Cara Melindungi Kamera Digital Saat Musim Hujan

Thursday, February 14th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Memiliki hobi fotografi yang lagi senang-senangnya belajar fotografi, saat musim hujan menjadi kendala tersendiri, baik dari jadwal hunting foto ataupun melindungi kamera digital dan peralatan fotografi kita. Karena saat musim dingin atau musim hujan seperti saat ini, kalau tidak bisa merawatnya bisa mengakibatkan kerusakan pada kamera yang kita miliki.

Raincoat Kamera Digital

ADVERTISERS

Pada artikel tips melindungi kamera digital saat musim hujan ini akan kami sharing tentang cara merawat kamera digital Anda. Kamera yang kebanyakan kita miliki didisen dengan teknologi yang kurang kuat untuk musim hujan. Kamera dirancang untuk digunakan di suhu sedang.

Meskipun kamera digital masih tetap berfungsi saat digunakan dimusim hujan, akan tetapi kamera lebih rentan terhadap kerusakan karena suhu menurun, salah satunya timbulnya jamur pada sensor kamera ataupun lensa.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi kamera digital kita dari cuaca dingin seperti ini. Sekaligus dengan cara ini kita masih bisa leluasa memotret dan dapat mengurangi kemungkinan kerusakan permanen pada peralat fotografi kita.

Tips Melindungi Kamera Digital Saat Musim Hujan

Bawa Baterai Cadangan Kamera Digital Anda

Dari semua bagian dari kamera digital, baterai adalah salah satu yang paling terpengaruh oleh perubahan suhu. Dalam suhu sangat dingin baterai kamera Anda akan lebih cepat habis. Untuk itu kita harus memerlukan baterai cadangan untuk ini.

Untuk membantu memperpanjang hidup baterai kamera digital, matikan semua fitur kamera digital yang tidak diperlukan. Ini termasuk layar LCD, flash, image stabilization, dan bahkan fokus otomatis jika memungkinkan. Anda juga harus mematikan kamera Anda setiap kali habis melakukan pemotretan.

Melindungi Kamera Anda dari Embun

Kelembabab pada kamera digital dapat merusak komponen listrik dan juga juga meninggalkan bekas air dibagian lensa. Sehingga hal pertama yang harus dihindari ketika ingin memotret saat hujan usahakan kamera dan lensa tidak langsung terkena air.

Lensa Berembun

Jika Anda terpaksa diharuskan memotret di bawah guyuran hujan, usahakan untuk menggunakan raincoat khusus kamera. Ataupun menggunakan kantong plastik yang khusus dirancang untuk melindungi kamera dari air hujan.

Menyediakan Beberapa Lapisan Pelindung Kamera

Dalam cuaca dingin, plastik dan kaca menjadi lebih rapuh, yang berarti bahwa mereka lebih mudah pecah. Seperti kita ketahui kamera dan peralatan fotografi yang hampir seluruhnya terbuat dari bahan-bahan itu tidak sulit untuk menjadikan sebagai alasan perlunya lapisan pelindung kamera.

Lapisan Pelindung Kamera

 

Untuk melindungi kamera dan peralatan fotografi Anda, gunakan tas empuk yang memiliki lapisan sebagai pelindung.

Cari Kehangatan

Beberapa poin di atas semuanya untuk melindungi peralatan fotografi. Namun jangan sampai Anda sendiri terlupakan dan akhirnya menggigil karena kehujanan. Persiapkan jas hujan jika Anda diharuskan memotret diruangan terbuka meskipun cuaca sedang hujan. Carilah secangkir teh hangat atau minuman panas lainnya serta makanan ringan untuk menjaga suhu tubuh Anda.

Bagi sebagian orang memotret disaat hujan dapat menyenangkan, tetapi tentu saja harus ingat untuk menjaga kamera dan tubuh Anda juga. Dengan mengikuti tips sederhana melindungi kamera digital saat musim hujan ini dapat memperpanjang usia peralatan fotografi dan usia Anda tentunya.  Baca juga artikel Tips Merawat Kamera Digital Agar Awet dan Tahan Lama. Selamat mencoba

Advertisement
Cara Melindungi Kamera Digital Saat Musim Hujan | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net