Bermain Dengan Komposisi Framing Pada Fotografi

Wednesday, October 16th, 2013 - Tips Dan Trik
Advertisement

Memang tidak ada habisnya jika kita membahas tentang komposisi dalam fotografi. Seperti kita ketahui komposisi pada fotografi menjadi hal penting dalam pemotretan seperti halnya pada bidang seni lainnya seperti melukis. Boleh dibilang ilmu komposisi di fotografi itu utama.

Ohya untuk para pembaca setia tipsfotografi.net, mohon maaf jika tipsfotografi.net akhir-akhir ini jarang memposting artikel fotografi lagi dikarenakan ada kesibukan pengelola. Jika Anda memiliki pengalaman atau apapun yang berhubungan dengan fotografi sudi kiranya untuk berbagi di website ini menggunakan menu kirim artikel.

ADVERTISERS

Di dunia fotografi tidak sedikit fotografer apalagi yang masih baru belajar fotografi melupakan tentang komposisi. Mereka lebih terpaku pada hal-hal teknis seperti setingan kamera dll. Mereka seolah tidak peduli bahwa fotografi tidak hanya soal teknis, padahal ada banyak hal yang dapat membuat foto lebih menarik.

Komposisi framing dalam fotografi salah satu contohnya. Mungkin belum pernah membayangkan, bahwa dengan pengaturan komposisi sesungguhnya dapat ditonjolkan subjek utama. Bahkan tidak jarang akan mendukung keberhasilan foto-foto yang kita buat.

Framing Fotografi

Sebelum Anda membaca lebih lanjut tentang komposisi framing pada fotografi di artikel ini, sebaiknya baca dulu artikel fotografi yang pernah kami bahas sebelumnya tentang komposisi di bawah ini :

Seperti yang kita ketahui, fotografer dengan kamera secanggih apapun jika tidak optimal dalam mengkomposisi fotonya, hasilnya akan biasa saja. Namun sebaliknya, jika kameranya biasa saja tapi fotografernya bisa menghasilkan foto dengan komposisi yang baik tentu akan lebih menghasilkan foto berdimensi enak dipadang mata pemirsa.

Dan tidak ada salahnya juga jika kedua hal tersebut dimiliki, kamera canggih dan pengetahuan yang baik tentang komposisi dalam fotografi. Sekedar mengulang untuk pengingat, komposisi secara sederhana diartikan sebagai cara menyusun elemen-elemen dalam gambar, elemen-elemen ini mencakup garis, bentuk, warna, terang dan gelap.

Framing menjadi salah satu komposisi fotografi yang populer digunakan baik dalam fotografi landscape maupun fotografi lainnya. Secara arti komposisi framing bisa diartikan membingkai object POI ( Point Of Interest ) dengan elemen yang ada disekitar.

Manfaat Komposisi Framing Pada Fotografi

Salah satu manfaat dengan menggunakan komposisi framing adalah mata pemirsa akan fokus tertuju pada objek pada foto. Selain itu, dengan menggunakan framing juga akan memberikan efek ruang tajam pada foto yang kita hasilkan. Di beberapa foto yang menggunakan framing yang kreatif akan memberikan kesan wow pada foto tersebut.

Contoh Komposisi Framingfoto oleh palo

Framing tidak selalu segi empat seperti bingkai foto, komposisi framing dalam fotografi bisa berbentuk lingkaran , oval , acak-acakan seperti daun, dan bentuk tidak semetris lainnya. Tips menentukan framing dalam pemotretan kunci utamanya adalah gunakan imajinasi Anda. Dan yang perlu diingat, jangan sampai framing malah menggangu mata pemirsa untuk menemukan POI dalam foto yang dihasilkan.

Untuk melihat contoh foto menggunakan komposisi framing silahkan cari menggunakan kata kunci framing photography. Ada banyak foto-foto keren yang menggunakan framing yang kreatif dari ranting pohon, jendela, hingga bangunan yang ada disekitarnya.

Mudah-mudahan artikel tentang komposisi framing pada fotografi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Ikuti twitter kami @tipsmemotret untuk mendapatkan update tips fotografi pemula dan sharing info lainnya. Salam fotografi

Advertisement
Bermain Dengan Komposisi Framing Pada Fotografi | Lensa Kita | 4.5

Klik LIKE bergabung bersama mereka di facebook tipsfotografi.net