Cara Membersihkan Jerawat Foto Model Dengan Photoshop

Sunday, March 10th, 2013 - Photoshop, Tips Dan Trik
Advertisement

Tutorial photoshop kali ini tentang tips membersihkan jerawat foto model dengan photoshop. Bercak, kotoran, ataupun jerawat pada foto wajah seseorang sudah tentu sangat menggangu mata memandang. Beruntung software pengolah foto photoshop mampu menghilangkan jerawat pada foto wajah manusia dengan mudah.

Menghilangkan jerawat dengan photoshop masih termasuk sebagai editing yang simple. Menghilangkan jerawat dengan photoshop secara teknis sebenarnya cukup mudah, hanya menggunakan Patch Tool atau Spot Healing Brush Tool dan sedikit ketelitian sudah bisa bekerja dengan baik untuk membersihkan noda-noda kecil, jerawat bahkan tahi lalat pada foto wajah Anda. Baca juga tips mengatur kontras dengan photoshop.

Membersihkan Jerawat Dengan Photoshop

Dengan mengikuti tutorial photoshop kali ini, penulis berharap hasil foto hunting model atau foto kenangan Anda akan menjadi lebih fresh, indah dan menawan tentunya. Berikut ini adalah tutorial menghaluskan wajah dan membersihkan jerawat di photoshop dengan mudah.

I. Tips Membersihkan Jerawat Dengan Photoshop

  1. Buka foto yang akan diedit ke dalam Photoshop File > Open atau Ctrl+O
  2. Seperti yang sering kami ingatkan, lakukan Duplicate layer setiap mengedit foto untuk membuat backup agar layer foto utama tidak ikut diedit dengan menekan (ctrl+J)
  3. Kemudian klik layer background copy (hasil duplicate layer) pada deretan menu bar di bagian atas, pilih Filter > Noise > Reduce Noise
  4. Pada kotak dialog isi Strength:10, Preserve Details:0, Reduce Color Noise:0, Sharpen Details:0 kemudian klik OK. Angka hanya contoh, bisa disesuaikan sesuai keinginan dan tingkat kotoran foto yang ingin dibersihkan.
  5. Sampai sini wajah sudah kelihatan halus, namun dibeberapa bagian pasti ikutan halus misalnya pada bagian mata, bibir, rambut alis, dan lubang hidung. Untuk tetap menonjolkan bagian tersebut tetap tajam dan kelihatan detailnya pilih Erase Tools (E) lalu sapukan dibagian yang akan dihapus. Sesuaikan ukuran Erase Tools pada daerah yang ingin dihapus.

II. Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop

  • Buka foto yang ingin dihilangkan jerawatnya dengan cara pilih menu File > Open atau Ctrl+O, lalu duplicate layer (crtl+J).
  • Buatlah seleksi dengan menggunakan Patch Tool (J) pada bagian yang ada jerawatnya, Kemudian geser kedaerah kulit wajah yang tidak ada jerawatnya.
  • Ulangi langkah tersebut untuk bagian jerawat dibeberapa area lainnya sampai foto Anda terbebas dari jerawat dan noda lainnya.

Cara kedua menghilangkan jerawat dengan photoshop diatas sangatlah sederhana, namun hasilnya luar biasa. Dengan cara ini penulis berharap Anda tidak lagi minder saat ingin meng-upload foto dengan wajah tanpa noda :).

Menghaluskan Wajah Dengan Photoshop

III. Tips Menghaluskan Kulit Wajah

Tips menghaluskan wajah berikut ini menggunakan software tambahan selain photoshop yang biasa penulis gunakan untuk menghaluskan wajah hasil hunting foto model jika wajah/makeupnya tidak rata, bahkan kulitnya terdapat beberapa noda yang menggangu. Software bernama Portraiture itu sangat ajaib hasilnya, tinggal klik langsung jadi. Tidak perlu capek2 seperti cara menghaluskan wajah dengan photoshop di atas.

Semoga tulisan Cara Membersihkan Jerawat dan Menghaluskan Kulit Wajah Foto Model Dengan Photoshop yang singkat ini dapat bermanfaat bagi temen-temen, dan penulis minta maaf jika terjadi kesalahan karena sama-sama juga baru belajar fotografi. Anda juga bisa membaca tutorial photoshop lainnya di tipsfotografi.net.

Advertisement
Cara Membersihkan Jerawat Foto Model Dengan Photoshop | Lensa Kita | 4.5