Tips Fotografi Memotret Di Keramaian

Monday, December 10th, 2012 - Tips Dan Trik
Advertisement

Anda suka traveling ? nah simak artikel tips fotografi memotret di keramaian ini. Mengabadikan momen keramaian seperti kesibukan kota, di pasar, stasiun, terminal, festival budaya dengan pengunjung yang berjibun. Seoalh dengan dokumentasi keramaian suasana tersebut mampu membuka memori beberapa tahun kemudian misalnya.

Contoh Foto Festival

Credit by peace-on-earth.org : http://www.flickr.com/photos/peace-on-earth_org/8028833364/

Secara kasat mata, memotret suasana keramaian lebih mudah dilakukan. Namun terkadang untuk sebagain orang memotret dengan suasana seperti memiliki kendala tersendiri. Secara visual kita tinggal memainkan komposisi dari angle yang memperlihatkan suasana tersebut.

ADVERTISERS

Nah bicara soal komposisi tidak lepas dari waktu atau momen. Terkadang karena memikirkan momen yang banyak orang bilang tidak ada momen kedua, membuat sebagian fotografer menjadi panik bahkan bingung mau motret dari angle mana.

Tips memotret di keramaian hal terpenting adalah menentukan spot dan juga alat/lensa yang tepat. Dalam artikel kali ini akan mengulas trik untuk mensiasati memotret dengan suasana keramaian tersebut.

Tips Memotret Di Keramaian

1. Cari Referensi
Sebelum mendatangi lokasi keramain, carilah referensi ada apa saja di acara tersebut. Paling tidak setelah mendapatkan informasi tentang acara sebelumnya, kita sudah bisa membayangkan mau ingin mendapatkan foto seperti apa nantinya.

2. Tentukan Posisi
Menentukan posisi yang lebih tinggi merupakan pilihan yang tepat untuk memotret suasana keramaian. Baik itu susana kota ataupun acara festival. Dengan posisi high angle kita bisa memotret suasana yang lengkap serta tidak akan terganggu dengan hal yang disekitar.

Karena posisi tinggi merupakan tempat favorit memotret keramaian, datanglah sedini mungkin untuk mencari posisi. Kalau terlambat dan posisi terbaik sudah penuh, tidak ada jalan lain selain kerja lebih keras mencari posisi dadakan darurat seperti naik pohon.

3. Persiapkan Alat Yang Memadai
Dengan alat yang tepat bisa memudahkan kita mengabadikan momen keramain. Maka untuk itu pilihlah lensa yang tepat. Lensa yang memiliki range wide&tele lebih mudah untuk mendapatkan foto keramaian yang menarik.

Kalaupun mempunyai koleksi lensa fish eye tidak ada salahnya dipakai, memotret keramaian merupakan momen yang tepat untuk lensa efek khusus jenis itu. Juga lensa yang mempunyai efek khusus seperti lensa Tilt-shif (TS) menjadi pilihan menarik untuk foto keramaian.

Jika di tas ada lensa normal atau tele, tak ada ruginya disiapkan. Lensa ini berguna untuk mengantisipasi bila menggunakan lensa lebar namun suasananya yang hendak dijepret tidak terlalu padat dan banyak ruang kosong. Bidang kosong dalam foto yang akan dihasilkan dapat mengganggu konsentrasi utama yakni keramaian kolosal. Mau tidak mau, lensa tele akan sangat membantu membuat gambar menjadi lebih padat.

4. Exposure Yang Tepat
Dalam suasana keramaian seperti kita tidak mau ketinggalan momen, untuk itu pahami teknik segitiga exposure agar tidak panik saat memotret. Selain itu juga pahami tentang DOF, agar kita bisa bermain dengan diafragma yang leluasa.

5. Jaga Peralatan
Jangan sampain disaat kita terlena mengabadikan momen, malah kita terlena lupa menjaga peralatan yang kita bawa. Sudah banyak kasus lensa ataupun flash dicopet saat memotret di keramaian. Kejadian pencopetan ini biasanya saat sedang berdesak-desakan dan lengah. Antisipasinya, semua peralatan dimasukan ke dalam tas rapat-rapat dan hanya pergunakan alat yang ditangan saja.

Ok semoga artikel tips fotografi untuk cara memotret di suasana keramain ini bisa berguna untuk Anda. Selamat mencoba dan salam fotografi.

Advertisement
Tips Fotografi Memotret Di Keramaian | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net