setelah install software Magic lantern bisa membantu kerjaan fotografer juga. Software ini bisa dianggap sebagai addon atau plugin pada firmware bawaan kamera DSLR Canon dan hanya terinstall di kartu memori. Cukup dengan mem-format kartu kita, maka Magic Lantern juga akan hilang.

ADVERTISERS

Install Magic Lantern bisa berjalan di beberapa jenis kamera DSLR Canon, yaitu 550D, 60D, 600D, 500D, 50D dan 5D. Untuk saat ini, hanya versi 5D yang statusnya sebagai donationware, artinya kita harus memberikan donasi kepada developer untuk mendapatkannya. Sementara untuk DSLR Canon 550D, 60D, 600D, 500D, dan 50D kita bisa mendapatkannya software magic lantern dengan gratis.
Panduan Install Magic Lantern Terbaru
Keuntungan dan kelebihan instal Magic Lantern adalah dapat melakukan upgrade DSLR Canon yang memiliki fitur standar menjadi luar biasa. Misalnya saja, setelah meng-install Magic Lantern di DSLR Canon, fitur Audio yang dimiliki Canon yang tadinya menggunakan AGC (Auto Gain Level), yang menyebabkan suara noise yang terekam menjadi keras, bisa dihilangkan karena ML (Magic Lantern) memiliki fitur AGC Off. Berikut beberapa kelebihan menggunakan magic lantern.

Kelebihan/Manfaat Magic Lantern

  • Intervalometer, sangat berguna untuk penggemar timelapse
  • Manual video exposure di 500D, berguna untuk yang tidak suka versi bawaan kamera yang auto exposure
  • Video mode di 50D, bawaan 50D nggak ada mode video
  • Motion detect, jika diaktifkan akan membuat kamera kita memotret saat ada gerakan di depan lensa
  • Audio Remoteshoot, jika diaktifkan, cukup dengan teriak… kamera akan memotret sendiri
  • White Balance dalam angka Kelvin

Selain memiliki kelebihan magic lantern juga memiliki kelemahan magic lantern salah satunya, jika kamera rusak dikarenakan upgrade magic lantern garansi resmi menjadi hangus/tidak berlaku lagi. Sekedar tips, jika kamera Canon rusak karena proses instal magic lantern gagal atau lainnya, jangan memberikan informasi berikut ke pihak service/pemberi garanasi :).

Nah berikut ini panduan singkat cara instalasi magic lantern untuk kamera Canon. Disclaimer : Menggunakan Magic Lantern mungkin bisa menyebabkan kegagalan fungsi pada kamera anda. Use it at your own risk. Tidak ada jaminan keamanan apapun dari developer dan tipsfotografi.net.

Cara Instalasi Magic Lantern

  1. Format kartu memori dari kamera (low level)
  2. Pindah kartu memori ke komputer, ekstrak file zip yang sudah didownload ke root kartu memori (bukan dalam folder tertentu)
  3. Masukkan kartu memori ke kamera lagi, posisikan main dial di mode M, kemudian update firmware (Menu > Firmware Ver > pencet tombol set > Firmware Update > OK)
  4. Jika semua berjalan lancar, tidak sampai 1 menit, Magic Lantern akan terinstall dan diminta untuk reboot
  5. Setelah reboot, seharusnya Magic Lantern sudah bisa dinikmati, pencet tombol erase (sampah) di kamera untuk masuk ke interface Magic Lantern.

Video proses Instal Magic Lantern

Catatan : Jika dalam 1 menit tidak terjadi apa-apa dan lampu indikator warna merah terus berkedip-kedip, ada kemungkinan proses instalasi Magic Lantern gagal. Penyebab install Magic Lantern gagal bisa bermacam-macam, bisa dari proses format kartu yang kurang benar, bisa juga disebabkan oleh firmware bawaan kamera yang tidak sesuai dengan Magic Lantern.

Untuk lebih detail panduan cara install magic lantern silahkan dibaca di website magiclantern.fm. Baca juga cara Cara Menambahkan Picture Control atau Picture Style.

Advertisement
Cara Install Magic Lantern Terbaru Versi 2.3 Untuk Kamera Canon | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net