Cara Mengubah Warna Mata di Photoshop

Friday, March 22nd, 2013 - Photoshop, Tips Dan Trik
Advertisement

Tips retouch foto kali ini tentang bagaimana cara mengganti warna mata dengan Photoshop. Dalam tutorial photoshop ini penulis akan menunjukkan cara mudah mengubah warna mata menggunakan adobe photoshop CS5. Ada beberapa cara untuk melakukannya, dan semua caranya juga cukup mudah untuk yang baru belajar edit foto dengan photoshop sekalipun.

Tips Mengganti Warna Mata di Photoshop

ADVERTISERS

Pada tutorial retouching foto Cara Mengubah Warna Mata di Photoshop ini, kami akan mencoba mengubah warna mata menggunakan software desain Adobe photoshop. Kita akan mencoba untuk mengubah warna mata yang sebelumnya berwarna coklat kebiruan menjadi warna hijau seperti menggunakan contact lens.

Mengganti warna mata dengan photoshop adalah salah satu kegiatan mengolah foto model di komputer. Dengan mengubah warna mata model biasanya akan mengubah kecantikan matanya. Ingat pepatah yang mengatakan kalau mata itu adalah jendela hati bukan ? nah dari situlah mengabah terkadang fotografer sengaja mengubah warna foto model.

Ada dua hal penting ketika melakukan retouch pada mata: Pertama, untuk membuat bagian putih terlihat putih jangan menghilangkan sama sekali urat-urat kecil yang berwarna merah di bola mata. Karena tanpa urat-urat tersebut bola mata akan terlihat tidak alami. Kedua, saat mengubah warna mata maka yang diubah warnanya adalah bagian iris mata. Sedangkan bagian pupil mata yang berwarna hitam harus tetap berwarna hitam.

Dengan berpedoman pada dua hal diatas maka kita dapat melakukan retouch pada bola mata dengan hasil yang terlihat wajar dan tidak berkesan buatan.

Tips Mengganti Warna Mata di Photoshop

  1. Buka foto yang ingin diganti warna matanya. File > Open (ctrl+O) kemudian jangan lupa lakukan duplicate layer (ctrl+J).
  2. Proses selanjutnya adalah mengedit bagian putih bola matan terlebih dahulu. Pada proses ini kita akan mengurangi intensitas warna merah pada urat bola mata tanpa menghilangkannya. Pergi ke menu Select > Edit in Quick Mask Mode, kemudian klik Brush Tool
  3. Seleksi atau beri tanda pada semua bagian putih bola mata menggunakan brush tool dalam keadaan quick mask mode aktif.
    Cara Edit Warna Mata di Photoshop
  4. Setelah semua bola mata warna putih ditandai, kita keluar dari Quick Mask Mode dengan klik Select > Edit in Quick Mask Mode atau menggunakan menu toolbar. Setelah itu pergi ke Select > Inverse
  5. Dalam keadaan terseleksi pergi ke Image > Adjusments > Hue/Saturation (ctrl+U). Pilih Red dan kurangi nila Saturation sekitar -50 atau sesuai keinginan. Kemudian ganti Red menjadi Master dan atur Lightness sekitar +5 atau menyesuaikan agar bola mata terlihat lebih putih.
    Tips Mengubah Warna Mata dengan Photoshop
  6. Kemudian proses selanjutnya adalah mengedit bagian pupil mata. Yang perlu diperhatikan saat mengedit pupil mata bagian hitam tengah mata jangan sampai diubah warnanya, biarkan tetap hitam. Caranya sama seperti step nomer 2, 3 dan 4.
    Cara Mudah Mengganti Warna Mata
  7. Untuk mengganti warna iris mata kita juga bisa menggunakan menu Hue/Saturation seperti proses di atas. Namun kali ini kami mencoba memberikan contoh menggunakan menu Selective Color, pergi ke Image > Adjusments > Selective Color. Ganti colors ke Neutrals dan ganti angka pada cyan, magenta, yellow dan black sesuai warna yang diinginkan.
    Tips Singkat Edit Warna Mata Dengan Photoshop

Demikin tips fotografi retouching foto tentang Cara Mengganti Warna Mata di Photoshop. Selain ini Anda juga bisa mencoba praktek tips memutihkan gigi dengan photoshop yang sudah kami publish beberapa waktu yang lalu. Salam fotografi !

Advertisement
Cara Mengubah Warna Mata di Photoshop | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net