6 Tips Fotografi Landscape

6 Tips Fotografi Landscape Oleh Lensa Kita on . Tentang 6 Tips Fotografi Landscape

Landscape ada di mana-mana, dan memberikan subjek untuk belajar fotografi yang menarik. Pelajari cara memotret landscape dengan cara yang menyampaikan arti dari sebuah kedalaman landscape melalui artikel 6 Tips Fotografi Landscape berikut ini . Baca juga artikel yang sudah kami tulis tentang tips memotret landscape.  Image by Piero. Kita dikelilingi oleh … Continue reading

Rating: 4

Landscape ada di mana-mana, dan memberikan subjek untuk belajar fotografi yang menarik. Pelajari cara memotret landscape dengan cara yang menyampaikan arti dari sebuah kedalaman landscape melalui artikel 6 Tips Fotografi Landscape berikut ini . Baca juga artikel yang sudah kami tulis tentang tips memotret landscape.

Landscape Photography Tips Image by Piero.

Kita dikelilingi oleh pemandangan yang indah, mengesankan dan menakjubkan. Pemandangan yang dikemas dengan detail menarik, penuh warna sehingga tidak mengherankan bahwa pemandangan adalah salah satu genre fotografi yang paling populer yang biasa disebut fotografi landscape.

Sayangnya, kadang-kadang bisa sulit untuk menerjemahkan pemandangan ke sebuah foto yang menakjubkan. Terlalu sering kita dibiarkan dengan memotret yang datar, tidak melakukan pengambilan gambar dengan sempurna.

Kunci untuk fotografi landscape yang benar adalah memilih waktu yang akan meningkatkan adegan kecantikan alami pemandangan tersebut. Ketika kita menggabungkan ini dengan sudut pandang dan komposisi yang menyampaikan kedalaman dan keagungan, kita telah memiliki resep atau tips untuk foto landscape yang benar-benar menakjubkan.

6 Tips Fotografi Landscape

1. Pilih Spot Menarik

Kita dikelilingi oleh pemandangan yang memberikan kesempatan untuk belajar foto landscape, dari padang rumput, pegunungan, persawahan dan lainnya. Pilih lokasi yang terdekat untuk mempermudah mengeksplorasi dan untuk menemukan cara-cara baru yang tidak biasa untuk memotret landscape.

Setelah Anda berada di lokasi , dan bahkan sebelum kita mengambil kamera dari kantungnya, lihat dan tempat terbaik untuk memotret. Memang mudah jika datang ke lokasi dimana telah banyak orang memotret di lokasi tersebut. Cobalah untuk menemukan lokasi yang berbeda untuk membuat foto landscape yang menarik.

2. Foreground, middleground dan Background

Foto landscape yang menarik biasanya selalu mencakup unsur-unsur middleground, foreground dan background untuk menambah kedalaman pada foto landscape tersebut. Dan mengundang mata pemirsa untuk mengeksplorasi setiap sudut gambar dalam pikiran mereka.

Contoh Foto Landscape Foreground Middleground Background Image by Marsh Gardiner.

Gunakan aperture sempit (bukaan kecil) untuk memaksimalkan kedalaman pemandangan, sehingga semua bidang foto landscape kita berada dalam area fokus yang tajam. Tentu saja dengan mempersempit aperture kita meningkatkan waktu bukaan rana, jadi pastikan untuk menggunakan tripod untuk menopang kamera digital kita.

Menggunakan kamera dengan sudut lebar akan memudahkan perspektif foto landscape kita. Dengan lensa lebar juga dapat meningkatkan cerita dalam foto. Lensa wide juga memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan variasi rentang jarak fokus.

3. Lead the Eye

Buatlah foto landscape Anda sehingga fitur alami mengarah mata pemirsa ke dari foreground hingga backgrund. Contoh sempurna mencakup aliran berkelok-kelok atau barisan pohon yang seolah nampak bergerak ke kejauhan.

4. Waktu

Awal dan akhir hari adalah waktu terbaik untuk melakukan fotografi landscape. Pencahayaan di posisi rendah mampu menciptakan bayangan yang menarik, menciptakan detail yang dalam, dan serta warna langit bisa menambah suasana foto landscape yang menakjubkan. Waktu sekitar fajar dan senja yang dikenal sebagai golden hour , dan profesional setuju bahwa waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk memotret landscape.

Hindari matahari siang jika memungkinkan. Sinar matahari yang cerah saat siang hari menciptakan banyak kontras dalam foto kita, sehingga mudah untuk kehilangan detail di highlight atau bayangan, atau keduanya. Lampu overhead yang keras saat siang hari juga cenderung meratakan deatil dari foto landscape kita.

5. Gunakan Filter Polarizing

Banyak fotografer landscape yang telah menggunakan filter polarisasi , dan untuk alasan mendapatkan foto yang baik , filter tersebut benar-benar melakukan keajaiban yang bekerja pada foto landscape, mengubah langit jadi semakin biru, membawa keluar warna hijau yang terlihat subur di sekitar dedaunan, dan menghilangkan refleksi yang mengganggu.

Ingatlah bahwa setiap filter yang kita gunakan akan meningkatkan waktu bukaan, membuat tripod bahkan lebih penting. Baca juga artikel tentang Alasan Menggunakan Filter dalam Fotografi.

6. Hilangkan Awan

Jika Anda dihadapkan dengan langit yang memiliki warna kusam, mempertimbangkan untuk memotong awan adalah ide cemerlang. Melakukan pemotongan awan kusam dapat menciptakan foto yang tidak biasa (kita sudah terbiasa untuk melihat langit dalam fotografi landscape).

Semoga 6 Tips Fotografi Landscape untuk pemula ini bisa untuk bahan tambahan tips fotografi landscape Anda. Selamat beraktivitas teman !