Tips Fotografi Memotret Kembang Api

Wednesday, December 26th, 2012 - Tips Dan Trik
Advertisement

Tahun baru sebentar lagi, untuk menyambut malam tahun baru 2013, saatnya menulis tips memotret kembang api tahun baru. Karena ketika akan melewati pergantian Tahun, pastinya akan diadakan pesta kembang api. Memotret kembang api di malam tahun baru menjadi kewajiban saat adanya pesta kembang api. Secara kembang api itu mahal, kapan lagi coba ?

Contoh Foto Kembang Api

credit http://www.flickr.com/photos/pahtz/667441/

Ohya selamat merayakan natal dan tahun baru teman-teman. Baiklah, artikel fotografi berikut ini akan mencoba mengulas tentang tips fotografi kembang api agar foto kembang Anda nanti menjadi lebih bagus. Memotret pesta kembang api sebenarnya bukan tentang memotret sebuah kejadian tapi memotret sebuah rangkaian kejadian, yaitu proses menyalanya sebuah kembang api. Artinya, dalam memotret pesta kembang api, yang kita potret adalah kejadian saat api mulai memancar sampai api padam total.

ADVERTISERS

Tips memotret pesta kembang api (Fireworks) dengan baik, Anda harus mempelajari situasinya terlebih dahulu. Sebelum menentukan lokasi untuk memotret kembang api, kita juga harus menentukan konsep foto kembang api terlebih dahulu, ingin seperti apa foto kembang api nantinya.

Setelah konsep sudah dibayangkan, saatnya kita harus tahu di mana kembang api akan memancar dan tahu angle (sudut pengambilan) terbaik untuk pemotretannya. Tempat terbaik memotret pesta kembang api adalah sebuah tempat yang cukup tinggi.

Settingan Kamera Memotret Kembang Api

Setelah mendapatkan lokasi sesuai konsepnya, pasang kamera menggunakan tripod. Arahkan lensa ke arah dimana kembang api menyala. Gunakan lensa lebar agar lebih enak bermain komposisi yang lebar, menggunakan lensa tele juga tidak ada salahnya jika ingin bermain komposisi foto kembang api yang sempit.

Setting ISO dinilai yang terkecil, ISO 100 sudah cukup untuk memotret kembang api. Setting aperture di angka 8 ke atas agar mendapatkan foto dengan ketajaman yang maksimal. Untuk speed mengikuti keadaan cahaya disekitar, perlu diingat memotret kembang api harus menggunakan teknik slow speed, jika tidak foto kembang api tidak akan bagus.

Berikut rangkuman tips fotografi kembang api yang mudah-mudahan dapat memaksimalkan hasil pemotretan kembang api anda :

10 Tips Memotret Kembang Api

  1. Gunakan tripod
  2. Gunakan fungsi self-timer atau remote untuk mencegah getaran kamera saat kita menekan tombol shutter.
  3. Gunakan lensa sudut lebar (tidak wajib)
  4. Gunakan fokus manual
  5. Set lensa ke infinity (tidak terhingga) bila yang di foto hanya kembang api / latar belakang dari kejauhan.
  6. Gunakan ISO yang rendah, 100 atau 200
  7. Gunakan speed lambat atau gunakan Bulb (B) mode untuk membuka shutter lebih lama dari 30 detik.
  8. Gunakan mode manual
  9. Matikan flash, hanya gunakan lampu kilat (flash) untuk menerangi subjek foto yang dekat, seperti orang.
  10. Memotretlah sebanyak – banyaknya

Keberhasilan memotret Kembang Api memiliki kepuasan tersendiri, berhasil mengabadikan ikon perayaan pergantian Tahun baru dengan baik. Kesempatan memotret kembang api memang sayang kalo dilewatkan, cuma setahun sekali. OK semoga artikel fotografi ini berguna, ditunggu sharing foto kembang apinya ya, selamat tahun baru !

Advertisement
Tips Fotografi Memotret Kembang Api | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net