Membuat Efek ROL (Ray of Light) dengan Mudah di Photoshop

Membuat Efek ROL (Ray of Light) dengan Mudah di Photoshop Oleh Lensa Kita on . Tentang Membuat Efek ROL (Ray of Light) dengan Mudah di Photoshop

Email dari pembaca itu berjudul bagaimana cara membuat efek Ray of Light (ROL) atau memberikan efek cahaya matahari dengan Photoshop ? Sudah tau apa itu ROL ? adalah efek dari cahaya yang tertangkap oleh kamera. Memang lumayan sulit untuk membuat ROL asli karena harus membutuhkan moment atau situasi tertentu agar ROL … Continue reading

Rating: 4

Email dari pembaca itu berjudul bagaimana cara membuat efek Ray of Light (ROL) atau memberikan efek cahaya matahari dengan Photoshop ? Sudah tau apa itu ROL ? adalah efek dari cahaya yang tertangkap oleh kamera. Memang lumayan sulit untuk membuat ROL asli karena harus membutuhkan moment atau situasi tertentu agar ROL dapat difoto dengan baik.

Teknik Membuat RolFoto oleh onsager

Nah dengan Photoshop membuat efek ROL atau Ray of Light “Cahaya Matahari atau cahaya lainnya” sangat mudah untuk dibuat. Pada tutorial photoshop kali, tipsfotografi.net akan mencoba memperlihatkan teknik membuat efek Ray of Light/ROL dengan Photoshop.

Perlu diingat, tips membuat cahaya matahari buatan ini hanya merupakan salah satu teknik photoshop yang sederhana namun cukup fleksibel dari banyak cara untuk mendapatkan efek ROL dengan photoshop seperti Teknik Retouch Hidung Dengan Adobe Photoshop Agar Terlihat Ramping. Dengan teknik ini intensitas cahaya dari RoL tersebut dapat kita atur dengan mudah.

Teknik Membuat Efek Ray of Light (ROL) atau Cahaya Matahari

  1. Pertama-tama sudah tentu buka foto yang ingin diberikan tambahan efek ROL, jangan lupa duplicate layer agar selamat dalam perjalanannya :)
  2. Kemudian Klik Image – Adjustment – Treshold. Treshold sendiri berfungsi untuk mencari area highlight sebagai sumber cahaya dimana letak posisi ROL berasal. Pada contoh ini saya memberikan nilai trishold level sebesar 150.
    Cara Membuat ROL Photoshop
  3. Selanjutnya Klik Filter – Blur – Radial Blur. Pada kotak isian Radial Blur, Amount biasanya diberi nilai besar agar efek ROL terlihat jelas, pada contoh ini saya memberi Amount 80, Blur Method Zoom, Quality Best. Pada Blur Center, geser titik cahaya kira-kira berada pada area highlight/titik sumber cahaya yang sudah ditentukan di step kedua.
    Tips Membuat Efek ROL
  4. Ganti layer blending mode dari Normal ke Screen untuk menghilangkan area hitamnya.
    Cara Cepat Membuat Ray of Light
  5. Sampai step di atas Efek Ray of Light (ROL) sudah didapatkan. Proses selanjutnya tinggal memberikan kesan kuat pada efek ROL tersebut dengan mengatur intensitas ROL nya dengan KLIK Create New Fill or adjustment layer pilih Levels. Tekan ALT dan klik pada garis antara layer background copy dan layer levels 1 agar yang perubahan levels hanya pada layer background copy saja.Tips Membuat Ray of Light
  6. Untuk finishing agar foto lebih dramastis atur exposure layer background. Pilih layer background lalu KLIK Create New Fill or adjustment layer pilih Exposure. Pada contoh foto ini, exposure saya ubah menjadi -0.50 agar terlihat sedikit gelap.
    Cara Memberikan Efek Ray of Light

Seperti biasa penulis sangat berterima kasih bila ada yang dapat memberikan komentar atas tutorial Membuat Efek ROL (Ray of Light) dengan Mudah di Photoshop ini. Silahkan Anda tulis komentar Anda baik pertanyaan maupun lainnya yang berhubungan dengan tutorial ini dibagian form diskusi di bawah. Follow @tipsmemotret untuk mendapatkan update tips edit foto dengan photoshop selanjutnya. Selamat mencoba !