Tips Saat Memotret Fotografi Panorama

Friday, December 28th, 2012 - Landscape, Photoshop
Advertisement

Ada beberapa cara dan tips membuat foto panorama, bisa dengan menggunakan kamera yang memiliki fasilitas panorama atau dengan aplikasi/software seperti photoshop. Fotografi panorama termasuk jenis fotografi yang memerlukan teknik sendiri.

Contoh Foto Panorama

credit http://www.flickr.com/photos/lsydney/

Foto panorama biasanya dibuat dengan memotret beberapa gambar/foto dan digabungan bersama-sama dengan menggunakan media digital untuk mendapatkan gambar/foto yang jauh lebih besar dan luas dengan skala atau ukuran serta detil yang tidak bisa dilakukan oleh format pemotretan standart.

Teknik Dasar Fotografi Panorama

Tips memotret panorama adalah dengan mendapatkan foto dengan memiliki detail dan ketajaman gambar yang bagus. Selain itu, hal terpenting dalam fotografi panorama adalah memastikan setiap foto yang akan digabungkan bisa menjadi satu bagian tanpa memeliki celah/terlihat adanya proses penggabungan.

Tips menggabungkan foto panorama yang baik kuncinya dari foto yang diambil sebelumnya. Pastikan foto yang akan digabungkan adalah foto yang tajam, gunakan kombinasi exposure agar mendapatkan Depth of Field yang merata. Setelah mendapatkan pengaturan exposure yang tepat, kuncilah dengan menggunakan mode manual.

Dan hal terpenting lainnya, kuncilah fokus agar mendapatkan keragaman titik fokus. Karena foto panorama adalah gabungan dari beberapa foto, jadi intinya seluruh pengaturan kamera harus tetap sama di semua pengambilan seri foto tersebut.

Teknik Memotret Panorama

Faktor yang paling penting saat proses penggabungan foto panorama adalah seperti apa foto yang diambil. Semakin kecil perbedaan pada tepian setiap foto, maka sekamin kecil juga media digital mengoreksi distorsi setia foto.

Cara paling sederhana memotret panorama adalah dengan memotret dalam posisi portrait. Dengan bentuk portrait maka saat proses penggabungan akan meminimalisir perubahan prespektif di setiap foto. Coba kita praktekkan memotret kembang api tahun baru dengan panorama nanti ya.

Memotret panorama dengan hanya menggunakan pegangan tangan bisa saja, asal kita bisa menjaga kamera tetap stabil dan menggunakan shutter speed yang cukup cepat. Tripod dengan bracket khusus untuk panorama tetap menjadi cara terbaik untuk menghasilkan foto yang tajam serta bebas dari blur. Memutar kamera sedekat mungkin dengan nodal point merupakan hal yang bagus saat pengambilan foto panorama.

Cara Menggabungkan Foto Panorama Dengan Photoshop

Jika sudah memiliki beberapa foto serial yang dirasa bagus, saatnya proses penggabungan foto-foto tersebut dengan fitur photomerge di photoshop. Cara menggabungkan foto panorama menggunakan photoshop adalah cara yang mudah dan sederhana. Selain photoshop juga ada beberapa software untuk membuat foto panorama, namun kali ini hanya akan dibahas tentang photoshop saja.

  • Buka Photoshop
  • Select File – Automate – Photomerge
  • Klik ‘Browse’ dan pilih gambar yang akan digabungkan
  • Pastikan pilihan ‘Blend Images’ tercentang
  • Klik ‘OK’ untuk memulai proses penggabungan

Cara Menggabungkan Foto Panorama

Setelah foto panorama sudah digabungkan, kita tinggal melakukan cropping untuk menghilangkan kurva atau lengkungan yang ada di tepian gambar, kemudian kita juga masih bisa melakukan pengolahan digital lagi untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan misalkan menambah ketajaman dll.

Semoga artikel tips fotografi membuat foto panorama ini bisa berguna, selamat mencoba, jangan lupa dishare hasilnya

Advertisement
Tips Saat Memotret Fotografi Panorama | Lensa Kita | 4.5