Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Kamera DSLR

Tuesday, November 13th, 2012 - Tips Dan Trik
Advertisement

Banyaknya jenis kamera digital saat ini membuat banyak faktor yang diperhatikan sebelum membeli kamera DSLR ataupun kamera saku dan kamera jenis lainnya. Kita sebagai konsumen dituntut harus tahu kamera jenis apa yang kita butuhkan, dan juga memikirkan terlebih dahulu untuk apa kamera nantinya.

Saat ini dipasaran banyak bermunculan beragam kamera digital yang kadang-kadang spesifikasinya beda tipis, untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal sebelum beli kamera yang menjadi pertimbangan agar mendapatkan kamera sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan sekaligus mendapatkan harga yang menarik. (baca Tips Belanja Peralatan Fotografi via Online)

ADVERTISERS

Tips Membeli Kamera Digital

Membeli Kamera DSLR Untuk Apa ?

Oke seperti disebutkan diatas, sebagai konsumen kita harus tahu alasan kenapa membeli kamera digital untuk menjadi faktor pertimbangan sebelum membeli kamera. Karena setelah mengetahui fungsi/tujuan membeli kamera digital kita bisa mengatur budget atau biaya yang akan dibutuhkan.

  1. Jika kamera digital nantinya hanya dibutuhkan untuk memotret seadanya misal untuk mengambil foto kegiatan sehari-hari kamera jenis point and shoot yang biasa disebut kamera saku adalah pilihan yang cocok. Selain mudah untuk dibawa kemana-mana, kamera saku juga harganya cukup terjangkau dengan kualitas hasil foto yang lumayan.
  2. Jika tujuan Anda membeli kamera digital untuk belajar fotografi, namun tidak mau repot membawa kamera yang lumayan berat, maka kamera prosumer adalah pilihan yang tepat. Kemampuan kamera prosumer hampir menyami kamera DSLR. Dari segi ukuran, kamera jenis ini lebih kecil dan secara manual ukurannya juga simpel serta segi harga juga dibawah DSLR, sehingga cukup mudah untuk dibawa-bawa.
  3. Naik tingkat sedikit dari kamera prosumer adalah kamera mirrorless. Kamera ini cocok untuk Anda yang ingin menggunakan kamera namun tidak terlalu repot membawanya namun bisa mengganti lensa seperti kamera DSLR. Namun harga kamera jenis mirrorless hampir setara dengan kamera DSLR.
  4. Nah jika Anda membeli kamera digital ingin mendapatkan foto yang berkualitas layaknya profesional, kamera type DSLR adalah solusinya. Dengan kamera DSLR Anda bisa mengatur kamera sesuai kemauan. Untuk memiliki kamera DSLR terlebih kamera DSLR terbaru, kita harus menyiapkan dana yang lumayan tidak murah. Selain itu dibutuhkan juga aksesoris tambahan untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas seperti lensa, flash eksternal, filter, dll.

Dengan 4 hal di atas bisa menjadi panduan Anda sebelum membeli kamera digital. Kalau sudah menentukan hal apa yang membuat Anda ingin membeli kamera digital selanjutnya adalah memikirkan hal lain misalnya spesifikasi kamera digital yang dibutuhkan.

Dibawah ini adalah contoh tabel seberapa optimum kemampuan spesifikasi kamera anda menghasilkan sebuah foto. Sebagai catatan ukuran megapiksel sebuah kamera bukanlah faktor terpenting saat membeli kamera. Secara umum, rata-rata kamera digital sekarang (yang mulai mendekati angka 24 megapiksel sebagai resolusi standar), memiliki kemampuan print jauh lebih besar dibanding rata-rata kebutuhan pemakainya. Kecuali kalau kita memang ingin membuat poster ukuran raksasa.

Tabel Megapiksel vs Ukuran Print Foto

Kamera Ukuran Print (300 ppi) Ukuran Print (200 ppi)
6 Megapiksel 24 x 18 cm (9,5 x 7 in) 36 x 27cm (14 x 10,5 in)
7 Megapiksel 25 x 19 cm (10 x 7,5 in) 39 x 29cm (15,5 x 11,5 in)
8 Megapiksel 28 x 20 cm (11 x 8 in) 42 x 30 cm (16,5 x 12 in)
10 Megapiksel 33 x 20 cm (13 x 8,5 in) 49 x 33 cm (19,5 13 in)
12 Megapiksel 37 x 24 cm (14,5 9,5 in) 55 x 36 cm ( 21,5 x 14 in)

Melihat Spesifikasi Sebelum Membeli Kamera Digital

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan Megapixel atau ukuran sensor
  2. Perhatikan Battery Dan Chargernya
  3. Optical Zoom Vs Digital Zoom bagi yang memilih kamera saku atau kamera prosumer
  4. Fasilitas Bantuan Untuk Low-Light seperti ISO dan Image Stabilization
  5. Perhatikan Memory Storagenya
  6. Kemudahan fitur utama dan fitur tambahan serta kelengkapannya
  7. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kamera yang dipilih dari review dan spesifikasi lengkapnya
  8. Bandingkan harga dari toko satu ke toko lainnya atau dari toko online satu kesatunya
  9. Cobalah kamera tersebut sebelum membeli, jika belum bisa menggunakan ajaklah kawan dekat yang sudah dahulu menggunakan kamera digital.
  10. Kemudahan dalam servis dan purna jual
  11. Sesuaikan Kebutuhan Dan Isi Kantong Anda

Semoga informasi tentang Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Kamera Digital ini bisa membantu Anda saat ingin membeli kamera digital. Update harga kamera Nikon dan Update harga kamera Canon.

Advertisement
Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Kamera DSLR | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net