Cara Membuat Bokeh Dengan Bentuk Love atau Bintang

Saturday, July 6th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Di artikel berikut ini kami akan membahas tips cara membuat bokeh dengan bentuk love/hati, bintang atau bentuk lainnya seperti bunga, kupu-kupu Dll. Pada tutorial fotografi sebelumnya kami sudah memperlihatkan bagaimana membuat bokeh dari kamera langsung.

Sebelum lebih lanjut bahas tips membuat bokeh love, alangkah baiknya mengulas sedikit apa itu bokeh. Bokeh atau biasa disebut blur merupakan istilah fotografi berasal dari bahasa Jepang ボケatau dibaca ‘boke’ di ucapkan Bo keh (kata benda, kata kerjanya Bokeru) yang artinya kira-kira Blur,Fuzzy,Kabur atau semacamnya. Pada foto, Bokeh adalah foto dengan kualitas blur indah yang didapat apabila kamera menangkap cahaya di luar fokus.

ADVERTISERS

Pada dasarnya cara membuat filter custom shape bokeh ini kita harus membuat bentuk yang kita inginkan terlebih dahulu untuk kemudian kita posisikan berada di depan lensa seperti sebuah filter lensa. Untuk membuat filter custom shape bokeh ini dapat dihasilkan dengan bahan sederhana.

Tips Membuat Bokeh Bintang Foto oleh wembley

Untuk membuat bokeh berbentuk love atau bentuk lainnya ini, kita bisa menggunakan lensa apapun asal memiliki aperture maksimal yang besar. Salah satu lensa paling ideal adalah lensa 50mm f/1.8 yang bisa menghasilkan bokeh bagus namun harganya sangat terjangkau.

Untuk contoh dalam tutorial membuat bokeh dengan bentuk love, bintang dll atau custom shape bokeh ini kami mempersiapkan perlengkapan sebagai berikut.

Perlengkapan Membuat Bokeh Hati/Love

  • Lensa dengan aperture/bukaan besar, idealnya f/2.8 atau f dengan angka lebih kecil. Seperti sudah ditulis diatas, lensa seperti 50mm f/1.8 adalah kandidat ideal. Jika memiliki lensa selain itu juga tidak ada salahnya untuk mencobanya.
  • Kertas hitam
  • Selotip atau lakban hitam
  • Gunting dan Cutter
  • Spedol/alat tulis

Langkah yang diperlukan untuk membuat bokeh dengan bentuk lucu & menarik cukup mudah, intinya adalah kita harus menutup seluruh permukaan lensa dengan kertas hitam tadi. Berikut cara detail membuat filter custom shape bokeh.

Filter Custom Shape Bokeh

Cara Membuat Bokeh Bentuk Love & Bentuk Lucu Lainnya

  1. Tandai besarnya ring lensa yang akan digunakan pada kertas karton dengan menggunakan alat tulis (pullpen atau spidol) berbentuk lingkaran sebesar deameter lensa yang akan digunakan.
  2. Selanjutnya buat bentuk bokeh hati atau bentuk lucu lainnya pada bagian tengah dari kertas karton (yang sudah ditandai di step 1). Kemudian gunting berbentuk lingkaran.
  3. Lalu potong kertas karton kedua dengan bentuk persegi panjang yang akan dipakai mengelilingi lensa disamping
  4. Pasang kertas karton hasil step 2 pada bagian depan lensa, kemudian pasang karton yang berbentuk persegi panjang (hasil dari step 3) mengelilingi lensa, lalu satukan dengan karton yang berbentuk lingkaran dengan bantuin selotip hitam yang telah disediakan.
  5. Hasil akhir bisa dilihat gambar di atas

Bentuk filter bokeh love ini bisa Anda kreasikan sendiri, agar semakain mudah saat menggunakan. Sebagai catatan, kalau menggunakan cara di atas, ketika ingin membuat bentuk bokeh lainnya, Anda harus membuat keseluruhan. Jika ingin berkreasi, Anda bisa mencoba kit custom shaped bokeh seperti gambar di bawah ini. Jika menggunakan bentuk tersebut, Anda cukup pasang lepas bagian karton yg lingkaran saja.

Template Shape Bokeh

Setelah filter custom shape bokeh terpasang di depan lensa seperti contoh di atas Anda dapat mulai mengambil foto. Yang perlu diperhatikan adalah adanya vignette ketika menggunakan kertas karton pada lensa pada saat memotret, karena itu pemilihan komposisi agar berhati-hati.

Untuk mendapatkan efek cahaya bokeh yang bagus gunakan lampu warna-warni, kalau tidak ada gunakan cover buku plastik warna-warni. Set camera secara manual dan gunakan ISO 100, f/1.4 atau f/2.8, WB daylight, Shutter speed variasi rata-rata tergantung cahaya ketika memotret. Atur jarak obyek dengan latar belakang dan sambil dilihat kesesuaian sinar lampu dengan obyek yang akan dipotret.

Semoga artikel cara membuat filter custom shape bokeh atau cara membuat bokeh bentuk love/hati, bintang atau bentuk lucu lainnya ini bisa berguna, dan bisa Anda coba sebagai pelengkap Anda belajar teknik fotografi. Selamat mencoba !

Advertisement
Cara Membuat Bokeh Dengan Bentuk Love atau Bintang | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net