Membuat Efek Filter ND di Foto Menggunakan Photoshop

Sunday, February 10th, 2013 - Photoshop, Tips Dan Trik
Advertisement

Sebuah filter graduated neutral density (ND) dapat membantu meningkatkan keseimbangan eksposur cahaya antara langit dan tanah. Pelajari cara menambahkan efek ND dengan Photoshop di artikel tips fotografi berikut ini.

Filter graduated neutral density (ND) adalah alat yang sangat berguna untuk fotografi landscape. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan tingkat cahaya antara langit yang cerah dan tanah gelap, memberikan foto yang tersingkap baik dan penuh detail di semua bidang.

ADVERTISERS

Jika Anda tidak memiliki filter grad ND, atau jika Anda lupa untuk membawa saat hunting foto landscape jangan kuatir semua bisa diatasi menggunakan photoshop. Dengan photoshop kita bisa menambahkan efek filter GND di foto dengan mudah dan cepat.

Terlebih lagi, menambahkan efek GND dengan photoshop kita dapat mudah mengontrol efek GDN lebih akurat, memungkinkan kita menambahkan efek dibagian mana saja. Lewat tutorial ala tipsfotografi.net berikut ini akan mencoba memberikan contoh menambah efek ND di photoshop.

Tips Membuat Efek Filter ND Dengan Photoshop

1. Mengatur Highlights

Buka gambar Anda di Photoshop. Double klik pada layer “Background” untuk mengubah menjadi layer, kemudian beri nama “Highlights”.

Menambah Efek Filter ND dengan Photoshop

Selanjutnya melakukan Levels Adjustment : Layer > New Adjustment Layer > Levels beri nama “Highlight Levels” pada layer tersebut untuk memudahkan pengaturan nantinya. Kemudian tarik titik yang ditengah ke kanan sampai mendapatkan exposure yang tepat dilangit. Sebagai contoh foto ini menggeser titik sampai mendapatkan nilai 0.90.

2. Mengatur Bayangan/Shadows

Klik kanan pada layer “Highlights” dan pilih “Duplicate Layer”. Beri nama “Shadows” dan klik “OK”.

Membuat efek GND Sesuaikan highlights

Seperti cara sebelumnya, step ini hanya mengatur level namun untuk mendapatkan detail foto bagian pasir dengan tingkat exposure yang baik. Layer > New Adjustment Layer > Levels dan beri nama “Shadows Levels”, geser titik tengah ke kiri hingga bagian gelap/pasir terlihat lebih baik. Sebagai contoh foto ini mengatur tingkat shadows ke nilai 1.70.

3. Mengunci Adjustment Layers

Sebelum melangkah lebih jauh kita perlu “clip” dua adjustments layers masing-masing gambar. Ini akan memastikan bahwa setiap adjustment layer hanya mempengaruhi layer gambar sendiri tidak mempengaruhi seluruh gambar.

Pada panel Layers, pastikan “Highlight Levels” diposisikan tepat di atas layer “Highlights”. Klik pada adjustment layer, tahan Alt / Option, dan klik garis antara layer “Highlights”. Anda harus melihat panah yang mengarah ke bawah muncul di sebelah layer “Highlight Levels” kemudian atur posisinya ke bawah layer shadows tepat di atas “Highlights”.

Clip the adjustment layers

Ulangi proses clip ini pada layer “Shadows” dan layer “Shadows Levels”.

4. Tambahkan Gradient

Sekarang kita telah memiliki 2 gambar yaitu satu yang disesuaikan dengan highlight dan satu untuk bayangan), saatnya untuk menyatukan kedua gambar tersebut menjadi sebuah gambar yang memiliki eksposur yang baik di seluruh bagian.

Klik pada layer “Shadows” dan menambahkan layer mask (Layer > Layer Mask > Reveal All). Pilih gradient tool dari tools pallette dan pastikan warna foreground menjadi hitam dan background putih.

Pilih kotak putih pada layer mask, tarik gradient dari bagian atas sampai ke bawah (tahan Shift agar tetap vertikal). Ketika Anda melepaskan mouse, Anda akan melihat foto seperti foto yang menggunakan filter ND.

Menambah Gradient Membuat Efek Filter ND

Jika saat menambahkan gradien sekali belum cukup sesuai keinginan, Anda bisa mengulanginya beberapa kali sampai terlihat efek filter ND yang diinginkan.

5. Mengatur Kontras Secara Keseluruhan

Gambar Anda sekarang harus menunjukkan detail yang baik di semua bidang, tetapi kadang-kadang sampai tahap di atas terlihat sedikit “datar”, jadi sekarang saatnya meningkatkan kontras secara keseluruhan.

Pilih layer paling atas (layer “Shadow Levels”) dan menambahkan layer curves di atasnya dengan mengklik New Adjustment Layer > Curves.

Curves untuk meningkatkan kontras foto

Pada kontrol panel, tweak kurva RGB menjadi bentuk S. Hal ini meningkatkan kontras secara keseluruhan foto dan sedikit perubahan efek. Atur curce RGB sampai mendapatkan efek yang diinginkan. Baca juga Tips Fotografi Mengatur Kontras Dengan Photoshop.

Efek filter ND dengan Photoshop Foto asli (kiri) memiliki langit kurang jenuh dan kurang detail di bawah (pasir). Foto (kanan) setelah melwati tahapan di atas menunjukkan eksposur yang lebih baik, bahkan, kaya warna, dan meninangkatkan detail dibeberapa bagian.

Menerapkan filter graduated neutral density filter secara digital dalam Photoshop adalah cara yang ampuh untuk memperbaiki masalah exposure di foto Anda. Hal ini juga memberi kesempatan lebih banyak mengontrol efek gelap terang daripada menggunakan filter langsung, dan memungkinkan Anda untuk men-tweak dan menyesuaikan efek filter ND sampai terlihat seperti yang Anda inginkan.

Mudah-mudahan tutorial cara membuat efek filter ND dengan photoshop ini bisa berguna untuk Anda saat ingin memperbaiki kesalahan exposure foto landscape atau foto lainnya. Gong Xi Fa Cai teman-teman.

Advertisement
Membuat Efek Filter ND di Foto Menggunakan Photoshop | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net