Inilah Tips Fotografi Keren Untuk Pemula Yang Harus Kamu Kuasi

Saat kamu ingin mulai belajar fotografi, saat itulah kreativitasmu akan diuji. Tidak perlu terburu-buru untuk mendalami fotografi, karena jika kamu ingin cepat menguasinya, kamu akan dipenuhi berbagai kegalauan yang tidak jelas arahnya. Kefrustasian dengan berbagai saran dari teman untuk belajar menggunakan kamera digital akan terjadi jika kamu tidak memiliki kreativitas.

Teknik Fotografi Keren Untuk Pemula

Perjalanan kamu akan sangat menyenangkan jika kamu belajar fotografi melalui proses. Teknik dasar fotografi akan membantu kamu memulai belajar bagaimana mendapatkan sebuah foto yang baik. Baik dari penglihatan kita ataupun baik juga untuk orang lain. Pada artikel kali ini, kami akan mencoba mengulas, tepatnya merangkum berbagai tips fotografi yang bisa kamu jadikan bekal nanti.

Sudah sering kami sampaikan pada artikel di tipsfotografi.net sebelumnya, komposisi pada sebuah fotografi adalah hal dasar yang penting kamu kuasai sebelum kamu gonta-ganti kamera digital biar keren seperti teman lainnya 🙂 . Penempatan objek, benda mati ataupun benda hidup ataupun unsur lainnya, kreativitasmu akan diuji saat itu.

Bagi fotografer profesional ataupun sekedar penghobi, menggunakan berbagai macam teknik fotografi akan lebih menyenangkan jika dibandingkan hanya menguasai satu teknik sapu jagat “asal terang”. Jika kamu menguasai banyak teknik fotografi (contohnya tips fotografi smartphone, tips fotografi bayi, tips fotografi model, tips fotografi landscape, tips fotografi wedding, tips fotografi makanan, tips fotografi portrait), kamu akan mudah berkreasi saat melakukan pemotretan. Pemotretan apapun, misal hanya ingin memotret keluarga, memotret landscape dll.

Itulah sebabnya, belajar teknik fotografi adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menguasai fotografi dengan kamera digital ataupun kamera sejenisnya. Bahkan teknik fotografi juga bisa kamu aplikasikan di dunia videografi.

Nah, mau tahu tips fotografi keren dan menarik untuk pemula ? berikut ini adalah kumpulan teknik fotografi yang keren dan menarik untuk pemula yang harus kamu kuasai kalau ingin jadi seorang fotografer profesional.  Artikel ini spesial untuk kamu yang sedang belajar fotografi. Baca juga teknik menghasil foto yang bagus seperti fotografer pro

Kumpulan Teknik Fotografi Keren Untuk Pemula

1. Bacalah Buku Panduan Kamera
Sebagian orang mungkin akan menganggap, buku panduan hanya pelengkap kardus kamera. Akan tetapi buku petunjuk di dalam kardus itu sebenarnya hal penting sebelum kamu jauh melangkah untuk belajar fotografi. Setiap kamera mempunyai perbedaan cara mengoperasikannya. Untuk itu, cara terbaik untuk mengetahui fungsi dan cara memaksimalkan kegunaan fitur di kamera digital adalah membaca buku panduan.

2. Latihan Memotret Sesering Mungkin
Cara terbaik dan terkeren untuk mengasah kemampuan kamu dalam fotografi adalah berlatih tiap hari. Ada banyak cara untuk itu, memotretlah sesering mungkin, memotretlah sebanyak-banyaknya.  Di awal belajar, jangan terlalu berpikir bagaimana memotret yang benar, hasil percobaan memotret kamu nantinya akan bisa jadi acuan, apa yang kurang dari situ.

3. Memotretlah Secara Dekat
Pernah mendengar semacam pepatah, kami lupa dari siapa asalnya, kurang lebih begini: “jika foto kamu kurang bagus, berarti kamu kurang dekat saat memotretnya”. Jika kamu merasa hasil fotomu kurang jelas, mendekatlah selangkah dua langkah mendekat ke objek yang kamu potret. Semakin kamu mendekat dengan objek, semakin jelas juga kamu melihat detail objeknya.

4. Lihat Cahaya, Karena Cahaya Adalah Segalanya
Dala fotografi cahaya ada hal penting yang harus diperhatikan saat ingin memotret. Untuk itu, sebelum memotret, amatilah sumber cahaya itu berasal. Cahaya apapun itu. Cahaya dari matahari, ataupun sumber cahaya dari lampu. Amatilah efek dari cahaya tersebut. Dari situ imajinasimu akan dituntut untuk berhayal mendapatkan foto yang luar biasa. Baca juga teknik pencahayaan atau lighting dalam fotografi.

5. Santailah Dalam Memotret
Jangan terburu-buru saat kamu ingin memotret. Meskipun sekian detik, kamu masih memiliki waktu untuk berpikir sebelum menekan tombol shutter. Komposisi,cahaya dan lain sebagainya harus kamu pikirkan.

Demikianlah 5 tips teknik belajar fotografi keren ini. Intinya belajar itu penting. Sudah bukan eranya asal terang jadi, meskipun dengan teknologi kamera terbaru saat ini, tanpa belajar kamu sudah bisa menghasilkan foto terang :). Tidak hanya perlengkapan fotografi yang harus kamu punyai, akan tetapi pengetahuan juga harus kamu lengkapi. Dengan banyak referensi, kemampuan dan imajinasimu akan teruji.

So, sekarang saatnya kamu menentukan, apakah kamu ingin menjadi seorang fotografer unik dan berkarakter atau fotografer abal-abal asal terang bayaran ?

Inilah Tips Fotografi Keren Untuk Pemula Yang Harus Kamu Kuasi |Lensa Kita |4.5 |

Leave a Reply