Tips Fotografi Mengatur Kontras Dengan Photoshop

Wednesday, January 30th, 2013 - Photoshop, Tips Dan Trik
Advertisement

Mengatur kontras foto yang bertujuan menajamkan detail foto adalah salah satu langkah yang biasa digunakan saat edit foto dengan photoshop atau dengan software editing foto. Kontras sendiri meliputi rentang cahaya antara cahaya bayangan atau shadow dengan higlight pada sebuah foto.

Cara Edit Kontras Foto Dengan Photoshop

Jika rentang jarak antara shadow dan higlight rendah berarti foto semakin kontras. Begitu juga sebaliknya, semakin jauh jarak rentang highlight dan shadow makan kontras foto semakin rendah. Meski begitu, hingga saat ini tidak ada aturan baku seberapa tingkatan jarak rentang setiap foto, karena hal ini kembali ke selera fotografernya itu sendiri. Apakah ingin membuat foto dengan high contrast atau low contrast.

Tips mengatur kontras dengan photoshop ada beberapa cara. Beberapa diantaranya yang populer digunakan adalah fitur Brightness/Contrast, Level dan Curve. Namun jika menggunakan fitur tersebut, terkadang warna foto akan berubah lebih saturated dimana sudah tidak memiliki warna natural lagi.

Pada tutorial photoshop kali ini kami akan memperlihatkan cara cepat tips mengatur kontras foto dengan Photoshop untuk menghasilkan kontras foto tanpa berpengaruh pada warna dan hanya menghasilkan efek pada unsur shadow dan highlight.

Tips Mengatur Kontras Dengan Photoshop

  • Buka foto yang ingin diedit kontrasnya
  • Lakukan duplicate layer, ini menjadi kebiasaan penulis setiap melakukan editing foto dengan photoshop
  • Layer -> New Adjustment Layer -> Curves
  • Atur garis curve sampai mendapatkan gelap terang yang diinginkan
  • Kemudian di layer curves tersebut, atur blend mode dari NORMAL menjadi LUMINOSITY. Fungsi blen mode Luminosity sendiri adalah mengembalikan kontras warna kesemula. Jadi hanya kontras gelap terang yang berubah.

Selain menggunakan adjustment layer curves, kita juga mengatur kontras foto dengan photoshop menggunakan fitur levels ataupun hue/saturation. Yang harus diingat selalu atur blending mode dari normal menjadi luminosity agar hanya gelap terangya saja yang berubah.

Sampai disini tips fotografi tentang cara mengatur kontras foto dengan photoshop ini, mudah-mudahan bisa berguna. Anda juga bisa membaca tips edit foto dengan photoshop sebelumnya tentang Tips Membuat Efek Vignette di Photoshop

Advertisement
Tips Fotografi Mengatur Kontras Dengan Photoshop | Lensa Kita | 4.5