Cara Merawat Kamera Digital Agar Awet dan Tahan Lama

Wednesday, September 19th, 2012 - Tips Dan Trik
Advertisement

Tips Merawat Kamera DigitalCara merawat kamera digital agar lebih awet sangat diperlukan karena kamera memiliki komponen sensitif yang mudah rusak dan harganya juga tidak murah.

Sebelum membeli kamera digital, perlu Anda ketahui, kamera digital sama seperti barang elektronik lainnya yang membutuhkan perawatan. Terlebih kita sedang hidup di daerah tropis dengan kelembapan yang cukup tinggi.

Karena tinggal di daerah tropis, cara menyimpan kamera digital dan lensa juga membutuhkan khusus untuk mengurangi kelembapan agar kamera dan lensa kita lebih awet dan tahan lama. Simak tips-tips merawat kamera dari tipsfotografi.net agar kamera dan lensa anda lebih awet berikut ini.

Cara Menyimpan Kamera Digital dan Lensa

Karena sensor kamera dan optik lensa merupakan komponen kamera digital yang sangat sensitif. Kelembapan yang tinggi sangat tidak bagus terhadap barang-barang elektronik kamera dan lensa. Jamur bisa berkembang di dalam sensor kamera dan optik lensa jika barang tersebut disimpan ditempat yang memiliki kelembapan tinggi.

Apa yang terjadi jika sensor dan optik ditumbuhi jamur ? foto jadi hancur. Pernah suatu ketika sensor kamera kami ditumbuhi jamur, hasil foto yang didapat akan menghasilkan garis-garis berantakan seperti akar serabut. Dan itu sangat susah dibersihkan sendiri, harus memerlukan orang ahli untuk membersihkan sensor kamera karena jamuran.

Dry Box Kamera Digital

Dry Box Kamera Digital

Kelembapan terlalu rendah juga tidak bagus terhadapa kamera dan lensa. Karena kamera dan lensa memiliki komponen mekanis yang perlu bergerak dengan lancar. Jika kita menyimpan kamera dan lensa di tempat yang sangat kering/kelembapan terlalu rendah, maka bisa berisiko fungsi mekanis akan seret karena oil di dalam mekanis kamera dan lensa kering.

Berikut beberapa cara menyimpan kamera dan lensa agar tetap optimal:

  • Dry Box atau Dry Cabinet. Lemari khusus yang sudah dirancang sedemikian rupa untung menyimpan barang-barang elektronik seperti kamera dan lensa. Dengan Dry Box ini kita bisa mengatur kelembapan dalam ruangan penyimpanan sesuai yang diinginkan. Harga Dry Box/ Dry Cabinet sangat variasi, tergantung ukuran seberapa besarnya. Anda bisa membelinya di toko kamera atau toko alat rumah tangga yang besar.
  • Kotak Kedap Udara dan Silica Gel. Alat ini untuk alternatif murah yang bisa digunakan untuk menyimpan kamera, lensa serta barang-barang elektronik lainnya. Anda juga bisa menambahkan silica gel elekronik khusus yang sudah dilengkapi indikator warna untuk melihat kandungan air dalam gel tersebut. Saat silica gel sudah berubah warna, Anda bisa mencolokkan kelistrik untuk mengeringkannya kembali.
  • Usahakan sebelum kamera dan lensa dimasukkan ke dry box dibersihkan dahulu dan pastikan terbebas dari air. Biasanya suka menempel di tali kamera jika kita sering berkeringat. Cara praktis dengan melepas tali kamera saat ingin menyimpan kamera dan lensa ke dalam dry box.

Menghindari Debu Pada Kamera DSLR

Debu merupakan permasalahan bagi pemilik kamera digital. Debu bisa datang dari mana saja, paling parah adalah saat melakukan pergantian lensa di tempat terbuka. Debu bisa masuk menempel ke kaca penutup sensor kamera (mirror), dan paling menyakitkan jika sudah masuk ke dalam sensor kameranya. Seperti kita ketahui, sensor kamera itu memiliki satuan pixel, gak terbanyang seberapa kecilnya bukan ?

Tips Mencegah Debu pada Kamera Digital

Nah kalau saja ada debu yang berhasil menutupi beberapa bagian pixel dari sensor kamera, sudah kebayang bagaimana hasil foto yang didapatkan. Untuk itu simak beberapa tips untuk mecegah debu pada kamera digital berikut ini.

  • Saat mengganti lensa atau melepaskan body cap selalu matikan kamera Anda. Cara ini akan mematikan muatan listrik statis pada sensor kamera sehingga bisa mengurangi resiko menempelnya debu di dalam sensor kamera tersebut.
  • Jangan terlalu lama membuka body kamera saat pergantian lensa atau membuka tutup bodi kamera/body cap. Saat melakukan pergantian lensa, usahakan secepat mungkin untuk menghindari/mengurangi resiko debu menempel.
  • Hindari melakukan pergantian lensa pada ruangan terbuka terlebih tempat itu berdebu. kalaupun terpaksa, usahakan secepat mungkin, dan lubang body kamera menghadap ke bawah untuk mengurangi resiko debu jatuh.
  • Usahakan tutup bodi kamera/body cap dan lens cap/tutup lensa selalu dalam keadaan bersih.

Cara Merawat Kamera dan Lensa

Tidak hanya soal jamur dan debu, kamera dan lensa juga memerlukan perawatan agar kamera dan lensa lebih tahan lama. Berikut beberapa cara praktis merawat kamera dan lensa ala tipsfotografi.net

Cara Membersihkan Lensa Kamera

  • Jauhkan kamera dan lensa Anda dari kelembapan air.
  • Selalu bersihkan lensa dan kamera sebelum disimpan di tempat penyimpan kamera Anda
  • Pastikan kamera dalam keadaan mati saat mengeluarkan batere, memory card serta saat melakukan pergantian lensa ataupun membuka body cap.
  • Gunakan strap kamera yang cepat kering dan nyaman digunakan.
  • Hindari membiarkan kamera dan lensa di tempat yang panas.
  • Gunakan tas khusus untuk kamera yang sudah disediakan busa untuk pengaman.
  • Pisahkan body dan lensa kamera saat menyimpan di tas. Jika bepergiaan dan lensa masih nancep di body bisa berisko rusaknya lensa.
  • Selalu bersihkan kamera sehabis digunakan di daerah laut. Karena kandungan garam bisa menghasilkan karat, bersihkan dengan lap yang dibasahi air (hangat) untuk membersihkan uap garam dari air laut.
  • Selalu simpan kamera dan lensa Anda di dalam dry box atau dry cabinet serta penyimpan lainnya saat tidak digunakan.

Semoga artikel tips dan trik fotografi dari tipsfotografi.net tentang Cara Merawat Kamera Digital Agar Awet dan Tahan Lama ini bisa berguna bagi Anda. Nantikan artikel tips fotografi lainnya dan selamat mencoba !

Advertisement
Cara Merawat Kamera Digital Agar Awet dan Tahan Lama | Lensa Kita | 4.5