Tips Memotret Makro dan Alternatif Murah Dalam Fotografi Makro

Saturday, November 24th, 2012 - Makro
Advertisement

Sebelum membahas tentang tips memotret makro dan alternatif murah fotografi makro, sebelumnya akan kami jelaskan terlebih dahulu apa itu fotografi makro. Pernah lihat foto binatang kecil jadi terlihat besar-besar ? misalkan foto semut kecil jadi terlihat detail bentuk tubuhnya ?

Lensa Makro

ADVERTISERS

Yes, contoh di atas adalah sebagian dari foto makro. Secara definisi fotografi makro adalah salah satu fotografi yang membuat pembesaran terhadap suatu objek yang akan di foto. Bisa dikatakan foto makro adalah dunia fotografi yang diperkecil kedalam dunia Micro.

Pembesaran objek pada foto makro bisa dilakukan dengan medekatkan object dengan kamera, ataupun dari jarak tertentu dengan menggunakan lensa makro. Bagaimana jika tidak memiliki lensa makro namun ingin memotret makro ? Tenang…. selain menggunakan lensa khusus untuk makro, ada beberapa alternatif yang murah untuk fotografi makro.

Alternatif Murah Untuk Fotografi Makro

1. Filter Close Up
Alternatif yang murah untuk fotografi makro pertama adalah dengan menggunakan filter close up. Cara menggunakannya juga cukup mudah, hanya ditempelkan ke lensa seperti memasang filter-filter lensa lainnya seperti filter UV dll. Dengan menggunakan filter close up, kita bisa lebih dekat dengan objek dibandingkan jarak fokus tanpa menggunakan filter close up.

Contoh Filter Close Up

Filter close up biasa ditandai dengan close up +1, +2, +3 dan lain-lain, dimana +3 memiliki pembesaran yang paling besar. Kekurangan dalam menggunakan filter close up ini adalah menurunnya kualitas gambar atau foto karena otomatis ada benda filter diantara lensa dan obyek foto.

2. Extension Tube
Solusi termurah untuk fotografi makro selanjutnya adalah dengan menggunakan benda yang bernama Extension Tube. Cara menggunakan Extention Tube yang bentuknya minyerupai bentuk pipa ini ditempatkan antara lensa dan body kamera. Penggunaan Extension Tube berguna untuk memperpanjang jarak antara sensor kamera dengan lensa. Fungsinya bisa mendapatkan fokus dengan jarak yang lebih dekat dari biasanya.

Contoh Extension Tube

Kekurangan jika menggunakan Extension Tube akan mengurangi cahaya yang masuk ke sensor kamera. Untuk mendapatkan exposure yang tepat, kita harus melakukan penganturan pada segita exposure (aperture, shutter speed dan ISO).

3. Reverse Ring

Cara alternatif termurah bereksperimen fotografi makro selanjutnya adalah menggunakan Reverse Ring. Benda yang berbentuk ring ini bisa digunakan dengan cara memasang antara body kamera dan lensa. Berbeda dengan Extension Tube, menggunakan Reverse Ring harus memasang lensa dengan terbalik.

Cara Pasang Reverse Ring

Dari tiga alternatif yang murah untuk fotografi makro diatas memiliki keuntungan serta kerugian masing-masing, tentunya tergantung dari anggaran, kemudahan serta kualitas gambar yang dihasilkan, tetapi percayalah cara-cara alternatif ini layak untuk dicoba jika ingin mencoba memotret makro. Bahkan ada juga yang menambahkan sebuah kaca pembesar yang di lekatkan didepan lensa sebagai alat fotografi makro kok.

Dasar Komposisi Fotografi Makro

Karena pentingnya sebuah komposisi foto, memotret binatang kecil seperti serangga pun disarankan menggunakan komposisi fotografi yang tepat agar foto yang dihasilkan nampak indah. Di bawah ini akan kami coba menjelaskan beberapa teknik komposisi fotografi makro baik pada fotografi makro serangga dan amphibi atau binatang kecil lainnya.

POV (Point Of View)
Disebut POV (point of view) oleh Erez Marom dari sumber dpreview sebagai aspek kritis dari komposisi fotografi makro. Membidik dari sudut pandang yang sama sebagai subyek menciptakan rasa keintiman yang begitu penting dalam citra satwa liar.

Lead Room
Konsep ‘lead room’ adalah penting dalam fotografi makro serta fotografi satwa liar lainnya. Idenya adalah bahwa frame harus berisi ruang ekstra pada arah di mana mata binatang itu tertuju. Memang, jika subjek melihat tepi terdekat dari frame bisa tidak menarik. Penggunaan ruang ekstra yang tepat memberikan kontribusi besar terhadap rasa keseimbangan dalam gambar.

Rule Of Thirds
Rule Of Thirds menawarkan satu pedoman untuk menjaga keseimbangan. Sebagian besar gambar baik terpusat atau mengikuti aturan pertiga – ini biasanya tergantung dari apakah subjek melihat lurus ke kamera atau ke kedua sisi. Baca lebih lanjut tentang tulisan Definisi Rule Of Thirds.

Garis Diagonal
Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa memiliki garis-garis besar dalam paralel gambar ke tepi sering tidak menarik. Cobalah untuk memberikan gambar Anda diagonal, dan mereka akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Crop Ketat
Ketika memutuskan apakah perlu atau tidak untuk menyertakan seluruh tubuh subjek, salah satu pedoman untuk diingat adalah untuk ‘memotong keras/Crop Ketat atau tidak sama sekali’. Ini sering bermasalah untuk mencakup subyek makro secara keseluruhan dalam frame. Terlepas dari hal lain, beberapa serangga memiliki antena yang sangat panjang, sehingga termasuk seluruh tubuh akan berarti bidikan pada rasio pembesaran relatif kecil.

Berani
Ini sangat penting untuk menekankan bahwa aturan ini dimaksudkan untuk dilanggar. Percobaan dengan komposisi, mencoba metode yang tidak biasa dan merasa bebas untuk mengabaikan konvensi. Tapi selalu melakukannya dengan keyakinan dan menjadi bijaksana tentang hal itu. Melanggar aturan baik-baik saja, bahkan diinginkan ketika Anda benar-benar berkomitmen untuk alasan untuk melakukannya. Inilah adalah semua tentang seni.

Memotet adalah seperti halnya kita melukis sebuah kanvas putih, yang akan di lukis dengan menggunakan cahaya. Mood seorang fotografer akan tertuang dikanvas elektronik tersebut saat mengabadikannya. Makro fotografi sangatlah menuntut kesabaran yang sangat tinggi dalam memotret sebuah bunga mawar apalagi seekor kupu-kupu/lebah yang sedang sibuk menghisap madu di bunga.

Ingatlah, focus, eksposure dan komposisi fotografi makro dari object yang akan kita lukis di kamera apakah sudah seperti yang akan kita abadikan sesuai dengan mood nya. Moment tidaklah sesulit seperti yang kita bayangkan, kita bisa mempelajari waktu, kebiasaan dan tempat dari setiap serangga keluar. Karena kunci dari tips fotografi makro adalah terus berlatih dan terus berusaha semaksimal mungkin. Selamat mencoba memotret makro !

Advertisement
Tips Memotret Makro dan Alternatif Murah Dalam Fotografi Makro | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net